Mobile Marketing Sarana Pendongkrak Penjualan Produk

mobile marketingRasanya tak berlebihan bila sekarang ini banyak orang mengatakan bahwa strategi pemasaran merupakan kunci kesuksesan sebuah usaha. Tanpa strategi pemasaran yang matang, sulit bagi para pelaku usaha untuk bisa mencapai pertumbuhan bisnisnya dengan optimal.

Tak mengherankan bila berbagai macam metode pemasaran mulai dijalankan para pelaku usaha untuk mendongkrak penjualan produknya. Salah satunya saja seperti strategi mobile marketing yang belakangan ini dipilih para pelaku usaha untuk bisa mendongkrak penjualan produk setiap bulannya.

Lalu, mengapa para pelaku usaha di Indonesia mulai memilih strategi pemasaran menggunakan perangkat mobile? Menurut data yang diperoleh dari Redwing, sekarang ini hampir 20% masyarakat Indonesia telah menggunakan ponsel pintar (smartphone), 74% menggunakan ponsel fitur dan 6% sisanya menggunakan basic phones. Bahkan diprediksikan angka tersebut akan mengalami peningkatan hingga mencapai 52% pada tahun 2017.

Melihat data tersebut, tentunya para pelaku usaha mulai melihat peluang pasar yang begitu besar sehingga mereka tertarik untuk mulai memasarkan produk atau jasa secara langsung melalui mobile marketing. Nah, bagi Anda para pemula maupun pelaku usaha yang tertarik mempromosikan produk unggulan dengan menggunakan perangkat mobile. Berikut adalah beberapa cara mobile marketing yang bisa Anda jalankan untuk mendongkrak penjualan produk Anda.

SMS marketing
Walaupun belakangan ini layanan chat kian menjamur, namun kebiasaan masyarakat untuk menggunakan SMS (short message service) dalam berkomunikasi ternyata masih tetap bertahan. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari Lembaga riset Informa, sedikitnya jumlah pesan yang dikirim melalui aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari, sedangkan pesan melalui SMS masih bertahan hingga 21 miliar pesan per hari. Karenanya, sangat penting bagi para pelaku usaha untuk menyadari bahwa SMS bisa menjadi salah satu sarana pemasaran langsung yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan promosi guna mendongkrak penjualan produk setiap bulannya.

Manfaatkan aplikasi mobile
strategi mobile marketingMunculnya aplikasi mobile ternyata memberikan kemudahan bagi para pengguna handphone dibandingkan dengan layanan mobile browser. Dengan menggunakan aplikasi mobile, akses ke sebuah situs menjadi lebih cepat dan memudahkan konsumen dalam menjalankan aktivitas pengunduhan. Bahkan menurut hasil survei Google menunjukkan bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika situs memberikan kemudahan. Oleh sebab itu bagi para pengusaha, aplikasi mobile merupakan salah satu peluang yang tak hanya bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness melalui iklan, namun juga untuk mengumpulkan data-data penting tentang pelanggan untuk kepentingan komunikasi.

Membuat toko online yang mobile friendly
Seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia, para pelanggan pun mulai aktif mengakses internet melalui perangkat mobile-nya untuk mencari informasi dan membandingkan harga barang dari satu toko online ke toko online lainnya untuk mencari penawaran harga yang terbaik. Karena itu, penting bagi Anda para pelaku usaha untuk mulai mengoptimalkan situs toko onlinenya agar mudah diakses melalui perangkat mobile. Meskipun hal ini belum terlalu diperhatikan para pelaku usaha, namun hasil survey mengatakan bahwa sebanyak 40% pengguna perangkat mobile mulai beralih ke toko milik para kompetitor karena mereka memiliki pengalaman buruk mengenai akses mobile.

Dengan mempraktekkan langsung ketiga cara tersebut, diharapkan kedepannya penjualan produk Anda bisa meningkat pesat dan mendatangkan keuntungan besar setiap bulannya. Semoga informasi tips pemasaran yang mengangkat mobile marketing sarana pendongkrak penjualan produk ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku usaha untuk mempromosikan produk-produknya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://the-gma.com/wp-content/uploads/2012/06/mobile_marketing1.jpg
2. http://avaxusa.com/wp-content/uploads/2013/02/Mobile-Marketing.jpg

1 thought on “Mobile Marketing Sarana Pendongkrak Penjualan Produk”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba