Peluang Bisnis Mahasiswa, Saatnya Kaum Muda Yang Berkarya

bisnis mahasiswaMemutuskan terjun di dunia usaha sekarang ini tak lagi memandang masalah gender maupun batasan usia. Bahkan, saat ini banyaknya generasi muda yang terjun sebagai wirausaha seolah menjadi trend baru yang menunjukan perkembangan positif bagi kondisi perekonomian di Indonesia.

Munculnya para pengusaha muda khususnya dari kalangan mahasiswa memberikan warna tersendiri bagi pertumbuhan bisnis di negara kita. Meski sampai saat ini pertumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia masih relatif sangat kecil yakni sekitar 1,5% dari jumlah penduduk di Indonesia, namun pertumbuhan aneka macam peluang bisnis yang dijalankan para mahasiswa membawa angin segar untuk menopang kestabilan ekonomi di negeri tercinta.

Berbekal ilmu pengetahuan di bangku perkuliahan dan daya kreativitas yang dimiliki kalangan mahasiswa, tak ada salahnya bila kini Anda turut membangun perekonomian Indonesia dengan menciptakan peluang bisnis mahasiswa, saatnya kaum muda yang berkarya.

Target Pasar yang Bisa Dibidik

Berbeda dengan kalangan pengusaha muda terdahulu, sekarang ini kebebasan untuk berinovasi memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi kalangan mahasiswa untuk menciptakan sebuah peluang usaha. Dengan gairah passion yang mereka miliki, hampir setiap pelaku bisnis dari kalangan mahasiswa memilih ladang usaha dari hobi atau kegemarannya untuk mendatangkan tambahan uang jajan setiap bulan.

Bagi mahasiswa yang memiliki passion di bidang kuliner, bisa mulai mencoba peluang bisnis seputar makanan, minuman, resto ataupun cafe. Sedangkan bagi mahasiswa maupun mahasiswi yang senang bergelut dengan dunia fashion, bisa terjun di bisnis distro atau clothing dengan memproduksi kaos, jaket, sepatu, tas, maupun aksesoris wanita yang pasarnya semakin hari kian menjanjikan untung besar.

Dalam menjalankan peluang bisnis ini Anda bisa membidik target pasar di sekitar Anda seperti misalnya kalangan sesama mahasiswa atau dosen-dosen dan tenaga kerja yang ada di lingkungan kampus Anda. Apabila respon di sekitar Anda cukup bagus, selanjutnya Anda bisa merambah pasar bebas baik di lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

Sebelum akhirnya menekuni dunia usaha, seorang mahasiswa harus bisa mengetahui passion yang dimiliki dan mulai menentukan ide bisnis yang hendak Ia jalankan. Hal ini penting mengingat kebanyakan pengusaha muda masih sering mengandalkan emosi dibandingkan logika yang mereka miliki. Bermula dari kesenangan yang mereka miliki, umumnya pengusaha muda bisa lebih total dalam mengembangkan bisnisnya dan memahami betul kondisi pasar yang ada saat ini.

Sedikitnya ada lima hobi atau passion yang bisa diangkat sebagai peluang bisnis mahasiswa.

  • bisnis untuk mahasiswaPassion di bidang kuliner, tak hanya kalangan ibu rumah tangga saja yang tertarik dengan dunia masak-memasak, seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini sebagian besar passion yang dimiliki anak muda tertuju pada bidang kuliner. Selain peluang pasarnya masih sangat potensial, bisnis kuliner juga memiliki pilihan bisnis yang cukup beragam. Bagi kalangan mahasiswa yang tertarik dengan dunia kuliner bisa mencoba menciptakan inovasi baru seperti misalnya yogurt talas, tempe beton nangka, selai ampas tahu, atau bisnis kuliner lain yang mulai familiar misalnya martabak mini, gerai jus dipinggir jalan, gerai sushi, atau mencoba bisnis restoran, bisnis café, warung lesehan, warung angkringan, dan lain sebagainya.
  • Passion di bidang fashion, tak hanya bidang kuliner saja yang sekarang ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Peluang bisnis fashion khususnya bagi kalangan anak muda belakangan juga cukup melesat, bahkan beberapa merek lokal telah berhasil menembus pasar internasional. Bagi kalangan mahasiswa yang ingin terjun di bidang fashion, bisa mencoba peruntungan di bisnis distro atau clothing, bisnis jilbab dan busana muslim, atau bisa juga menjadi desainer gaun pengantin, dan memproduksi aneka macam aksesoris wanita,
  • Pecandu game, bagi kalangan mahasiswa yang mengaku keranjingan game ternyata juga bisa membuka peluang bisnis dari hobi yang dimiliki. Contohnya saja dengan menjadi game developer, membuka bisnis game online, rental PS (play station), dan lain sebagainya.
  • Passion di bidang pendidikan, bagi sebagian mahasiswa yang memiliki konsentrasi di bidang pendidikan, ternyata ada beberapa peluang bisnis yang bisa dijalankan. Sebut saja seperti bisnis les private pelajaran sekolah, les bahasa inggris, bisnis les sempoa, memberikan kursus melukis, memberikan les bulutangkis, dan lain sebagainya.
  • Hobi dengan binatang peliharaan, memiliki hewan peliharaan memang cukup menyenangkan. Selain menyalurkan hobi yang dimiliki, Anda juga bisa mendatangkan keuntungan dari hobi tersebut. Misalnya saja dengan membuka klinik hewan, membuka pet shop, membudidayakan hewan peliharaan yang Anda sukai seperti budidaya kelinci, ikan, ayam, burung berkicau, dan lain-lain.

Mempersiapkan Bisnis Mahasiswa

Meski Anda memutuskan terjun di dunia usaha ketika masih duduk di bangku perkuliahan, namun sebaiknya jangan pernah melupakan tugas utama Anda sebagai mahasiswa yaitu untuk menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi. Agar kedua peran tersebut bisa berjalan dengan baik, berikut ini kami informasikan beberapa persiapan yang perlu diperhatikan para pengusaha muda.

  1. Persiapan mental untuk menekuni dua peran yang berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan. Kendati pada awalnya Anda menikmati kedua peran tersebut, namun lambat laun banyak pengusaha muda yang mulai jenuh dengan kondisi tersebut. Untuk mengatasi resiko tersebut, sebaiknya siapkan mental Anda dari sekarang dan perkuat motivasi serta tujuan yang Anda miliki.
  2. Tingkatkan skill yang Anda miliki. Untuk bisa sukses di dunia usaha, tentunya Anda tidak hanya membutuhkan modal passion semata. Tingkatkan kemampuan yang Anda miliki agar kedepannya peluang bisnis yang Anda jalankan bisa bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar.
  3. Lakukan riset pasar agar Anda tak salah sasaran. Sebelum akhirnya memutuskan terjun di sebuah ladang bisnis, pastikan bila peluangnya masih terbuka lebar dan produk Anda banyak dibutuhkan oleh pasar.
  4. Persiapkan jaringan dari sekarang. Setelah melakukan riset pasar, selanjutnya persiapkan jaringan bisnis yang hendak Anda jalankan karena kunci sukses dalam berbisnis tergantung dari berhasil tidaknya seseorang membangun dan mengembangkan jaringan. Yang dimaksud jaringan disini tentunya termasuk investor, produsen atau supplier, hingga jaringan pemasaran yang bisa Anda gandeng untuk membesarkan bisnis Anda.
  5. Melek internet untuk membesarkan peluang usaha. Sebagai kalangan terpelajar, sudah sepatutnya bila Anda cukup familiar dengan teknologi internet. Sebab di era digital seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan internet sebagai lapak dagang untuk menghemat modal usaha.

Keuntungan merintis bisnis di bangku kuliah

Selain dimanfaatkan sebagai ajang untuk menyalurkan hobi pribadi, merintis bisnis sejak di bangku kuliah juga mendorong kalangan anak muda untuk belajar mandiri dan menambah sederet prestasi di sela-sela rutinitas utamanya sebagai mahasiswa.

Untuk mengisi waktu luang mereka setelah selesai belajar, para pengusaha muda ini bisa mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulannya, sehingga secara tidak langsung mampu mengurangi beban orang tuanya dalam mengirimi jatah (uang jajan) setiap bulan. Bahkan bila bisnisnya bisa berkembang besar, tidak menutup kemungkinan bila laba usaha yang dihasilkan bisa menutup seluruh biaya kuliah yang mereka butuhkan.

Tak hanya itu saja, dengan membangun bisnis di usia yang relatif masih muda, maka pondasi perusahaan yang Anda rintis juga bisa lebih kuat. Segala sesuatu yang berhubungan dengan suntikan modal pun bisa didapatkan dengan berbagai cara, karena sekarang ini ada beberapa program pemerintah maupun CSR dari perusahaan-perusahaan besar yang sengaja memberikan dana hibah bagi para pengusaha muda khususnya dari kalangan mahasiswa. Tentu kondisi ini memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis mahasiswa, sehingga di kemudian hari bisnis Anda mampu bersaing dengan perusahaan lain milik pesaing.

Kendala Yang Ditemui Ketika Merintis Bisnis Mahasiswa

peluang bisnis mahasiswaTerkadang saking asyiknya menekuni dunia baru, sebagian besar pengusaha muda melupakan tugas utama mereka sebagai seorang mahasiswa. Walaupun sekarang ini bisnis mahasiswa yang sedang dirintisnya telah menghasilkan laba usaha yang cukup besar, namun sebaiknya kita tetap tidak melupakan amanah dari orang tua yang telah mengeluarkan biaya besar untuk membiayai kuliah kita.

Jangan karena merasa telah sukses membangun sebuah usaha, kegiatan kuliah kita menjadi terbengkalai dan bahkan mendapatkan nilai buruk di setiap ujian semester. Untuk mengatasi kendala ini, ada baiknya bila kita memilih peluang bisnis yang tidak menyita banyak waktu dan kedepannya bisa mengatur seluruh kegiatan dengan seimbang agar tanggung jawab Anda sebagai seorang mahasiswa bisa tetap terjaga dan bisnis sampingan yang Anda jalankan bisa berkembang pesat tanpa hambatan yang menghadang.

Strategi Pemasaran Bisnis Mahasiswa

Di tengah persaingan pasar yang semakin sesak, tentunya sebagai pendatang baru Anda dituntut agar bisa lebih agresif untuk menciptakan strategi-strategi jitu. Tingginya bekal pendidikan yang Anda kenyam saat ini serta pengalaman-pengalaman seru yang sering Anda temukan bersama teman-teman seumuran, bisa diangkat sebagai ide-ide baru untuk mempromosikan bisnis Anda. Contohnya saja dengan melibatkan bisnis Anda sebagai sponsor utama di sebuah event atau kegiatan positif lainnya, baik di lingkup kampus maupun di event-event besar yang ada di kota Anda. Melalui strategi ini, secara tidak langsung Anda bisa memperkenalkan produk atau jasa yang Anda pasarkan ke khalayak ramai yang datang ke event tersebut.

Langkah berikutnya yang bisa Anda jalankan yaitu dengan menarik perhatian konsumen melalui social media. Hal ini perlu Anda coba mengingat belakangan ini beragam jenis sosmed mulai familiar dengan kalangan anak muda. Strategi ini bisa Anda jalankan dengan cara membuat fanpage facebook, menggunakan twitter marketing, membuat group di BBM (BlackBerry Messenger), berjualan di instagram, dan lain sebagainya. Untuk menarik minat konsumen khususnya dari kalangan anak muda, Anda bisa mengadakan kuis melalui sosmed tersebut yang kemudian memberikan hadiah voucher atau potongan harga khusus untuk berbelanja di tempat Anda, bagi mereka yang memenangkannya.

Kunci Sukses Bisnis Mahasiswa

Tak hanya kegigihan, keuletan, dan kerja keras semata yang dibutuhkan kalangan mahasiswa untuk bisa sukses merintis usahanya. Diperlukan pula daya kreativitas yang tinggi, jaringan bisnis yang luas, serta passion yang kuat, agar anak-anak muda ini bisa berhasil menjadi bintang di bidang usaha yang mereka geluti. Bahkan, kini sederet pengusaha muda Indonesia tak hanya berhasil menjadi bintang bisnis di negaranya, namun mereka telah berhasil menembus pasar mancanegara dan mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia.

Analisa Ekonomi

Asumsi
Bisnis penjualan barang second (Garage Sale)
Memanfaatkan sistem titip jual, barang dibayar ke penitip setelah laku terjual.
Promosi di situs jual beli online, dan bazaar di sekitar kampus.

Modal awal
Laptop dan modem                                         Rp 3.500.000,00
Smartphone                                               Rp 1.500.000,00+
Total modal                                              Rp 5.000.000,00

Peralatan di atas mengalami penyusutan selama tiga tahun :
1/36 x Rp 5.000.000,00                      =            Rp 138.900,00

Biaya operasional per bulan
Kulakan barang dagangan ke pemasok                       Rp 10.000.000,00
Biaya listrik dan pulsa telepon                          Rp    300.000,00
Biaya modem internet                                     Rp    100.000,00
Biaya transportasi                                       Rp    200.000,00
Biaya kebersihan (sewa tempat di bazaar)                 Rp     50.000,00
Biaya penyusutan per bulan                               Rp    138.900,00+
Total biaya                                              Rp 10.788.900,00

Omzet per bulan
Penjualan gadget bekas rata-rata                         Rp 10.000.000,00
Penjualan sepeda bekas                                   Rp  2.000.000,00
Penjualan produk fashion bekas                           Rp  1.500.000,00+
Omzet per bulan                                          Rp 13.500.000,00
Laba bersih per bulan
Rp 13.500.000,00 - Rp 10.788.900,00          =           Rp 2.711.100,00

ROI (Return of Investment)
(Modal awal : laba bersih per bulan)         =           < 2 bulan

Dengan bekal pendidikan yang dimiliki, tidak menutup kemungkinan bila kedepannya deretan nama pengusaha sukses yang meramaikan pasar Indonesia mulai didominasi oleh kalangan mahasiswa. Mulailah dari yang kecil, mulailah dari yang mudah, mulailah dari sekarang. Maju terus bisnis mahasiswa dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://cfile30.uf.tistory.com/image/132EF6494F9910C033ACCF
2. http://www.taste.com.au/images/recipes/sfi/2010/09/25564_l.jpg
3. http://lllmadison.files.wordpress.com/2010/04/bargains_for_hope_clip_art_ezr.jpg

2 Komentar

  1. sy ingin punya bisnis tapi gak punya produk, kira-kira apa ya bisnis yang tepat buat sy . sy punya waktu diatas jam dua belas….

Comments are closed.