Trend Pemasaran Bisnis Online di Tahun 2020 Yang Wajib Dicoba

Memasuki pertengahan tahun 2020 pemasaran bisnis online tentu sangat dibutuhkan. Hal ini didasari karena banyak pengusaha maupun pelaku pasar yang mulai mengevaluasi dan memperbaiki perjalanan bisnisnya selama setahun kebelakang dan mulai membuat perencanaan strategi baru untuk memenangkan persaingan pasar di tahun depan. Jika di tahun sebelumnya trend pemasaran bisnis online mulai mewabah di kalangan masyarakat, maka di tahun 2020 ini diprediksikan trend tersebut akan semakin meningkat pesat seiring dengan mudah dan murahnya akses internet dari berbagai tempat.

Trend Pemasaran Bisnis Online

Nah, untuk menghadapi gempuran persaingan di ranah online yang semakin ketat, berikut ini kami informasikan trend pemasaran bisnis online di tahun 2020 yang bisa coba Anda jalankan untuk memenangkan persaingan pasar.

Mengganti website jadul dengan media promosi yang interaktif

Untuk pemasaran bisnis online pertama yang bisa Anda terapkan adalah mengganti website jadul dengan media promosi. Jika dulunya situs blog atau website hanya digunakan para pengusaha sebagai ajang curhat atau berbagi cerita kepada para konsumennya guna mengambil simpati mereka dan membangun personal branding sang pengusaha. Maka sekarang ini tidak banyak orang yang memiliki waktu luang untuk membaca tentang betapa hebatnya Anda dan aktivitas apa saja yang Anda lakukan setiap harinya.

Sekarang ini konsumen sudah cukup cerdas, sehingga mereka lebih tertarik untuk membaca informasi yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan yang sedang mereka cari saat ini. Karena itu, ada baiknya bila Anda tidak hanya menjadikan website sebagai lapak online saja namun juga menjadikannya sebagai media promosi yang interaktif sehingga calon konsumen bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat dari website Anda dan tertarik untuk memberikan respon positif pada barang dagangan Anda.

Pelajari perubahan trend pada strategi SEO

Tak hanya trend permintaan pasar saja yang mengalami perubahan, teknik SEO dalam mengembangkan bisnis online ternyata juga mengalami beberapa perubahan sesuai dengan algoritma pencarian Google. Pastikan bila Anda memiliki bekal ilmu SEO, agar Anda bisa mengetahui teknik SEO yang masih berfungsi serta teknik apa saja yang sekarang ini sudah tidak efektif lagi untuk digunakan. Hal ini sangatlah penting, karena pada kenyataannya teknik SEO lama yang masih digunakan justru bisa mematikan visibilitas website Anda.

Mobile Friendly

Pemasaran bisnis online yang selanjutnya adalah mobile friendly. Seperti kita ketahui bersama, sekarang ini lebih dari 62% masyarakat Indonesia mulai mengakses internet via handphone (telepon genggam). Bahkan kebiasaan tersebut mampu menggantikan peran warnet (warung internet) yang sebelumnya menjadi tempat alternatif untuk bisa mengakses internet. Melihat perubahan tersebut, ada baiknya bila website yang Anda miliki juga mulai dikemas mobile friendly agar konsumen Anda tidak kesulitan untuk mengakses situs yang Anda miliki via mobile.

Video Marketing

Cara yang satu ini merupakan pemasaran bisnis online yang cukup ampuh digunakan dalam pemasaran online 2020 ini. Di era modern ini banyak orang lebih menyukai pemasaran dalam bentuk video dibandingkan dalam bentuk tulisan. Dengan tulisan mereka akan mudah bosan untuk membaca apalgai konten terlalu panjang. Nah salah satu cara yang bisa Anda gunakan dengan mengandalkan video marketing.

Dalam satu hari saja orang mampu menghabiskan beberapa jam untuk browshing dan mencari informasi dan berita terupdate. Cobalah untuk memanfaatkan video sebagai media marketing. Anda bisa memasarkan lewat youtube maupun di media sosial. Mengapa harus menggunakan video? karena orang cenderung lebih menyukai iklan dalam bentuk gambar karena mudah untuk divisualisasi. Maka upayakan untuk membuat video semanarik mungkin.

Gunakan Tools Untuk Analisis

Untuk dapat meningkatkan penjualan maka Anda perlu adanya riset. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, nah 2 tools berikut ini bisa digunakan untuk melihat trend masa kini. Ada 2 tools yakni google analytic dan google trend. Trend apa yang dibutuhkan? yakni melihat apa yang paling dibutuhkan dan dicari customer.

Anda pun dapat melihat data konsumen secara lengkap mulai daerah, usia, jenis kelamin dan halaman yang banyak dikunjungi. Anda pun juga bisa menganalisa trend apa yang sedang hangat dan berkaitan dengan produk. Dengan begitu Anda bisa menggunakan trend ini sebagai bahan untuk melakukan promosi.

Kelola konsumen dengan bijak

Meskipun di halaman website Anda telah tersuguh beragam jenis informasi, namun tidak sedikit konsumen yang akhirnya masih membutuhkan pelayanan Anda seperti halnya para pembeli di toko offline. Karena itu, kelola konsumen dengan bijak baik melalui sistem online maupun offline.

Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan chating online, kolom komentar, fasilitas email, maupun sms dan telepon  marketing untuk mencarikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi konsumen. Semakin sering mereka terbantu oleh Anda, maka semakin besar pula loyalitas yang mereka berikan untuk bisnis Anda.

Sudah siap menyambut sukses besar Anda di tahun 2020? Mulailah dari hal-hal yang paling kecil, mulailah dari langkah-langkah yang paling mudah, dan optimalkan strategi pemasaran bisnis online Anda dari sekarang! Salam sukses.

Sumber gambar : https://www.herosoftmedia.co.id/tips-memulai-bisnis-online/

3 thoughts on “Trend Pemasaran Bisnis Online di Tahun 2020 Yang Wajib Dicoba”

  1. LUAR BIASA…bisnisukm.com Artikelnya selalu bermanfaat dan inspiratif untuk pembacanya…

    Sukses Selalu dan terus maju dalam mengembangkan serta meningkatkan potensi UKM dengan informasi-informasi yang bermanfaat

    Reply
  2. Saya jg brminat untk ikutan iklan,untk usaha sy biar bnyk org yg tau,mdh2an bs mencapai target,dan ingin sy waralabkan,yg pasti dijamin enak dech?trmaksh ya atas info yg sllu menarik dan buat sy jd smngt untk trs majuuu…

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba