Menjadi Pesaing Tangguh Dalam Dunia Usaha

tips menghadapi persainganDalam menyelami dunia usaha, adanya persaingan pasar sudah menjadi salah satu bumbu penyedap yang tak bisa kita hindarkan. Apalagi di era serba digital seperti sekarang ini, bisa dikatakan hampir semua pebisnis bisa memasarkan produk-produknya tanpa batasan ruang maupun waktu.

Melihat perkembangan tersebut, tentunya para pebisnis harus bisa menjadi pesaing tangguh dalam dunia usaha agar bisnisnya tak tenggelam di tengah ancaman persaingan yang semakin hari semakin sesak.

Sedikitnya ada lima tips bisnis yang bisa dijalankan para pelaku usaha, untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin sengit.

Fokus pada satu produk

Kebanyakan pebisnis ingin menjual segala macam produk untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Padahal, cara ini ternyata tidak selamanya benar. Sebab dengan menawarkan berbagai macam produk pada satu tempat usaha, justru menyulitkan positioning bisnis Anda di mata para konsumen. Karenanya, akan lebih baik bila Anda fokus pada satu produk dan membrandingnya dengan optimal agar positioning bisnis Anda bisa tumbuh kuat di tengah ketatnya persaingan pasar.

Cepat tanggap terhadap perubahan pasar

Untuk menjadi pesaing yang tangguh, tentunya Anda harus cepat tanggap terhadap segala macam perubahan pasar. Hal ini penting, agar perkembangan bisnis Anda bisa berjalan mengikuti perubahan minat konsumen dan bisa melebihi keunggulan-keunggulan yang dimiliki para kompetitor. Bila perlu, buatlah strategi-strategi pemasaran baru yang belum dipikirkan oleh kompetitor Anda.

Pribadi yang kreatif dan inovatif

Ketatnya persaingan pasar, menuntut para pengusaha di Indonesia untuk bisa menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif. Dengan modal tersebut, seorang pengusaha bisa menyelesaikan segala macam permasalahannya dengan kreativitas yang mereka miliki serta bisa menjawab semua tantangan dengan inovasi-inovasi baru yang telah Ia ciptakan.

Open Minded

Agar tak kalah dalam menghadapi persaingan pasar, tentunya Anda juga harus mulai berpikiran terbuka untuk menerima masukan (saran dan kritik) dari mitra bisnis maupun konsumen Anda, serta tak ragu-ragu untuk menambah pengetahuan dan kemampuan berbisnis dari pengusaha-pengusaha sukses yang ada di sekitar Anda.

Menjadikan bisnis sebagai passion Anda

Sehebat-hebatnya strategi bisnis yang Anda jalankan, tak kan bisa tercapai dengan optimal bila Anda tak melibatkan passion dalam menjalankan usaha tersebut. Seorang pebisnis yang bekerja dengan passion, biasanya dengan senang hati akan menyelesaikan tugasnya hingga tuntas dan menghadapi berbagai macam tantangan dengan penuh kegembiraan.

Apa Anda sudah termasuk pesaing yang tangguh? Semoga kelima tips bisnis di atas bisa mengantarkan bisnis Anda sebagai pemenang dalam menghadapi persaingan pasar. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Jabat Kaban
Jabat Kaban, ST

Serius menekuni bisnis sejak kuliah semester 6 di Universitas Brawijaya Malang, dengan bisnis pertamanya adalah perakitan komputer. Sejak itu jatuh bangun menjalankan berbagai macam bisnis pernah dialami (lebih dari 20 jenis). Puncaknya di tahun 2006 ketika bisnis-bisnis tersebut berjatuhan, mengalami kerugian hingga milyaran Rupiah. Setelah itu berbagai upaya dilakukan untuk bisa bangkit, salah satunya dengan mempelajari bagaimana berbisnis dengan menggunakan teknologi internet. Dimulai dari berjualan e-Book, menjadi broker toko tenda sampai membantu pemasaran mesin-mesin pertanian.

Establishing Business :

1. PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA

Aneka Mesin : Produksi Mesin Rekayasa Teknologi Tepat Guna.

www.anekamesin.com, www.anekaindustri.com (2007 – Now)

2. PT. LANTABURA MEDIA

Sumber gambar : http://zingcheckout.com/wp-content/uploads/2012/12/resized__400x266_Competitor.jpg

1 Komentar

  1. dengan majunya perkembangan jaman dan teknologi,seperti skarang ini.menurut anda tips apa yang cocok untuk berbisnis di.persaingan UKM yg ketat sperti skrang ini. Mohon pencerahan. Trims

Comments are closed.