Guru Honorer Juga Bisa Bisnis Sampingan!

Guru honorer di Indonesia sejauh ini belum mendapatkan kesejahteraan yang baik. Peran guru sebagai pendidik profesional yang melakukan pengabdiannya untuk mengajar, membimbing, dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa adalah pekerjaan mulia sehingga layak disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Tapi persoalan yang terjadi masih sangat kompleks di tengah perjuangan para guru honorer. Besaran gaji yang didapatkan guru honorer masih relatif kecil dibandingkan dengan guru yang sudah berstatus PNS atau ASN.

Guru Honorer Juga Bisa Bisnis Sampingan!
azmirror.com

Di tengah ketidakpastian, guru honorer tetap mengabdikan dirinya untuk mengajar. Dengan harapan kesejahteraan guru honorer akan bertemu dengan titik cerah. Kalau berbicara tentang guru honorer dan kesejahteraannya memang tidak ada habisnya. Meskipun pemerintah tidak tinggal diam, tetap saja tuntutan ekonomi setiap harinya harus terpenuhi. Mencoba bisnis sampingan merupakan salah satu solusi untuk guru honorer dalam menambah penghasilan. Sambil berproses, tidak ada salahnya guru honorer memanfaatkan peluang untuk mencari penghasilan tambahan melalui bisnis sampingan tanpa harus mengesampingkan tanggung jawab sebagai seorang guru. 

Peluang Bisnis Sampingan Guru Honorer

Kata siapa bisnis sampingan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah punya pengalaman bisnis saja? Guru honorer juga punya kesempatan untuk memiliki bisnis sampingan karena waktu yang dimiliki cukup lebih luang dibandingkan dengan guru yang sudah berstatus PNS atau ASN. Apa lagi kalau Anda adalah guru honorer di Sekolah Dasar di mana jam sekolah lebih singkat dibandingkan dengan jenjang di atasnya. Berikut ini Bisnis UKM akan membagikan beberapa peluang bisnis sampingan untuk guru honorer yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Bisnis Sampingan Buka Jasa Les Privat atau Bimbel

Buka Jasa Les
cambridge.org

Kemampuan Anda sebagai guru dalam mendidik, membimbing, mengarahkan, hingga mengevaluasi memang tidak diragukan lagi bahkan sudah mendarah daging. Sehingga ketika Anda memiliki waktu luang, tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan yang dimiliki dengan menjadi pengajar les privat atau membuka jasa bimbel (bimbingan belajar). Anda bisa fokus mengajar untuk bidang-bidang tertentu saja atau seluruh mata pelajaran selama Anda menguasainya. 

Biasanya anak didik di lingkungan sekolah tempat Anda mengajar akan tertarik mengikuti les bersama dengan gurunya sendiri. Hal ini karena yang dipelajari pada saat les lebih sesuai dengan yang dipelajari di sekolah. Penghasilan menjadi guru les privat cenderung lebih besar ketimbang pendapatan sebagai guru honorer. Tapi Anda tetap harus meluruskan niat bahwa tujuan menjadi guru les atau guru bimbel untuk memberikan pengalaman dan ilmu kepada para anak didik, bukan hanya karena materi semata.

2. Bisnis Sampingan Jasa Pengetikan dan Printing

Bisnis Sampingan Jasa Pengetikan dan Printing
freepik.com

Meski saat ini sudah termasuk ke dalam era digital, tapi tetap saja masih banyak masyarakat yang belum memiliki komputer atau laptop di rumah. Jadi kebutuhan akan pengetikan dan print cukup tinggi. Peluang usaha ini cukup menjanjikan, terlebih jika Anda bisa membukanya di wilayah sekitar sekolah, kampus, atau lembaga pemerintahan. Hingga kini usaha jasa pengetikan masih banyak dicari, biasanya karena dikejar deadline atau padatnya aktivitas. Konsumen potensial Anda juga bisa berasal dari tetangga di sekitar tempat tinggal. Apa lagi kalau di lingkungan sekitar memang belum ada yang menjalankan bisnis jasa ini.

3. Freelance Writer

Freelance Writer
vskills.in

Menjadi penulis lepas adalah pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan. Dengan bermodalkan komputer atau laptop, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat karya tulisan. Cukup cari majalah atau website yang menerima tulisan dari luar dan mulailah menulis. Latar belakang keilmuan yang Anda miliki dan kuasai, bisa menjadi modal penting dalam menuangkan isi tulisan. Bisa juga dengan menjadi kontributor untuk media online yang umumnya menerima tulisan dari penulis lepas.

Bisnis sampingan ini bisa menjadi kesempatan Anda menuangkan berbagai gagasan dan opini melalui artikel yang Anda tulis.  Beberapa media semacam Kompas, Bisnis Indonesia, Media Indonesia atau Jakarta Post cukup besar memberikan honor kepada penulis lepas. Anda juga bisa menulis artikel di media online semacam liputan6.com, detik.com, okezone.com, dan media online lainnya yang juga memberikan honor relatif besar kepada para penulisnya.

4. Jualan Online

Jualan Online
cashlez.com

Keberadaan media sosial dan platform online lainnya yang semakin menjamur, bisa Anda manfaatkan untuk menjual berbagai produk secara online atau dikenal dengan istilah online shop. Produk yang ditawarkan bisa sangat beragam, mulai dari makanan ataupun barang baik diproduksi sendiri atau bahkan mengambil dari penjual lainnya dengan sistem reseller.

Anda tidak perlu repot mengeluarkan modal besar untuk stock barang karena sifatnya sebagai perantara saja. Pertumbuhan angka online shop ini terbilang cepat, karena memang keuntungannya cukup menjanjikan. Keuntungannya Anda tidak harus mengeluarkan uang sewa tempat untuk berjualan dan juga lebih fleksibel karena bisa berjualan dimanapun kapanpun. Guru honorer banyak yang sudah melakukan aktivitas ini seperti menjual pakaian, sepatu, alat-alat olahraga, alat kosmetik, hijab, kain batik, makanan, dan sebagainya.

5. Usaha Makanan

Usaha Makanan
cheapism.com

Kalau Anda ternyata punya bakat lainnya di bidang kuliner maka hal ini boleh Anda manfaatkan untuk usaha kecil-kecilan. Usaha yang dimaksud adalah dengan menjual camilan, kue, atau jenis makanan lain dengan kemasan yang menarik. Biasanya para guru honorer ini membawa barang dagangannya ke sekolah dengan menjadikan koperasi sekolah sebagai lapaknya. Koperasi sekolah merupakan badan usaha yang dikelola secara mandiri oleh sekolah. Jadi Anda bisa menitipkan produk makanan di koperasi sekolah. Bisa juga dengan menitipkan jajanan atau makanan di kantin sekolah.

6. Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah
johorpress.com

Memiliki kemampuan lebih dalam menguasai bahasa asing bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa penerjemah. Bisnis sampingan ini masih banyak diminati karena banyak yang membutuhkan jasa penerjemah baik di lingkungan perusahaan ataupun pendidikan. Beberapa bidang bahasa yang umumnya dicari sebagai jasa penerjemah adalah bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Arab, dan bahasa lainnya. Ada juga beberapa media yang membutuhkan jasa penerjemah untuk mengubah berita internasional dalam bahasa Indonesia. Peluang ini tentu bisa kamu manfaatkan. Belum lagi para penerbit buku yang juga sangat membutuhkan jasa penerjemah untuk menerjemahkan buku-buku dari banyak negara menjadi versi bahasa Indoesia.

Hal yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan bisnis sampingan sebagai guru honorer adalah manajemen waktu yang baik. Selain itu Anda juga harus memahami dan mengetahui betul kemampuan yang Anda miliki. Jangan sampai peran dan tanggungjawab Anda justru tidak dijalankan dengan baik. Teruslah berkembang dan berproses terima kasih sudah menjadi pahlawan tanpa tanda jasa yang telah turut serta dalam mencerdaskan bangsa.

Itulah beberapa peluang bisnis sampingan untuk guru honorer yang bisa Anda coba. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Simak artikel menarik seputar bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke rekan Anda yang lain supaya semakin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba