Peluang Bisnis Olahraga Dari Modal Kecil Sampai Besar

Peluang bisnis olahraga saat ini makin menjanjikan. Sebab makin banyak orang yang sadar akan pentingnya kesehatan dan gaya hidup yang lebih baik. Mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah banyak yang menjadikan olahraga sebagai kebutuhan pokok. Selain itu olahraga juga bisa dikatakan sebagai gaya hidup yang bergengsi.

Peluang Bisnis Olahraga

Peluang Bisnis Olahraga Dari Modal Kecil Sampai Besar
startuptipsdaily.com

Maka dari itu peluang bisnis olahraga menjadi sangat terbuka lebar dan bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Mulai dari modal kecil sampai modal besar peluang bisnis olahraga bisa dikembangkan. Apakah kamu pecinta olahraga? Atau malah memang atlet dalam bidang olahraga tertentu? Manfaatkan peluang bisnis olahraga ini dengan sebaik mungkin.

Mulai dari modal kecil sampai besar kamu bisa menjadikan peluang bisnis olahraga yang bisa mendatangkan keuntungan menjanjikan. Sebenarnya modal utama untuk menjalankan bisnis olahraga adalah kecintaan dan pemahaman kamu tentang olahraga itu sendiri.

Kamu mengartikan olahraga seperti apa? Bidang olahraga apa yang memang kamu pahami? Seberapa cintakah kamu dengan dunia olahraga? Ketika kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut maka kamu adalah orang yang tepat untuk mulai menjalankan bisnis olahraga.

Bisnis olahraga pada dasarnya tidak akan mati dan tidak akan pernah kehilangan konsumen. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa olahraga sudah menjadi bagaian dari kehidupan seseorang. Ketika kamu jeli dengan peluang yang ada maka dari bisnis olahraga ini kamu bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Ketika kamu punya hobi dan menguasai bidang olahraga tertentu, bukan hanya menyehatkan tapi sudah pasti ada peluang bisnis yang menjanjikan. Bisa diambil contoh olahraga paling terkenal sejagat raya adalah sepakbola. Berdasarkan laporan dari Deloitte seperti dipublikasikan BBC, keuntungan sepakbola di Eropa pada tahun 2016 sampai 2017 sebesar 14,7 EUR atau sekitar Rp235 triliun. Nominal yang sangat besar bukan?

Ide Bisnis Olahraga

Jadi sebagai pecinta olahraga kira-kira bisnis olahraga apa yang akan kamu jalankan? Masih bingung? Tenang saja! Kali ini Bisnis UKM akan mengulas beberapa ide bisnis olahraga yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha. Kira-kira apa saja ya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Bisnis Perlengkapan Olahraga

Bisnis Perlengkapan Olahraga
istockphoto.co

Membuka sebuah toko olahraga bisa jadi impian banyak pecinta olahraga. Bayangkan saja, hampir setiap jenis olahraga pasti memerlukan perlengkapan olahraga. Mulai dari pakaian olahraga, peralatan olahraga seperti bola atau pun raket, dan juga aksesoris olahraga. Dengan membuka toko perlengkapan olahraga, kamu tidak hanya memfasilitasi satu jenis olahraga, tapi bahkan banyak jenis olahraga. Apalagi jenis olahraga sangat beragam, mulai dari yang banyak peminatnya seperti sepakbola, basket dan voli hingga yang peminatnya terbatas seperti sepak takraw atau pun hoki.

Kamu juga bisa membuka toko olahraga khusus di satu tema olahraga saja. Misalnya kamu adalah pecinta olahraga bela diri, kamu bisa membuka toko olahraga khusus bela diri. Olahraga jenis bela diri juga sangat banyak. Mulai dari karate, judo, pencak silat, jiu-jitsu, muaytahi, boxing, dan lainnya. Dari satu tema olahraga ini kamu bisa sediakan segala perlengkapan dan peralatan yang biasanya para pecinta olahraga bela diri butuhkan.

2. Sewa Arena Olahraga

Sewa Arena Olahraga
ventessex.c

Semakin hari, arena olahraga yang difungsikan sebagai fasilitas publik gratis seperti lapangan sepakbola dan trek atletik semakin terkikis. Itulah kenapa semakin banyak fasilitas olahraga komersil dibangun di berbagai daerah. Arena olahraga seperti lapangan futsal, basket, kolam renang, dan gym menjadi salah satu peluang bisnis dalam industri olahraga. Tetapi besarnya peluang bisnis arena olahraga ini belum sebanding dengan fasilitas yang tersedia. Bisa diambil contoh gym.

Menurut CEO Gold’s Gym Indonesia seperti diberitakan Kompas, jumlah ketersediaan pusat kebugaran masih sangat kecil, hanya sekitar 1 persen. Peluang bisnis sewa arena olahraga ini jelas masih sangat terbuka lebar! Kalau kamu punya modal yang cukup besar, kamu bisa membuat arena olahraga yang disewakan. Bisa lapangan futsal, kolam renang, gym, sasana bela diri, lapangan badminton, dan lainnya.

3. Konsultan Olahraga

leadersinsport.com

Bisnis konsultan olahraga ini cocok bagi kamu yang memiliki keahlian dalam satu aspek yang berhubungan dengan olahraga. Seorang konsultan olahraga bekerja sama dengan atlet profesional untuk mengurusi berbagai aspek seperti kesehatan, personal branding, dan berbagai kerjasama profesional. Atlet-atlet besar dari berbagai bidang olahraga di dunia tidak bisa terlepas dari peran konsultan olahraga untuk meningkatkan karir mereka. Buat kamu yang berminat menekuni peluang bisnis sebagai konsultan olahraga, siapkan diri sebaik-baiknya ya!

4. Trainer Olahraga

townnews.com

Peluang bisnis di bidang olahraga yang satu ini tidak memerlukan modal besar, cukup manfaatkan keahlian yang kamu miliki. Peluang ini cocok untuk kamu seorang atlet atau pun kamu yang memang memiliki sertifikasi kepelatihan di berbagai bidang olahraga. Tidak hanya trainer untuk gym, bisa juga trainer untuk berbagai jenis olahraga lainnya. Misalnya trainer untuk olahraga Brazilian Jiu-Jitsu yang saat ini makin banyak dicari karena olahraga tersebut merupakan olahraga yang bergengsi di banyak negara dunia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sangat tertarik dengan olahraga tersebut.

5. Tempat Nobar

kumparan.com

Kamu punya sebuah cafe atau coffee shop dan ingin melebarkan bisnis kamu dengan membuka bisnis dalam bidang olahraga? Manfaatkan saja cafe atau coffee shop kamu menjadi arena nobar acara olahraga! Tidak perlu repot membuka ruang baru dan menyusun rencana bisnis. Kamu hanya perlu menyiapkan strategi pemasaran yang tepat untuk arena nobar. Pendukung olahraga sepakbola dan balap motor MotoGP biasanya yang paling sering mengadakan acara nonton bareng. Dijamin cafe atau coffee shop Kamu selalu ramai dan laris!

6. Membuat Aplikasi Olahraga

alicdn.com

Saat ini smartphone telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang tak terpisahkan dengan berbagai kegiatan sehari-hari. Hal tersebut juga berlaku untuk aktivitas olahraga yang kini telah berkembang menjadi gaya hidup. Bila diperhatikan, saat ini banyak pembuat aplikasi di smartphone yang juga membuat berbagai aplikasi olahraga. Mulai dari aplikasi penghitung jarak lari, aplikasi untuk senam aerobik di rumah, hingga aplikasi penghitung kalori yang terbakar selama melakukan aktivitas olahraga. Ini tentu sebuah peluang menggiurkan bagi para pengembang perangkat lunak sekaligus pecinta olahraga. Kalau kamu belum menguasai bidang pengembangan perangkat lunak, kamu bisa sebagai pencetus dan perancang ide. Kemudian bekerjasama atau menyewa jasa pengembang untuk menciptakan aplikasi olahraga.

7. Bisnis Merchandise Olahraga

secondhandapp.com

Hampir setiap bulan selalu ada acara olahraga yang digelar di berbagai daerah di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Mulai dari olahraga badminton, basket, sepakbola, hingga olahraga yang lebih sedikit peminatnya seperti atletik atau lari marathon. Setiap ajang olahraga tersebut sebetulnya peluang besar bagi kamu yang tertarik berkecimpung di bisnis olahraga ini. Kamu bisa menawarkan berbagai merchandise olahraga baik untuk penonton ataupun para pesertanya. Mulai dari pernak-pernik seperti syal, topi, mug, kaos, gantungan kunci, topi, hingga tas semua bisa menjadi komoditi yang menarik bila dihubungkan dengan olahraga tertentu. Pastikan kemasan produk merchandise juga menarik ya.

Itulah beberapa ide bisnis olahraga yang bisa kamu jadikan referensi untuk menjalankan sebuah bisnis. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Ikuti terus artikel bisnis modal kecil lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis ya!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba