Omzet Besar Dari Bisnis Toko Online

Owner Bisnis Toko OnlineBerawal pada tahun 2014, Yulianti Kusumaningsih (30) awalnya hanya ingin memanfaatkan gadget miliknya yang baru saja dibeli. Ia menggunakannya sebagai alat untuk berjualan secara online produk perawatan kecantikan tradisional dari Bali melalui jaringan sosial seperti facebook dan juga melalui BBM dengan sistem dropship.

Respon dari masyarakat dengan usahanya tersebut ternyata cukup positif dan banyak yang tertarik untuk membeli produk darinya. Sampai akhirnya saya disarankan untuk mencoba memasarkan produk melalui salah satu situs jual beli online yang sedang ramai. Dari situlah akhirnya ia membuat toko online yang diberi nama Amara Bakery & Beauty. Toko onlinenya tersebut selain menjual produk perawatan kecantikan juga menyediakan berbagai macam camilan khas dari Bali, Kebumen, dan Banyumas yaitu tempat suaminya berasal.

Dengan toko onlinenya tersebut, Alhamdulillah respon dari masyarakat semakin baik dan membuat orderan yang diterima semakin banyak dan terus meningkat sampai dengan saat ini. Hanya dengan modal awal sebesar Rp 350.000,00, kini omzet tiap bulannya sudah mencapai Rp 35.000.000,00-Rp 50.000.000,00. Selain kedua produk tersebut, Ia juga menambahkan produk lain yaitu perlengkapan supermarket seperti rak, keranjang jinjing, dan trolley. Dari situlah ia juga mulai memiliki mitra bisnis sampai ke Mataram yang membantu memasarkan produk-produknya.

Modal utamanya dalam menjalankan bisnis toko online ini adalah niat yang kuat dan ilmu berwirausaha yang didapatkannya dari sang suami. Suaminya sering membagikan tips tentang berbisnis, selain itu didukung juga dengan jiwa bisnis yang diwarisinya dari Almarhum Ayah yang juga seorang wirausaha. Ia berharap agar bisnis toko online yang dijalankannya ini bisa sukses sehingga anak-anaknya dapat hidup lebih layak dan tidak kekurangan.

Dari berbagai macam produk yang dijualnya tersebut, tentu saja harga jual untuk setiap produknya juga bermacam-macam. Untuk produk camilan kisaran harganya mulai dari Rp 7.000,00 sampai dengan Rp 25.000,00. Produk perawatan kecantikan harganya mulai berkisar dari Rp 20.000,00 hingga Rp 70.000,00, sedangkan untuk produk perlengkapan supermarket seperti rah di patok harga mulai Rp 800.000,00-Rp 1.800.000,00 dan trolley mulai dari harga Rp 600.000,00-Rp 1.200.000,00. Semuanya itu tergantung pada tipe dan ukurannya.

Dalam menjalankan bisnis toko onlinenya tersebut, Ia dibantu oleh 4 orang karyawan. Bisnis toko online miliknya juga sudah mulai memiliki banyak pelanggan seperti di Kalimantan, Batam serta Mataram Nusa Tenggara Barat.

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis toko online miliknya pun mulai berkembang dengan baik. Kini toko onlinenya semakin laris dan banyak pembeli yang tertarik untuk menjadi reseller dari semua produk yang dijualnya. Agar produk-produknya tersebut semakin dikenal oleh banyak orang, Ia juga berkeinginan untuk membuka outlet di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Menjalankan bisnis apapun pastinya tak luput dari sebuah hambatan atau kendala, tanpa terkecuali bisnis toko online. “Untuk produk camilan, biasanya saya terkendala pada bahan baku pembuat camilan, misalnya untuk camilan dari singkong maka harus menunggu masa panen” ungkapnya. Untuk produk perawatan kecantikan biasanya terhambat karena stok produk yang kosong. Sedangkan produk perlengkapan supermarket membutuhkan waktu untuk membuatnya terlebih dahulu.

Ia juga mengungkapkan bahwa dalam menjalankan bisnis toko online ini, Ia bisa merasakan sebuah kesuksesan atau kemenengan saat melihat ibunda, suami dan juga anak-anaknya senyum bahagia dan bangga dengan kerja keras yang dijalankan. Ditambah lagi dengan usaha toko online tersebut Ia bisa membantu mensejahterakan ke empat karyawannya.

Tidak lupa juga, di akhir wawancara Ia memberikan kunci sukses bagi para pemula maupun semua orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Kunci sukses dalam menjalankan bisnis adalah selalu berusaha dan pantang menyerah dalam menggapai impian. Tidak ada kata “tidak bisa” dalam menjalankan sebuah bisnis. Segala sesuatu bisa dilakukan asalakan kita mau belajar dan juga berusaha. Memberikan pelayanan yang memuaskan pada setiap para pembeli dan yang tidak boleh terlupakan adalah selalu berdoa dan bersyukur pada Tuhan.

Tim Liputan BisnisUKM

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba