Usaha Rumahan Salad Buah Simpel Untungnya Super

Usaha rumahan salad buah bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Salad buah adalah samilan sehat serta lezat yang banyak disukai oleh orang-orang. Alasannya karena camilan sehat yang satu ini menawarkan rasa yang komplit mulai dari manis dan asamnya buah-buahan serta saus mayones dan parutan keju yang bisa mengenyangkan.

Usaha Rumahan Salad Buah Simpel Untungnya Super
pinimg.com

Usaha Rumahan Salad Buah

Salad buah kini makin banyak digemari oleh pecinta kuliner sehat terutama dari kalangan anak-anak muda. Biasanya salad menjadi hidangan pencuci mulut tapi kali ini salad buah sudah menjadi camilan sehat yang bisa menggambarkan gaya hidup seseorang. Camilan sehat ini menjadi sangat tren dengan makin banyaknya orang yang mengonsumsi suatu hidangan makanan bukan hanya untuk kebutuhan perut tapi juga kebutuhan konten di media sosial.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha rumahan yang menjanjikan. Usaha rumahan salad buah bisa kamu jalankan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Untuk memasarkan produk usaha rumahan salad buah yang akan kamu jalankan juga tidak sulit. Sebab media sosial saat ini menjadi alat pemasaran yang murah sekaligus efektif untuk memasarkan sebuah produk.

Apa lagi untuk produk salad buah dengan tampilannya yang menarik akan sangat potensial dipasarkan di media sosial. Seperti yang sudah dibahas bahwa segmen paling potensial untuk produk salad buah ini adalah kalangan anak-anak muda yang kebanyakan dari mereka adalah pengguna aktif media sosial. Jadi manfaatkanlah dengan baik peluang dan kesempatan ini untuk makin meyakinkan diri memulai usaha rumahan salad buah.

Salad Buah

Salad Buah
cdn02.indozone.id

Untuk memproduksi salad buah juga mudah dan tidak rumit. Dengan teknik dasar sederhana seperti memotong-motong kecil buah-buahan yang akan dijikan bahan untuk salad buah, kemudian mencampurkan saus dengan takaran yang pas supaya rasanya tidak membuat enek di mulut. Kemudian menambahkan taburan parutan keju dan mengemasnya dengan pengemas yang cantik. Dan memasarkannya ke target konsumen yang disasar. Itulah teknik sederhana yang kamu lakukan untuk menjalakan usaha rumahan salad buah.

Hal yang juga kamu harus perhatikan adalah menjaga cita rasa dari salad buah yang kamu jual. Sebab kualitas rasa adalah modal utama yang akan menjadikan salad buah yang kamu jual bertahan secara konsisten di pasaran. Bukan hanya dari tampilan saja yang menarik, tapi rasa juga harus konsisten agar konsumen tidak lari.

Apakah kamu tertarik untuk memulai usaha rumahan salad buah? Buat kamu yang tertarik kali ini Bisnis UKM akan mengulas secara lengkap mengenai analisa usaha rumahan salad buah. Mulai dari jenis buah apa saja yang cocok untuk dijadikan salad, cara membuatnya, perhitungan modal, serta perhitungan keuntungan yang kamu dapatkan dari usaha rumahan salad buah. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pilihan Buah Untuk Salad Buah

Pilihan Buah Untuk Salad Buah
cookingwithkarli.com

Hal yang harus kamu ketahui adalah bahwa tidak semua buah cocok untuk menjadi bahan salad buah. Perimbangannya adalah dari paduan rasa dan tekstur buahnya. Beberapa pilihan buah yang cocok untuk dijadikan salad buah antara lain adalah sebagai berikut.

Apel

Akan sangat aneh ketika buah apel tidak menjadi salah satu buah yang adal dalam camilan sehat salad buah. Bisa dikatakan apel adalah buah yang wajib ada dalam sajian salad buah.

Pir

Buah pir punya kandungan serat yang tinggi serta mengandung senyawa anthocyanin yaitu senyawa yang bisa mengurangi risiko penyakit kanker. Tekstur buah pir pada dasarnya mirip dengan buah apel. Maka dari itu pir sangat cocok untuk dijadikan salad buah.

Strawberry

Buah ini punya ciri khasnya dengan rasa lezat dan segar membuat strawberry akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai salah buah. Selain itu buah strawberry juga kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Anggur. Kandungan antioksidan pada anggur, membuat buah tersebut sangat bagus untuk menangkal radikal bebas. Selain itu anggur juga sangat cocok menjadi salah satu campuran buah pada salad.

Pepaya

Tidak hanya menjadi salah satu jenis buah yang bisa melancarkan penceraan. Pepaya juga cocok untuk dijadikan campuran salad buah. Rasanya yang tidak terlalu manis akan sangat cocok.

Mangga

Buah yang khas dengan rasa asam manis membuat buah mangga menjadi pelengkap kenikmatan salad buah. Asalkan buah mangga sudah dalam keadaan matang jadi teksturnya tidak terlalu keras.

Melon

Buah melon bisa menjadi buah yang bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi karena kandungan di dalamnya yang kaya akan kalium dan serat. Rasa manis dan segarnya buah melon akan menjadi pelengkap sajian salad buah.

Jeruk

Buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin C ini rasanya benar-benar menyegarkan mulut. Rasa asam dan manisnya pas. Maka dari itu jeruk menjadi bahan campuran salad buah yang cocok.

Semangka

Buah dengan kandunagn airnya yang banyak ini sudah pasti akan sangat menyegarkan rasanya. Kesegarannyalah yang menjadikan semangka sangat cocok untuk salad buah.

Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, seperti Vitamin A, B6, B12, dan E. Rasa asam nan manis dari kiwi menjadi pelengkap rasa lezat salad buah.

Bahan dan Langkah Membuah Salad Buah

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian salad buah. Selain itu akan diulas juga bagaimana langkah-langkah untuk membuat salad buah.

Bahan

– 10 jenis buah-buahan seperti yang sudah disebutkan di atas

– Yogurt

– Susu kental manis

– Garam

– Agar-agar

– Keju

– Minyak Zaitun

– Saus Mustard

– Kuning telur

– Air dari perasan jeruk nipis

Peralatan dan Perlengkapan Lain

– Mangkok kecil

– Pisau

– Mangkok berukuran sedang 

Cara Membuat

1. Buatlah terlebih dahulu sausnya dengan cara siapkan wadah dan masukkan kuning telur serta saus mustard.

2. Kocok dengan mixer kecepatan rendah.

3. Masukkan garam. Kocok lagi sembari menuangkan minyak zaitun sedikit demi sedikit.

Saat adonan sudah mengental, tuang air jeruk nipis dan kocok lagi.

4. Setelah saus mayones sudah jadi, siapkan buahnya. Potong buah dan agar-agar dengan ukuran kecil berbentuk dadu.

5. Masukkan buah-buah yang sudah dipotong ke dalam mangkok kosong berukuran sedang.

6. Tuang mayones ke mangkok kecil beserta yoghurt dan susu kental manis.

7. Aduk semua bahan sampai tercampur merata.

8. Tuang saus mayones ke mangkok besar yang sudah terisi potongan buah dan agar-agar.

9. Taburkan parutan keju di atasnya.

10. Salad buah siap disajikan.

Hal yang perlu kamu perhatikan, campurkanlah saus dan taburan parutan keju ketika salad buah akan dikonsumsi atau dipesan oleh konsumen. Supaya salad buah tidak basi. Simpanlah potongan buah-buahan di dalam kulkas supaya tetap segar.

Modal Awal

Modal Awal
life-in-the-lofthouse.com

Berikut ini perkiraan perhitungan modal awal yang kamu keluarkan untuk memulai usaha rumahan salad buah. Harga yang akan dicantumkan berikut ini merupakan harga yang ada di market place. Simak perhitungan selengkapnya berikut ini.

– Susu Kental Manis 2 pcs x Rp 10.000                      = Rp 20.000

Kemasan Salad Buah 650ml 100pcs x Rp 2.000  = Rp 200.000

 – Yogurt 1000ml 1 x Rp 40.000                                    = Rp 40.000

– Agar-Agar 1 Dus (Isi 12 Sachet) x Rp 40.000         = Rp 40.000

– Keju 2kg 1 buah x Rp 165.000                                    = Rp 165.000

– Minyak Zaitun 500ml 1 x Rp 95.000                        = Rp 95.000

– Saus Mustard 250gr 2 x Rp 32.000                          = Rp 64.000

– Jeruk Nipis 500gr 1 x Rp 15.000                                = Rp 15.000

– Telur 2kg 1 x Rp 48.000                                                = Rp 48.000

– Sendok Plastik 100pcs 1 x RP 12.000                      = RP 12.000

– Wadah Besar 2pcs x Rp 25.000                                 = Rp 50.000

– Talenan 1 x Rp 5.000                                                     = Rp 5.000

– Pisau 2 x Rp 10.000                                                        = Rp 20.000

– Semangka 10kg                                                              = Rp 50.000

– Strawberry 2kg                                                               = Rp 60.000

– Jeruk 2kg                                                                           = Rp 40.000

– Pir 2kg                                                                                = Rp 50.000

– Pepaya 10kg                                                                    = Rp 50.000

– Kiwi 2kg                                                                             = Rp 100.000

– Apel 2kg                                                                            = Rp 50.000

– Anggur 1kg                                                                       = Rp 60.000

– Melon 10kg                                                                      = Rp 50.000

– Mangga 2kg                                                                     = Rp 70.000

Total Modal Awal                                                             = Rp 1.354.000

Perhitungan Keuntungan Usaha Rumahan Salad Buah

Modal awal yang telah dirinci di atas untuk memproduksi 100pcs salad buah dengan patokan harga Rp 30.000 untuk setiap pcsnya. Maka perhitungan keuntungannya adalah sebagai berikut.

Pemasukan dari Penjuaan Rp 30.000 x 100pcs = Rp 3.000.000

Laba = Pemasukan Penjualan – Modal Awal

Maka Laba =  Rp 3.000.000 – Rp 1.354.000

Keuntungan yang kamu dapatkan = Rp 1.646.000

Itulah analisa usaha rumahan salad buah yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai usaha. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha Anda #NaikKelas! Simak terus tulisan menarik tentang usaha rumahan lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke rekan Anda yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan usaha.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba