Tips Mempertahankan Followers Medsos Agar Bisnismu Gak Cepet Turun!

Tips mempertahankan followers medsos ternyata masih dibutuhkan oleh banyak pelaku usaha. Betapa tidak, sekarang ini semua jualan fokus di marketing online, sehingga menjaga agar jumlah followers atau pengikut menjadi penting.

Mempertahankan followers medsos ini termasuk gampang-gampang susah. Kamu tidak saja dituntut untuk terus online, tapi juga harus pintar membaca kondisi pasar. Masih bingung?

Tenang, artikel ini akan membantumu memahami apa saja hal yang perlu kamu perhatikan ketika jualan di media sosial. Simak terus sampai akhir ya!

Pertahankan Interaksi dengan Followers Medsos

Interaksi seperti apa sih yang dimaksud? Banyak ragam yang bisa kamu coba lho! Kamu bisa memposting atau melakukan repost ulang story konsumen yang mempromosikan produkmu di medsos. Jangan lupa tag juga akun konsumenmu secara langsung. Dengan begini, konsumen akan merasa dihargai dan diperhatikan.

Kedua, cara yang paling umum dilakukan: jangan lupa menjawab tiap pertanyaan yang diajukan konsumen. Entah melalui DM ataupun komentar, pastikan kamu manjawab setiap pertanyaan dari konsumen dengan jelas ya. Semakin sering kamu menjawab, akan semakin baik.

Cara ketiga untuk mempertahankan followers medsos: libatkan dalam permainan berhadiah. Kamu ingin pelanggan yang loyal? Saatnya mengirimkan timbal balik berupa permainan berhadiah. Kamu bisa mulai dengan kuis-kuis sederhana yang mudah dijawab oleh konsumen.

Adakan Giveaway

Ingin merek produkmu cepat naik? Berikan giveaway kepada pelanggan dalam rentang waktu tertentu! Tidak perlu sering-sering memberikan giveaway, atur saja waktu yang pas supaya brand atau merekmu terkesan royal.

Giveaway adalah cara ampuh untuk mempertahankan followers medsos, sekaligus mendapatkan testimoni gratis. Kok bisa sih? Jadi, dengan produk yang kamu berikan, konsumen akan secara otomatis mengunggah hadiah giveaway ke akun sosial media mereka. Dengan begitu, semakin banyak orang yang akan melihat produkmu.

Manfaatkan Akun Bisnis untuk Berbagi Konten Edukasi

Tidak semua bentuk jualan adalah hard selling. Kalau akunmu hanya berisi jualan, tentu banyak yang akan merasa bosen dengan postingamu. Oleh karena itu, manfaatkan momen jualan untuk berbagi konten edukasi kepada para pengikutmu. Dengan cara ini akan mudah mempertahankan followers medsos ke depannya.

Konten edukasi yang dimaksud bisa menyerempet pada produkmu. Misal produkmu soal skincare untuk wajah. Kamu bisa membuat postingan tentang cara menjaga kesehatan wajah, atau pemilihan sabun cuci muka yang sesuai dengan kebutuhan muka.

Cara ini biasa disebut sebagai jualan ‘soft selling’. Pastikan cara promosi menyesuaikan dengan produkmu ya.

Gunakan Fitur Live di Media Sosial

Cara mempertahankan followers medsos selanjutnya: gunakan fitur live di media sosial. Fitur live bisa menunjukan tempat produksimu secara langsung kepada para pembeli. Kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, misalnya dengan mengadakan kuis kecil-kecilan. Konsumen yang menjawab tepat dan cepat akan terpilih sebagai pemenang.

Platform instagram juga memiliki fitur Ig Tv yang memungkinkanmu untuk mengupload video yang durasinya mencapai maksimal 10 menit. Kamu bisa memposting video produksi atau juga penjelasn lengkap soal produkmu.

Cara ini ampuh untuk mempertahankan followers medsosmu. Namun ketika ingin menggunakan fitur satu ini, pastikan kamu memiliki konsep jelas apa yang ingin kamu lakukan. Jangan sampai di depan kamera kamu terlihat gugup atau justru tidak tahu apa yang perlu dibicarakan kepada pengikut akunmu.

Penggunaan media sosial sebagai tempat jualan terus mengalami perkembangan. Ternyata alogaritma media sosial menuntut pemilik akun untuk terus menjalin interaksi dengan followers. Trik ini digunakan tidak hanya untuk mempertahankan followers medsos, tapi juga upaya agar bisnis tidak tenggelam dengan kehadiran pesaing.

Komunikasi dua arah menjadi kunci marketing. Sekarang ini brand tidak bisa terus menerus menggunakan cara penjualan konvensional. Jualan dengan cara kuno hanya akan membuat pelangganmu kabur begitu saja.  

Langsung terapkan tips di atas ke dalam bisnismu ya!

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha UMKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment