Bisnis Yang Mencerdaskan “Les Privat”

belajar privatUsaha les privat termasuk peluang usaha yang tidak akan pernah mati selama masih ada anak yang bersekolah. Orang tua mana yang tidak ingin anaknya pandai dan cerdas? Sehingga tidaklah mengherankan orang tua si anak tidak segan-segan untuk mengeluarkan biaya hanya untuk mencarikan les tambahan bagi anaknya. Disitulah peluang bisnis yang harus Anda rebut. Walaupun Anda hanya memiliki satu kemampuan di bidang ilmu pengetahuan tertentu, Anda dapat menyewa orang lain atau teman Anda untuk memberikan les kepada konsumen yang meminta Anda. Biasanya, les privat diberikan di luar jam sekolah, baik sore atau malam hari.

Konsumen
Konsumen Anda adalah siswa sekolah dasar, SMP, SMA, atau bahkan perguruan tinggi. Khusus perguruan tinggi, mahasiswa konsumen Anda biasanya meminta les privat berupa bahasa inggris dengan alasan untuk membekali diri mereka untuk bekal mencari pekerjaan ketika mereka lulus, sebab beberapa instansi atau perusahaan biasanya mensyaratkan kemampuan bahasa inggris, paling tidak pasif, untuk dapat menjadi pegawainya.

Info Produk
Usaha les privat biasanya menawarkan beberapa paket pilihan bagi konsumennya. Dari mulai privat semua mata pelajaran, les privat dengan konsen satu mata pelajaran saja, hingga les privat baca tulis Al – qur’an yang akhir – akhir ini banyak dicari para orang tua wali bagi para anaknya.  Sedangkan untuk penentuan harga biasanya ditentukan dari lama mengajar, untuk saat ini biaya les privat dari Rp 25.000,00 / jam hingga ratusan ribu per jam. Semakin banyak siswa yang berprestasi, biasanya tarif seorang tutor akan semakin mahal pula.

Keuntungan usaha
Menjalankan bisnis ini tidaklah terlalu sulit. Dengan bekal ilmu pengetahuan tertentu, Anda sudah bisa membuka usaha ini. Anda tidak memerlukan modal besar untuk menyewa tempat, ataupun membeli peralatan dengan harga yang mahal. Yang Anda butuhkan hanyalah bekal pengetahuan dan ilmu tertentu yang dibutuhkan para siswa. Selain itu usaha ini juga memiliki waktu yang fleksibel, biasanya les privat dimulai di sore hari setelah para siswa pulang sekolah. Jadi pagi hari Anda tetap bisa menjalankan rutinitas Anda sehari – hari, tak heran lagi jika banyak mahasiswa yang menjalankan usaha ini di sela – sele kesibukan kuliah mereka.

Kekurangan usaha
Rintangan yang bisa menjegal Anda dalam usaha ini adalah ketidakmampuan Anda untuk membuat siswa Anda untuk mencapai ranking yang tinggi di sekolahnya sehingga orang tua siswa bisa jadi mencari tutor lain untuk anaknya. Jika pemintaan orang tua anak kepada Anda untuk memberikan les privat dan Anda kesulitan, memilih mencari bantuan tutor lain dengan sistem bagi hasil maka keuntungan tambahan tidak akan menjadi milik Anda lagi karena harus dibagi dua.

Pemasaran
Kesuksesan bisnis ini adalah promosi ke konsumen yang ada di dekat sekolah, karena target pasar usaha ini adalah para siswa. Anda dapat mempromosikannya dengan membagikan brosur maupun pamflet di sekolah – sekolah. Disamping itu strategi promosi dari mulut ke mulut juga dapat membantu pemasaran bisnis ini, semakin banyak orang yang mempromosikan usaha Anda maka semakin besar pula image positif yang tertanam pada konsumen.

Kunci Sukses
Dalam menjalankan usaha ini, hal yang paling penting adalah kesabaran Anda menghadapi anak-anak kecil dan remaja yang Anda ajar. Dengan memahami mereka, Anda dapat mengetahui cara penyampaian materi yang dapat mereka mengerti dengan mudah. Karena tiap anak memiliki cara pemahaman yang berbeda – beda.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Promosi                                    Rp 200.000,00
Buku dan pena                              Rp 100.000,00+
Total                                      Rp 300.000,00

Biaya Operasional
Transportasi                               Rp 150.000,00
Buku dan pena                              Rp 100.000,00+
Total                                      Rp 250.000,00

Omzet satu orang tutor dengan 2 sesi ngajar sehari @ Rp 25.000,00 
2 sesi x @ 25.000,00 x 25 hari             Rp 1.250.000,00

Laba per Bulan 
Rp 1.250.000,00 - Rp 250.000,00       =    Rp 1.000.000,00

Masa Kembali Modal < 1 bulan

Sumber : Team bisnis ukm, buku 121 Peluang Bisnis Terpopuler

Sumber gambar : http://images03.olx.co.id/ui/2/55/72/32795372_1.jpg

19 thoughts on “Bisnis Yang Mencerdaskan “Les Privat””

  1. sy sudah menjalankan bisnis ini, tapi saya tidak berani ambii untung banyak jadi hanya kembali modal saja. yang saya besarkan gaji gurunya.

  2. saya berada diwilayah kalimantan timur ingin membuka usaha les privat dengan luas tempat les 4mx4m, mohon petunjuk agar uasaha les privat saya sukses!

  3. tambah sikit lagi boleh ya… Karena siswa yang daftar di tempat saya cukup banyak maka jadwal belajar diatur sedemikian, satu hari minimal 15 siswa (jangan lebih, berhubung rumah saya gak besar). Untuk yang les komputer (karena komputernya cuma 2) maka tiap satu jam 2 orang.Jadi satu hari mulai dari jam 3.00 sampai jam 6.00 sore bisa dipakai oleh 6 orang siswa. Modul belajar komputer saya buat dengan cara download dari Internet…he…he…ketahuan copy paste. (ada lanjutan tapi besok-besok ya) saya udah ngantuk neh… oh ya saya tinggal di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara 90 km dari Medan.

  4. saya mau sharing ya..saya tinggal di sebuah desa yang agak jauh dari kota kabupaten.Di daerah itu bayak anak-anak sekolah, tapi mereka gak bisa les yang lokasi amat jauh. Biaya les dan transport itu jadi perhitungan para orang tua. maka saya punya ide untuk buka les: Bahasa Inggris, MM, IPA dan Komputer. Maka rumah saya pun disulap jadi tempat les. Marketingnya; saya datangi rumah warga sekitar satu persatu sambil sebar brosurnya. alhasil banyak siswa berduyun-duyun datang mendaftarkan diri. Harga yang saya patokkan sesuai dengan penghasilan orang tua siswa. les MM, IPA dan B.Inggris Rp 1.500 per jam, komputer Rp 2000 per jam (komputer cuma 2). Satu hari siswa yang belajar minimal 15 orang. Les yang saya buka bersifat privat jadi gak perlu ada ijin dari Diknas. Kalau anda tinggal di kota masalah biaya bisa ditetapkan dari siapa yang menjadi customer Anda.Bisa dari kemampuan orang tua, dan kualitas yang Anda berikan. Murah bukan berarti murahan lo ya…Saran saya pakai strategi Niche Marketing, artinya customer yang tidak dilayani oleh les-les atau privat lainnya.(0899 4715 997)

  5. Saya telah menekuni bidang ini, dan saya berencana ingin mengembangkannya dengan membuka tempat les2an. saya harus memulainya dari mana dulu nih dan persiapannya apa saja, mohon sarannya hub di no 085225102136? Tq

  6. tambahan.
    mohon sarannya untuk masalah biaya les per pertemuan untuk les komputer. kira2 berapa c?
    dan apa resiko2 nya?

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba