Aktivitas, Galeri Foto

Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Bersama Bisnis UKM

SHARE YUK!

pelatihan jamur Lantabura MediaMeningkatnya konsumsi jamur di masyarakat membuat bisnis budidaya jamur banyak dilirik sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Tata cara budidaya jamur yang benar, pengolahan, pengembangan usaha pasca panen, dan pemasaran hasil budidaya jamur menjadi point penting yang ingin orang pelajari tentang jamur. Menyikapi hal tersebut, PT. Lantabura Media memberikan fasilitas pelatihan ‘Panen Untung Budidaya Jamur’ yang sudah dimulai pada hari Sabtu (9/7). Pelatihan diikuti oleh peserta perseorangan yaitu Bapak Binuko Hari (50) yang berasal dari Sepinggan Balikpapan dan dua orang peserta lainnya dari Yogyakarta. Menurut Bapak Binuko yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta tersebut, bisnis jamur di wilayahnya belum tergarap secara optimal. Untuk itu, beliau merasa perlu banyak belajar dari ahlinya langsung tentang bagaimana membudidayakan dan pengembangan usaha pasca panennya.

Bertempat di Griya Jamur Miselia Sleman, para peserta mendapat arahan langsung tentang seluk beluk jamur dan budidayanya dari Bapak Firdaus Ginting, ST. Materi teori yang disampaikan Bapak Firdaus diisi dengan sharing dan pendalaman sejauh apa pengetahuan peserta pelatihan paham tentang jamur. Obrolan yang dikemas dengan nuansa santai tersebut disambut antusias peserta dengan mengajukan berbagai pertanyaan dan pengetahuan tentang budidaya jamur. Tidak lupa, Bapak Firdaus yang dikenal sebagai seorang produsen pembibitan jamur tiram dan kuping menunjukkan beberapa contoh produk jamurnya dan media tumbuh jamur (baglog) beserta dengan analisanya.

Tahapan Budidaya jamur TiramPada sesi selanjutnya, para peserta diberikan kesempatan untuk praktik langsung beberapa tahapan budidaya dan berkeliling lokasi Griya jamur Miselia. Tahapan pertama, peserta praktik tentang pembuatan media tanam (baglog) jamur yang baik dan benar. Pada tahapan ini, peserta melakukan proses mengemas/memasukkan media tanam ke dalam plastik sesuai ukuran. Setelah dimasukkan, proses berikutnya adalah pengepresan media tanam supaya padat. Peserta kemudian diajak masuk ke dalam ruangan inokulasi untuk melakukan proses memasukkan bibit. Arahan praktik budidaya dilakukan langsung oleh Bapak Firdaus dan ditemani tim training Lantabura Media.

Setelah mengetahui proses pembuatan baglog secara rinci, peserta dibawa memasuki ruangan budidaya yang biasa disebut kumbung milik Griya Jamur Miselia. Di lokasi kumbung jamur, Bapak Firdaus menjelaskan tentang bagaimana membuat kumbung yang baik beserta dengan syarat-syarat perawatannya. Proses penyiraman yang menjadi salah satu kunci penting budidaya langsung dipratikkan peserta. Menurut Bapak Firdaus, penyiraman menjadi sangat penting karena jamur (jamur tiram) dikenal sangat sensitif terhadap kadar air. Sehingga, peserta harus memahami tentang kondisi suhu di tempat asal untuk dijadikan sebuah lokasi budidaya.

kunjungan ke petani jamurKunjungan ke petani jamur menjadi tahapan berikutnya yang dijalankan oleh para peserta pelatihan. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada peserta mengenai hasil budidaya dari petaninya langsung. Di lokasi yang tidak jauh dari Griya Jamur Miselia tersebut, Bapak Binuko dan peserta yang lain mendapatkan gambaran tentang budidaya Jamur Tiram, Jamur Kuping, dan Jamur Ling Zhie. Setelah puas berkeliling ke kumbung milik para petani, sesi pelatihan pada hari itu ditutup dengan kesan dan harapan dari peserta pelatihan. “Setelah mengikuti pelatihan budidaya jamur yang diadakan Lantabura Media, ternyata bisa memberikan sebuah alternatif pekerjaan yang bisa langsung diaplikasikan di tempat tinggal saya (Balikpapan),” kata Bapak Binuko.

budidaya jamur tiramLantabura Media saat ini masih membuka kelas pelatihan budidaya jamur berikutnya yaitu pada tangal 18-19 Juli 2011, 22-23 Juli 2011, dan 25-26 Juli 2011. Untuk info lebih lanjut bisa menghubungi customer service di telp. 0274-3000-422 atau datang langsung ke alamat Jln. Baru Mulungan No.15 Gondanganpenen Sendangadi Mlati Sleman Yogyakarta.

tim bisnisUKM

SHARE YUK!