Panduan Lengkap Cara Beriklan Dengan Google My Bussines

Apa itu google my bussines? Ada yang sudah pernah mendengar dan mengetahui apa itu google my bussines atau google bisnisku? Nah bagi para pelaku bisnis pasti sudah tidak asing dengan ini pastinya. Para pelaku bisnis menggunakan aplikasi ini sebagai media untuk promosi produk mereka di google. Namun mungkin bagi beberapa orang cukup asing dan ada yang belum memanfaatkan media ini sebagai media untuk promosi.

Media ini tentu direkomendasikan digunakan bagi para pelaku bisnis dalam bidang apapun. Google my bussines ini mampu membantu meningkatkan penjualan produk dengan mempromosikan dan mengenalkan produk digoogle. Media ini merupakan media atau wadah yang digunakan untuk mengelola kemunculan produk bisnismu secara gratis. Seperti halnya maps dan juga penelusuran, media ini merupakan fitur yang disediakan oleh google.

Dengan menggunakan media ini kamu bisa menjalankan bisnis yang melayani pelanggan dilokasi tertentu atau pelanggan di area yang ditentukan. Bisnis yang sudah diverifikasi pada google memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk bisa dianggap sebagai bisnis yang memiliki reputasi yang baik oleh pengguna.

Manfaat Google My Bussines Untuk Bisnis

Tentunya dengan memanfaatkan google my bussines untuk mempertahankan bisnismu, dimana media ini dapat membantu para pelanggan menemukan produk dan layanan yang kamu sediakan, menghubungi serta menemukan lokasi bisnismu. Maka dari itulah google my bussines ini direkomenasikan bagi siapapun para pelaku bisnis. Nah begini manfaat dari penggunaaan google my bussines. Ada 3 kategori manfaat dari penggunaan media ini, diantaranya sebagai berikut :

Menjaga informasi yang akurat mengenai bisnis online milikmu

  • Dengan mencantumkan jam buka, situs website, nomor telepon dan lokasi.
  • Menggunakan aplikasi seluler untuk selalu mengikuti perkembangan keberadaan onlinemu.

Berinteraksi dengan pelangan

  • Mempost foto bisnis serta produk dan layanan
  • Kumpulkan dan tanggapi ulasan pelanggan

Memikat para pelanggan baru

  • Meningkatkan bisnis muncul di internet agar pelanggan bisa menemukanmu
  • Mengarahkan pelanggan pada situsmu
  • Menggunakan iklan berbasis lokasi dengan kampanye pintar di google ads.

Cara Pasang Google My Bussines

Google my bussines merupakan media yang digunakan untuk mempromosikan produk bisnis, nah beginilah cara memasang google my bussines.

  • Pertama – tama buka google my bussines atau google bisnisku dan klik mulai sekarang
  • Kemudian tulis nama bisnismu, lalu isi lengkap alamat kantor atau pun tokomu.
  • Menyesuaikan alamat kantormu pada google maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang kamu cantumkan.
  • Kemudian tulis kategori bisnis yang sesuai dengan bisnismu, apabila bisnis yang kamu jalankan adalah bisnis yang bergerak dalam bidang makanan maka kamu bisa pilih restaurant atau warung makan, namun jika usahamu dalam bidang jasa atau menjual produk kamu bisa memilih toko dan lain sebagainya. Dengan menentukan kategori ini tentu akan membantu memudahkan ornag untuk mencari lokasi bisnis.
  • Selanjutnya dengan mengisi no telephone yang khusus untuk menerima telephone dari pelanggan. Nah apabila kamu memiliki website bisa juga mencantumkan pula.
  • Kemudian kamu bisa memilih untuk menerima newsletter dari google ataupun tidak.
  • Lalu langkah terakhir merupakan cara verifikasi google my bussines atau google bisnisku. Verifikasi ini tentu sangat penting untuk melindungi bisnis dari pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan bisnismu. Dan ketika bisnis sudah diverifikasi maka dianggap sudah memiliki reputasi baik dimata pelanggan. Apabila informasi sudah benar dan lengkap maka isi nama penerima surat dan klik kirim kartu pos. Setelah itu tunggu surat dari google dan pada proses verifikasi kamu tidak dapat mengganti informasi yang sudah kamu tulis.
  • Proses pengiriman surat google tergantung lokasi, setelah kamu mendapatkan surat maka kamu baru bisa melanjutkan proses vrifikasi menggunakan kode yang didapat.
  • Lalu buka google my bussines dan pilih menu verifikasi lokasi. Dan masukkan kode verfikasi dari surat google, setelah itu verifikasi google my bussines selesai.

Melengkapi Profil Google My Bussines

Kemudian langkah tidak sampai disitu saja, langkah selanjutnya adalah melengkapi profil google my bussines.

  • Masukkan deskripsi singkat bisnismu paling panjang 750 karakter. Jelasakan bisnismu secara singkat, padat dan jelas. Pastikan kamu menjelasakan bisnismu bergerak dalam bidang apa dan apa keunggulan bisnismu dan apa saja informaso penting lainnya.
  • Kemudian unggah foto, meskipun foto ini sifatnya hanya pilihan namun hal ini tentu salah satu komponen penting. Untuk lebih meyakinkan calon pelanggan maka tambahkan foto kantor, perusahaan atau pabrikmu.
  • Tambahkan pula jam operasional bisnis agar memudahkan pelanggan menentukan mereka bisa datang.
  • Jika ada tambahkan beberapa fasilitas yang kamu tawarkan dilokasi. Misalnya fasilitas tempat parkir luas, lounge khusus, dsb.
  • Tambahkan pula menu atau produk andalan pada google my bussines untuk memperlihatkan pada calon pelanggan produk apa saja yang kamu tawarkan.

Nah itu tadi bagaimana cara memasang google my bussines, semoga bermanfaat dan dapat membantu para pembaca sekalian yang ingin turut serta menjajal media ini sebagai media untuk promosi bisnis. Tentu dengan adanya google yang menyediakan fitur untuk melakukan promosi bisnis ini memudahkan para pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk mereka pada khalayak umum dengan jangkauan yang lebih luas. Dengan memaksimalkan potensi google my bussines ini tentu bisa lebih menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sebagai pelaku bisnis siapapun itu tentunya dituntut untuk selalu up to date dalam mengikuti perkembagan zaman dan perkembangan teknologi yang ada. Dengan begitu kamu akan terus bisa bersaing dipasaran dan mempertahankan bisnismu.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba