Menyatukan Start Up Bisnis, Tempat Ngopi Konsep Modern & Kekinian

Hai sobad BisnisUKM.com, apa kabarnya hari ini? Sebagai penyegaran kita ada inspirasi bisnis dari pengusaha kopi nih. Seorang pemuda yang memiliki kedai kopi yang diberi nama Perron.
Pada kesempatan kali ini Bisnis UKM mendapatkan kesempatan bertemu dengan pemilik langsung yang membagikan kisah pengalamannya mulai dari merintis bisnis dari nol. Oke langsung kita simak saja bagaimana ceritanya.

Start Up Bisnis Dengan Tempat Ngopi Yang Berkonsep Modern

Awal Mula Bisnis

M Anugrah Ramadhan atau akrab dipanggil dengan sebutan Aga ada owner dari Perron & Okus Coffee Shop. Jadi awal mula membuka bisnis Perron ini berawal dari kepindahannya bersama keluarganya dari Jakarta ke Jogja. Kemudian setelah melihat pangsa pasar dan bangkitnya kembali bisnis kuliner terutama di daerah Jl. Palagan.

Nah pada saat itu bisnis kopi mulai berkembang dan kebetulan keluarga memiliki lahan kopi di Palembang karena memang asli orang Plembang. “kemudian dari situ muncullah ide kenapa tidak membuka bisnis kopi?”, begitu katanya.

Perron Coffee dan Okus Coffe Shop

Lalu belum lama ini pada bulan November 2019 memulai memberanikan diri membuka coffee shop dan ruang kerja yakni Perron Contine dan Work Space dan juga tempat ngopi yakni Okus Coffee Shop dalam satu tempat. Pada awal berdirinya Perron Coffee ini untuk startup bisnis. Selain ruang kerja pada waktu itu juga membuka startup bisnis dalam bidang teknologi, food atau kuliner.

Namun sewkatu berjalan Perron ini berubah konsep karena setelah melihat marketnya. Konsep awal tetap berjalan namun juga sambil membuka bisnis lainnya di dalam Perron ini. Seperti di depan masih dalam satu wilayah ini Ia membuka Okus Coffe Shop, yang mengambil market anak – anak muda.

Bisnis Keluarga

Menurut pengakuannya bisnisnya tersebut awalnya tidak terfikirkan, tiba – tiba saja terjun dalam bidang tersebut. Perron ini merupakan bisnis keluarga dan kebetulan pun Ia juga masih menempuh pendidikan dibangku kuliah jadi bisa sambil belajar membangun bisnis tersebut. Untuk strategi, teknik dan ilmu mengenai bisnis Ia mengaku juga belajar dari beberapa orang, keluarga dan mengikuti beberapa seminar.

Kendala dan challenge yang dihadapi dalam menjalankan bisnis tersebut tentunya pasti ada, salah satunya lokasi bisnis dari coffee shop ini, yang mana lokasinya cukup masuk ke dalam dan cukup jauh dari keramaian. Namun dari sana Ia mencoba untuk terus belajar mengembangkan marketing dan juga menyebar player dan juga selalu update sosial media. Adanya tempat ngopi Perron dan Okus Coffee Shop ditempat tersebut Ia mencoba attrack recordnya seperti itu.

Tentu untuk menu utamanya sendiri adalah kopi yang dipetik dari hasil panen sendiri, dengan menjual harga kopi yang bisa dikatakan murah. Banyak produk – produk kopi yang menjual dengan harga 20.000 ribuan keatas.

Kopi Harga Terjangkau

Sedangkan ditempat ngopi Perron Coffee ini Ia menjual kopi dengan harga 5.000 sampai dengan harga 20.000. Namun selain kopi di Perron ini juga menyediakan jenis minuman lain seperti regal milk, boba milk tea dan brown sugar. Di tempat tersebut berbagai minuman kekinian yang sedang hits disediakan, jadi sebenarnya cukup fleksibel. Tapi tentu untuk menu utamanya adalah kopi.

Perron atau Okus ini memang fokusnya tidak hanya untuk menjual produk saja, namun juga tempat untuk membangun sebuah komunitas, tempat kerja dan juga temoat startup. Jadi orang – orang dari umur apapun bisa membangun bisnis, jadi ide apa yang ingin dibangun di Perron ini membuka.

Bekerjasama Dengan Beberapa Pihak

Selain itu juga senang sekali untuk bekerja sama, sharing dalam bidang apapun,di Perron tersebt sangat terbuka. Sehingga sebenarnya minuman dan makanan yang ada ditempat tersebut hanyalah pendukung saja. Ini karena dasarnya di Perron tersebut untuk startup bisnis, tempat nongkrong dan juga tempat untuk bersantai.

Gambaran target pasarnya yang telah dicapai sampai saat ini cukup lumayan, jadi bisa dikatakan high and lose. Bisa terkadang sepi kadang juga ramai, namun masih melihat arus market. Marketing sangat penting dalam sebuah bisnis. Apabila dilakukan dengan cukup gencar maka akan semakin banyak yang tahu tempat tersebut.

Marketing Yang Digunakan

Untuk marketing yang digunakan selama ini masih mengandalkan sosial media, dan untuk sekarang ini masih mencari figur yang bisa diajak kerja sama. Bisa juga bekerja sama dengan traveling agent, atau sebagai contoh reddorz, catering, hal tersebt cukup membantu untuk marketing pula. Di era modern ini tentu sangat penting sekali karena marketing dengan sosial media saja tidak akan cukup. Harus ada orang lapangan yang bisa diajak untuk kerja sama.

Rencana planning kedepan banyak yang pastinya marketingnya akan semakin kencang dan Perron ini ingin semakin maju dan sukses. Sambil berjalan sambil mengembangkan marketing, melihat arus market. Setiap tahun atau bahkan bulan yang namanya penuualan pasti akan mebgalami perubahan. Bahkan market pun juga begitu, untuk konsep awal tetap sama sebagai patokan dan panduan dasarnya.

Target Pasar

Untuk target pasarnya sendiri untuk semua umur bisa namun lebih diutamakan untuk orang – orang yang produktif. Terkhususnya memiliki PC untuk stratup dan itu masuk untuk Perron Work atau ruang kerjanya. Untuk Okus Coffee Shop ini mengejar anak muda yang menyukai nongkrong dan ngopi, terutama daerah utara, yang mana untuk Coffe Shop sendiri di daerah tersebut belum banyak yang menyediakan fasilitas lengkap seperti di Okus Coffee tersebut.

Team yang tergabung dalam tempat ngopi di Perron dan Okus ini berjumlah sekitar 10 ada juga ada beberapa yang kerja sama dari luar kurang lebih total 30 orang. Ada yang bertugas sebagai cook, barista, team marketing dan juga admin sosmed dan tentu orang lapangan yang membantu untuk membangun bisnis tersebut.

Harapan Kedepan

Harapan kedepan ingin berjalan sebagaimana konsepnya dimana tempat tersebt adalah startup bsinis, dimana orang – orang yang ingin membangun bisnis, nongkrong di Perron dan Okus membuka dan memfasilitasi. Kedepannya Perron dan Okus semakin berkembang dan maju, dan mudah – mudahan bisa menjadi bisnis yang cukp besar.

Terjun dalam dunia bisnis merupakan challenge namun salah satu motivasinya bekerja tidak diatur namun harus bisa mengatur sendiri dan responbility. Arah bisnis mau kemana, mau menggunakan strategi apa, dan memiliki konsep seperti apa. Tentu itu bukanlah hal mudah, namun memiliki kebebasan. Punya lingkup untuk belajar hal baru. Ketika ingin terjun dalam dunia bisnis harus tau apa yang dimiliki dari situlah mulailah perhitungan, memikirkan jangka panjang, memiliki goals yang dilakukan step by step.

Menjadi pebisnis tidak mudah perlu kerja keras dna waktu yang banyak, namun ketuka sudah berkomitmen maka harus tegas, mencari hal baru, mendapat ide baru dan semua menjadi bagian dari bisnis. Jika tidak dikerjakan dengan sungguh – sungguh, melihat targetnya siapa, marketnya seperti apa dan pesaingnya. Belajar dari pesaing apa yang membuat mereka sukses, dan masih banyak yang bisa diperoleh.

Demikian inspirasi bisnis yang disampaikan oleh pengusaha muda tersebut, semoga dapat memberikan inspirasi dan motivasi. Sekian dulu semoga bermanfaat dan salam sukses.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba