Inspirasi Bisnis, Video Bisnis

Meraih Manisnya Keuntungan Dari Usaha Salad Buah

jualan salad buah

Usaha salad buah merupakan pilihan usaha yang sangat menarik untuk dijalankan. Mengapa begitu? Saat ini salad buah sangat digemari oleh kalangan masyarakat Indonesia. Kehadiran salad buah menjadi salah satu cara baru untuk menikmati buah dengan cara yang lebih unik dan tidak membosankan.

Mungkin bagi sebagaian orang bosan menikmati buah-buahan dengan cara yang itu-itu saja tanpa adanya variasi. Hal ini tentunya bisa menjadikan peluang bisnis untuk anda dalam menciptakan kreasi dan inovasi mengolah buah-buahan. Salah satunya adalah dengan membuat salad buah.

Salad buah merupakan campuran buah-buahan segar yang ditambahkan dengan saus spesial dan taburan topping. Salad biasanya dinikmati sebagai menu makanan penutup atau dessert. Bapak kedokteran dunia, Hippocrates percaya bahwa salad buah merupakan makanan yang mudah dicerna dan memiliki efek pembersihan.

Di zaman Raja Louis XIV dari Perancis pada abad ke 17, ada tulisan mengenai salad yang berbunyi : “Aku perintahkan makan salad kepada semua orang yang mempercayaiku karena salad menyegarkan tanpa membuat lemah, dan menenangkan tanpa mengganggu, yang sering kusebut sebagai pembuat awet muda.” Kutipan tersebut sekedar menggambarkan bahwa salad merupakan makanan yang mewah dan sangat bergengsi, karena menjadi hidangan penting bagi kalangan aristokrat.

Analisa Usaha Salad Buah

Manfaat Dari Salad Buah

Salad buah ini tidak hanya enak untuk dikonsumsi. Namun juga aman untuk dikonsumsi karena banyaknya kandungan vitamin, mineral, antioksidan, nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Diantaranya :

  1. Buah merupakan sumber gula yang alami dan sederhana. Rendahnya kalori dan banyaknya vitamin menjadikan buah sangat baik untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh.
  2. Buah menyediakan banyak serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu saja buah yang kaya akan vitamin sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan.
  3. Merawat kesehatan kulit dan membantu untuk memperlambat proses penuaan. Meremajakan kembali sel-sel dan jaringan tubuh. Sehingga membuat awet muda dan sehat.
  4. Buah juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat menangkal radikal bebas. Sehingga dipercaya untuk menangkal penyakit kanker, membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit dengan memperbanyak sistem kekebalan tubuh.
  5. Membantu menghambat berbagai penyakit seperti osteoporosis, kanker usus, penyakit alzheimer dan menunkan resiko rambut rontok.

Konsumen

Menu salad buah disukai banyak orang, dari mulai anak kecil, pelajar, mahasiswa, hingga orang tua. Menunya yang sehat banyak dicari para orang tua untuk mengajarkan anak – anaknya untuk mengkonsumsi buah. Selain itu harganya yang murah, juga disukai para anak muda khususnya para mahasiswa yang ada di sekitar lokasi usaha salad buah.

reds salad buah

Info Produk

Salad merupakan campuran dari potongan-potongan bahan makanan yaitu buah-buahan atau sayuran yang biasa dicampur dengan susu, sirup, ataupun yogurt. Namun untuk lidah orang Indonesia, sajian salad tadi terasa masih asing. Seorang pebisnis baru pun coba mengolah sajian salad buah menjadi sajian salad yang pas dengan lidah orang Indonesia.

Daru Dewanto, mulai memperkenalkan salad buahnya pada Juli 2009 lalu. Dari hasil eksperimen, saladnya mulai dijadikan ladang untuk berbisnis. Peluang bisnis salad buahnya itu, dapat kita jumpai di pinggiran jalan Perumnas Seturan Depok Sleman Yogyakarta. Buka mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam dengan dibantu 1 asistennya. Ternyata tanggapan masyarakat akan bisnis kulinernya tersebut cukup baik. Potongan buah yang terdiri dari melon, semangka, nanas, strawberry, anggur dan nata de coco ini, ia tambahkan susu, sirup, cokelat, perasa buah alami yang dibuatnya sendiri. Maka tak heran jika pada musim panas seperti sekarang ini sangat laris. Harga yang ditawarkan mulai Rp 5500 untuk salad buah original, Rp 6500 untuk salad pilihan rasa dan Rp 7000 untuk salad special.

Kelebihan Usaha

Menunya yang unik dan lain daripada yang lain, sehingga memberikan nilai lebih untuk usaha ini. Hal ini berhasil menarik minat para konsumen yang penasaran dengan menu salad buah, karena biasanya yang sering ditemukan konsumen di pasaran hanya sop buah saja. Menu salad buah masih belum banyak di pasaran, sehingga persaingan usaha di bidang yang sama masih kecil.

Kekurangan Usaha

Cuaca yang sering hujan, dapat mempengaruhi penjualan salad buah. Biasanya di musim hujan, penjualan akan sedikit menurun dibandingkan penjualan di musim kemarau yang panas. Selain itu bahan baku buah – buahan cepat busuk, jadi harus pintar – pintar untuk mengatur stok bahan baku. Jangan sampai sisa dan busuk, namun juga jangan sampai kurang.

Pemasaran

Dan kini, genap 1 tahun ia mulai merasakan keberhasilannya dengan membuka cabang baru di daerah Paingan. Dalam memulai peluang bisnis salad buah ini,  yang dibutuhkan mahasiswa lulusan Komunikasi ini adalah kesiapan mental dan modal. Dengan cara membagi-bagikan hasil racikan saladnya kepada orang-orang, itulah strategi promosi yang dilakukan oleh Daru untuk menarik konsumen. Selain itu Ia menggunakan banner dengan gambar menu salad buah yang lezat, sehingga banyak orang yang tertarik untuk mampir membeli saladnya.

Kunci sukses

Konsistensi rasa yang lezat, kreasi sajian dan pelayanan yang baik itulah kunci sukses keberhasilan bisnis saladnya. Ia selalu melayani pengunjungnya dengan ramah, agar tercipta hubungan baik dengan para pelanggannya.

 

Analisis Ekonomi

Modal awal
Gerobak                               Rp 2.100.000,.
Meja, kursi                           Rp   600.000,.
Terpal                                Rp    75.000,.
Blender 2 buah @ Rp 500.000,.         Rp 1.000.000,
Termos                                Rp   125.000,.
Peti es gabus 2buah @RP 7500,.        Rp    15.000,.
Galon air                             Rp    50.000,.
Perlengkapan                          Rp   300.000,.
Bahan baku awal                       Rp   300.000,.
Sewa tempat                           Rp   300.000,.+
Jumlah                                Rp 4.865.000,.

Biaya operasional / bulan
Pembelian bahan baku
(Rp 200.000,. x 30 hari )             Rp 6.000.000,.
Gaji karyawana 1 orang                Rp   850.000,.
Listrik                               Rp   100.000,.
Lain-lain                             Rp    50.000,.+
Jumlah                                Rp  7.000.000,.

Pemasukan
Omset / bulan
(50 porsi x Rp 6000,. x 30 hari )     Rp  9.000.000,.

Laba bersih / bulan
(Rp 9.000.000 ,. – Rp 7000.000,.)     Rp  2.000.000,.

BEP
(Rp 4.865.000,. : Rp 2000.000,.) =  < 3 bulan

Tips Merintis Usaha Salad Buah

Usaha salad buah memang patut untuk dicoba menjadi peluang usaha karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan menjadikan makanan ini sehat dan aman untuk dikonsumsi. Maka tak heran jika peminatnya kian banyak saat ini. Inilah lyang menjadi alasan usaha ini peluang usaha yang memiliki prospek yang cerah. Namun sebelum memulai dalam merintis usaha salad buah ini ada beberapa hal yang menjadi perhatian, diantaranya sebagai berikut :

  1. Tentukan rincian lengkap analisa usaha dan apa saja yang dibutuhkan dan siapkan modal usaha yang dibutuhkan tentunya.
  2. Siapkan inovasi dan kreasi salad buah anda dan buat keunggulan salad buah anda dengan lainnya.
  3. Siapkan kemasan dengan desain yang menarik dan unik untuk membantu menyempurnakan produk anda. Kemasan ini sangat berperan penting untuk membantu menarik para pelanggan.
  4. Lakukan tester racikan salad buah anda sebelum menjualnya. Hal ini untuk meminimalisir gagalnya produk dengan inovasi rasa yang dibuat.
  5. Lakukan promosi terlebih dahulu baik offline maupun online. Anda bisa menawarkan melalui tetangga atau menitipkannya pada warung-warung untuk langkah awal. Kemudian anda juga bisa mengenalkan  produk anda melalui media sosial seperti instagram, youtube, whatasapp atau facebook.
  6. Ketika anda sudah mulai akan melebarkan sayap usaha anda, langkah selanjutnya dengan memilih lokasi usaha yang cocok dan strategis untuk usaha.
  7. Setelah mendapatkan lokasi usaha yang memiliki prospek bagus selanjutnya adalah membuka kedai dan berikan beberapa promosi seperti diskon atau kupon pembelian.
  8. Langkah terakhir ketika usaha anda sudah semakin ramai dan sukses, saatnya untuk perlahan mengembangkan bisnis anda dengan membuka cabang usaha diberbagai tempat yang ramai.

Sumber gambar : tim bisnisUKM