Kategori Lainnya

Meski Nikmat, Jangan Makan dan Minum Ini Saat Buka Puasa!

meski-nikmat-jangan-makan-dan-minum-ini-saat-buka-puasa

Meski Nikmat, Jangan Makan dan Minum Ini Saat Buka Puasa

Assalamu’alaikum. Gimana gan puasanya? Semoga selalu diberikan kelancaran ya!. Amin. Biasanya nih gan bulan Ramadhan gini, kita sering kalap, khususnya kalap pas buka puasa. Ya gak?. Beli makanan dan minuman banyak seolah-oleh bakal dihabisin semua, padahal ntar ujung-ujungnya tersisa. Kan jadi mubadzir. Jangan gitu ya!.

Ngomong-ngomong soal buka puasa, tahu gak sih gan ada menu-menu tertentu yang sebaiknya kita hindari pas buka puasa?. Penasaran makanan dan minuman apa aja itu? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Minuman bersoda

 

minuman-bersoda

Setelah seharian menahan dahaga, pengennya minum yang seger-seger. Minuman seger yang jadi favorit salah satunya ya soda. Eiitss… Tapi jangan coba minum ini pas buka puasa ya!. Kenapa min?. Minuman bersoda mengandung gelembung karbonasi yang akan memancing kenaikan asam lambung jika diminum dalam kondisi perut kosong. Semua jenis minuman bersoda, meski sudah dicampur dengan sirup tetap tidak disarankan untuk diminum pas buka puasa. Kamu sebaiknya minum air putih hangat dan makan kurma.

  1. Cokelat

cokelat

Kok coklat?. Bukannya berbuka dianjurkan dengan yang manis min?. Coklat kan manis!. Emang sih coklat manis dan nikmat, tapi tahu gak sih cokelat mengandung kafein, lemak, dan kandungan kokoanya dapat memicu produksi asam lambung?. Jadi jika coklat dikonsumsi saat buka puasa, tentu ini bukan pilihan tepat. Perut akan terasa lebih perih dan tidak nyaman kalau berbuka puasa dengan cokelat. Aktifitas kamu setelah berbuka puasa justru bisa terganggu lho!.

  1. Makanan yang digoreng

makanan-yang-digoreng

Bukan masyarakat Indonesia namanya kalau gak suka makanan yang digoreng. Apalagi yang namanya gorengan, favorit sejuta umat. Namun kamu harus berhati-hati ya jika mengonsumsi menu ini pas buka puasa. Proses penggorengan dengan minyak menyebabkan makanan mengandung kadar lemak yang tinggi. Lemak pada gorengan akan menyebabkan asam lambung naik dan perut menjadi tidak nyaman. Apalagi kalau minyak yang digunakan kualitasnya buruk ya.

  1. Produk susu tinggi lemak

produk-susu-tinggi-lemak

Apakah kamu salah satu fans dari keju, yogurt dan mentega?. Mimin sarankan tidak memilih menu favoritmu ini saat buka puasa ya!. Seperti penjelasan-penjelasan sebelumnya, semua makanan berlemak tinggi menyebabkan peningkatan asam lambung yang menyebabkan mual sesaat hingga perut terasa begah atau penuh dan kembung. Bukan tidak boleh sama sekali kok. Kalau ingin minum susu atau makan keju, sebaiknya tunggu sampai perut sudah terisi makanan lain lebih dulu.

  1. Minuman berkafein

minuman-berkafein

Bagi Anda yang berbuka puasa, jangan sekalipun berbuka puasa dengan kopi kalau perut Anda bermasalah. Bagi para penggemar kopi, tentu waktu buka puasa adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk bisa menikmati minuman favorit. Tapi sangat tidak direkomendasikan ya gan!.

Teh hitam juga tidak terlalu disarankan karena memiliki kandungan kafein juga meski dalam jumlah sedikit. Kalau ingin minum teh, coba beralih ke teh chamomile atau teh hijau yang lebih sedikit kandungan kafeinnya.

Itu tadi gan menu-menu yang sebaiknya kamu hindari pas buka puasa. Ada salah satu menu favoritmu?. Apapun menu buka puasamu, yang terpenting adalah niat puasanya ya gan!. Selamat menunaikan ibadah puasa!.

SHARE YUK!