Menjepit Untung dari Bisnis Kepiting Soka

Bisnis Kepiting Soka

Kepiting merupakan salah satu olahan hasil perikanan yang menjadi primadona di masyarakat pecinta olahan seafood. Rasa kepiting yang lezat memang menjadi alasan mereka untuk mencintai hasil laut satu ini. Kelezatan daging kepiting berada di balik cangkangnya yang keras, sehingga perlu usaha lebih untuk menghancurkan cangkangnya. Namun, kini sudah banyak dikembangkan budidaya kepiting cangkang lunak atau biasa dikenal dengan kepiting soka.

Dengan adanya kepiting bercangkang lunak, maka hadirlah cara baru menyantap kepiting. Tanpa perlu repot-repot menggunakan alat pemecah cangkang kepiting ataupun gigi sendiri untuk memecah cangkangnya, daging kepiting bisa langsung dinikmati beserta cangkang-cangkangnya sekaligus. Menarik bukan?

Nama kepiting soka bukanlah spesies kepiting tersendiri. Nama kepiting soka lebih kepada  hasil rekayasa budidaya kepiting. Umumnya jenis yang digunakan adalah jenis kepiting bakau yang ukurannya bisa sangat besar. Rekayasa budidaya kepiting ini, dengan cara memotong capit dan kaki-kaki kepiting kecuali kaki renangnya saat berusia 10-12 hari. Proses ini bertujuan agar kepiting melakukan pelepasan cangkang lamanya dan meregenerasinya sehingga cangkang baru muncul. Proses ini dikenal sebagai proses molting.

Cangkang lama yang terlepas akan ditinggalkan kepiting tersebut, dan cangkang baru tumbuh beserta capit dan kaki-kaki yang sudah dipotong tadi. Namun cangkang baru tersebut belum sempat mengeras sempurna, sehingga hal inilah yang menyebabkan cangkang mereka menjadi lunak. Setelah dipanen, kepiting dibilas dengan air tawar agar cangkangnya tidak lagi mengeras. Lalu kepiting siap dikemas dan dipasarkan.

Harga jual kepiting soka berkisar antara Rp 55.000,- hingga Rp 75.000,- per kilogramnya. Harga jual yang tinggi serta permintaan yang terus meningkat, tak heran jika di Jawa Timur khususnya wilayah Sidoarjo dan Lamongan, banyak petani tambak yang membudidayakan kepiting soka. Permintaan banyak berasal dari restoran seafood ataupun warung-warung tenda penjual olahan seafood di kota besar seperti Surabaya.

Bisnis Kepiting Soka

Bisnis rumahan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan peluang ini adalah dengan menjadi distibutor kepiting soka. Selain, mengepul hasil dari petani tambak kepiting soka, Anda pun bisa yang menjadi pemasok ke restoran-restoran seafood maupun warung-warung tenda olahan seafood. Atau Anda bisa juga mendirikan rumah makan atau warung olahan seafood sendiri.

Harga kepiting soka akan melambung tinggi setelah sampai di tangan restoran seafood. Terlebih bila sudah sampai di konsumen akhir dalam bentuk olahan seafood. Hal ini menjadi alasan mengapa bisnis kepiting soka sangat menjanjikan keuntungan besar.

Selain rasanya yang lezat, kepiting soka juga banyak dicari oleh konsumen karena nilai gizinya yang sangat tinggi, terutama zat protein. Permintaan diperkirakan akan terus meningkat seiring kesadaran masyarakat akan gizi pun semakin baik. Terutama setelah masyarakat mengetahui pentingnya mengkonsumsi olahan hasil perikanan dan kelautan. Karena hasil perikanan dan kelautan memiliki nilai gizi yang tinggi, salah satunya adalah kepiting soka. (/Adin)

Kontributor BisnisUKM Daerah Jawa Timur

Sumber Gambar
Gambar 1: http://photo.kontan.co.id/photo/2012/05/09/242052656p.jpg
Gambar 2: http://jinxiangrestaurant.com/assets/Kepiting-Saos-Singapore.jpg

5 thoughts on “Menjepit Untung dari Bisnis Kepiting Soka”

  1. saya berminat jadi agen penjualannya. sy di Kota Tangerang. mohon info lengkapnya email ke fachrynoer@yahoo.com. terima kasih.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba