Peluang Bisnis Konsultan Rancang Bangun Bangunan

Untuk liputan dan analisa peluang usaha kali ini, tim bisnisukm bertenu dengan scanline, jasa usaha rancang bangun bangunan yang sudah berjalan lama.

rancang bangun bangunan arsitekScanline Studio terbentuk pada pertengahan 2006, namun usaha jasa yang bergerak dibidang arsitek ini sebelumnya diawali dengan nama computerized sketch studio atas prakarsa Rahmat Yani beserta teman-teman alumninya .

Maret 2007 Rahmat Yani bertemu dengan Dhanik yang saat itu sedang mendapat proyek di Wonosobo, kemudian mereka berdua bergabung membuat usaha ini yang awalnya mereka namakan dengan nama Architect.

Dalam Scanline mereka berdua bertindak sebagai perencana. Kemudian mereka bertemu dengan Seno yang nantinya ditunjuk sebagai pelaksana proyek. Tak lama setelah itu, nama Scanline diambil untuk nama usaha mereka.

Produk yang ditawarkan jasa konsultan rancang & bangun mereka adalah perencanaan, pelaksanaan, 3D Visualisasi dan animasi, Eksterior, Interior, Furniture, Landscape, dan IMB. Keunggulan dari Scanline sendiri adalah jasa mereka yang ditawarkan dalam bentuk paket murah.

Awalnya mereka memang menawarkan produk lengkap yakni dari rancangan gambar, rencana yang detail dan rencana anggaran biaya (RAB) dengan 3D visualisasi. Namun ternyata banyak pemakai jasa mereka tidak membutuhkan hal tersebut, jadi dibuatlah produk mereka dengan sistem paket.

Dengan menggunakan sistem penjualan seperti ini, pemakai jasa mereka dapat memilih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menggunakan Bantuan Software

Didalam perencanaannya, scanline menggunakan beberapa software. Software yang biasa mereka pakai adalah :

1. Autocad : Untuk gambar kerja secara detail dan 3D yang akurat
2. 3Ds Max : Untuk visualisasi objek secara 3 Dimensi dengan tambahan beberapa plugin, seperti vray (virtual Reality) untuk rendering (visualisasi menyerupai nyata), RPC untuk object pendukung Eksterior Kawasan (Landscape) & Poser untuk proporsi manusia.
3. Ulead : Untuk mengedit video animasi
4. Coreldraw & Photosop: Untuk menyempurnakan gambar presentasi
5. SAP & Etabs: Untuk perhitungan struktur, dll

Pemakai jasa atau yang akrab mereka sebut dengan klien biasanya sudah tahu apa yang mereka inginkan. Tugas dari Scanline inilah yang menerjemahkan keinginan dari klien tersebut dengan kondisi lahan milik klien tersebut.

Memang tidak semua keinginan dari klien bisa dipenuhi dengan mempertimbangkan beberapa faktor atas ketidaksinkronan dengan lahan yang ada. Dan biasanya dengan 3 kali pertemuan produk sudah final.

Untuk pertemuan pertama Scanline akan memberikan denah tampak dan pengajuan DP yang besarnya tergantung dari nilai proyek, dan sisanya dibayarkan setelah akhir proyek atau produk 100% jadi.

Jaringan & Iklan yang Utama

Menurut Dhanik, yang dibutuhkan dalam membangun usaha ini adalah jaringan. ”Yang lainnya bisa dipelajari,” ujarnya. Ditanya tentang kesulitan dalam usaha ini, Dhanik memberikan beberapa jawaban sambil tersenyum, “Klien yang susah dikasih masukan kadang menjadi hambatan, dapat DP dari luar kota habis itu ditinggal pergi juga sering terjadi”, katanya.

Promosi usaha konsultan mereka awalnya dilakukan dengan pasang iklan di salah satu surat kabar yang terbit di Jogja. “Efeknya cukup terasa”, imbuhnya. Hal itu yang membuat Scanline mencoba untuk berpromsi lewat media yang mempunyai calon pelanggan lebih spesifik seperti tabloid rumah.

Kebanyakan klien dari Scanline adalah perorangan, sehingga pemasaran jasa mereka agak tersaingi oleh para mahasiswa yang notabene belum lulus. Karena masih mahasisiwa, mereka berani memberikan penawaran harga yang jauh dibawah mereka. “Beda kebutuhan mbak,” katanya sambil tertawa kepada tim bisnisukm.

Asumsi Laba Bersih Usaha Konsultan Rancang & Bangun Rumah per Proyek

Pemasukan
Jasa Konsultan : Rp.3.000.000,00

Pengeluaran
Iklan : Rp. 600.000,00
Listrik, bensin : Rp. 330.000,00
Kertas, cetak, print, jilid : Rp.  60.000,00

Keuntungan
Rp. 3.000.000,00 – Rp. 390.000,00 : Rp. 2.610.000,00

3 Komentar

  1. Kalau yang mau kerjasama di bidang Soil Investigation hub saya, di 0812 630 1527. trims.

Comments are closed.