Peluang Bisnis Sampingan Beternak Ayam Kampung

ternak ayam kampungPeluang bisnis di bidang ternak sebagai bisnis sampingan sekarang ini memang masih terbuka lebar. Kebutuhan masyarakat akan makanan hewani beserta turunannya juga masih sangat tinggi dan akan terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu jenis hewan yang sampai dengan saat ini masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat adalah ayam kampung.

Menjalankan bisnis sampingan di bidang ternak adalah bisnis yang paling mudah untuk dilakukan siapa saja termasuk para karyawan di sela-sela waktu luang setelah pulang bekerja. Selain mudah untuk dilakukan, bisnis sampingan bidang ternak ini juga merupakan peluang bisnis sampingan di rumah yang bisa dibidik oleh para pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga dalam jumlah atau skala tertentu.

Baca Juga Artikel Ini :

Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung

Peluang bisnis sampingan beternak ayam kampung ini dikatakan mudah karena ternak ayam hanya membutuhkan perhatian pada saat memberi makan saja, yaitu di pagi dan sore hari. Ternak ayam di rumah tentu saja jumlahnya menyesuaikan dengan berapa luas area pekarangan rumah yang dimiliki di rumah. Jika Anda ingin memulai bisnis ternak ayam kampung di rumah sebagai bisnis sampingan maka berikut ini adalah tahapan-tahapan yang perlu Anda perhatikan.

Perencanaan

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ternak adalah menentukan suatu perencanaan. Ketahuilah terlebih dahulu mengenaiilmu dasar budidaya ayam secara garis besar, karena setiap bisnis pasti mempunyai resiko tidak terkecuali ternak ayam. Resiko yang paling berat adalah resiko kematian yang terjadi secara mendadak, biasanya disebabkan oleh penyakit flu burung dan gumboro.

Jika ternak ayam Anda di area sekitar rumah dan berdekatan dengan pemukiman maka pastikan ayam-ayam Anda divaksinasi dan kandang juga harus disterilisasi secara rutin dengan disinfektan. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa meminta penyuluhan kepada petugas peternakan mengenai budidaya ternak ayam kampung sehingga dengan mudah Anda dapat melakukan perencanaan peternakan secara teliti.

Penyediaan Kandang Ternak

Buatlah kandang ternak ayam kampung dengan ukuran 1 meter persegi dengan diisi 7 ekor ayam kampung, itu adalah ukuran yang optimal jika Anda ingin memelihara ayam kampung dengan sistem full kandang.

Kandang yang baik untuk memelihara ayam kampung adalah model ren atau postal dimana kandang tidak perlu dilapisi oleh litter, karena pemeliharaan ayam kampung lebih lama jika dibandingkan dengan ayam broiler.

Kandang model ren adalah kandang ayam dengan sebagian kandang diberi atap dan sebagiannya lagi dibiarkan terbuka. Bagian kandang yang tertutup itulah yang biasa digunakan oleh ayam kampung berteduh dan tidur dan bagian yang terbuka digunakan untuk makan dan bermain.

Pembelian Bibit Ayam

Bibit ayam adalah anak ayam yang berumur sekitar 1 sampai 7 hari yang biasa disebut juga dengan DOC (Day Old Chick). Untuk budidaya ayam kampung, sebaiknya jangan membeli bibit ayam yang masih DOC tetapi belilah bibit ayam yang sudah dalam keadaan dara karena perawatannya jauh lebih mudah dibandingkan dengan DOC. Dimana untuk bibit ayam yang masih DOC itu harus diberi pakan khusus, harus divaksinasi dan harus dihangatkan.

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnis sampingan beternak ayam kampung ini adalah pemeliharaan, kesehataan, penanganan saat panen dan pasca panen.

Nah, itulah beberapa tahapan yang penting untuk pelaku bisnis perhatikan dalam membudidayakan ternak ayam kampung. Semoga ide bisnis ini dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan besar bagi Anda. Selamat mencoba dan Salam sukses!

Anda Peternak Ayam, Kelompok Tani, Koperasi, Pedagang Besar?

Jual Bibit Ayam DOC atau Ayam Siap Panen?

Pastikan Bahwa Anda Telah Memiliki Profil Bisnis di Direktori BisnisUKM.com

Info Iklan Hub: 0812-1511-1415

Sumber gambar : http://1.bp.blogspot.com/_ZOfq7ULNsoc/TRAdKzdlsvI/AAAAAAAAADk/2I-9TlpEK7I/s1600/ayam2.jpg

68 Komentar

  1. Salam kenal
    Saya coba beternak ayam jawa super. 1000.ekor tp. Saya belumtau penjualanya. Kemana saya harus jual ayam kampung super. Kalo boleh tau saya minta petunjuk

  2. Pak maaf ganggu waktunya bpak y,kalau kandang ayamnya dengan ukuran 5×7 meter kira-kira muat berapa ekor ya pak,trus langkah untuk menghindari penyakit gimana y pak..mohon dimaklumin y pak..maaf sebelumnya ya pak..makasi pak.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk mencegah datangnya penyakit pada ayam, Bapak Heriyanto bisa mengakses informasi lengkapnya melalui link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  3. Assalmualaikum…
    Artikel.a bagus bnget
    Sya bru mw memulai usaha ternak ayam kampung..tpi bingung cara memilih indukan dan pejantan yg baik untk di ternakan…??
    Mohon penjelasan.a..,??
    Thanks…

  4. mohon bantuan pak,saya kepingin beternak ayam kampung secara umbaran,jika ayam menetas sampai 1 bulan saya buatkan tempat,kemudian umur 1 bulan sampai siap jual saya umbar dengan babonnya serta jantannya beresiko atau tidak pak???

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya ayam umur 1 bulan bisa mulai dilepas di kandang yang lebih besar, setelah 2 bulan ayam bisa mulai dilepas di kandang umbaran bersama babon dan pejantan. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  5. ass mau nanya …. untuk ukuran kandang ayam 10 × 5 …. kira2 berpa bxk ayam yang bisa dikumpulkan dalam kandang itu ….. tolong di jawab ia …

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Idealnya untuk 1m2 kandang dapat menampung sekitar 20-25 anak ayam kampung umur 1-2 bulan. Jadi apabila Bapak Haripuddin memiliki kandang ayam dengan luas 50 m2, maka Bapak bisa memelihara anak ayam sekitar 1.000 ekor. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  6. Bolehkah aku menyimpan semua artikel anda….karena artikel anda sangat berguna bust saya sebagai pemula usaha ternak ayam..

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, pada dasarnya kami memperbolehkan para member menyimpan semua artikel yang ada di BisnisUKM.com. Namun, apabila Bapak Rohman hendak mempublikasikannya kembali maka kami persilahkan untuk memperhatikan beberapa poin yang tertera pada aturan copyright, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. Makanan dan minuman paling bagis untuk ayam kampung apa??? Biar dalm jangka waktu 2,5bulam tumbuh besar dan gemuk???

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Selain memberikan pakan pabrikan, Bapak Sadad dapat memilih pakan alternatif seperti berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  8. bagaimana cara membuat pakan ayam secara manual untuk membantu pakan ayam yg diperoleh dari pasar.peyakit apa saja yg sering terjadi pd ternak ayam serta bagaimana cara pencegahannya? Mohan bantuannya pak… Salam dr kabupaten Taput-sumut

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Selain pakan pabrikan, Bapak Indra dapat menambahkan pakan alternatif seperti berikut ini, KLIK DISINI. Sedangkan untuk penyakit yang paling sering menyerang unggas adalah Tetelo (ND), pencegahannya dengan memberikan vaksinasi secara teratur, sanitasi kandang, dan terhadap ayam yang terkena tetelo maka harus dibakar. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Comments are closed.