Peluang Bisnis Souvenir Khas Madura Pasca Suramadu

suramaduBagaimana wajah Pulau Madura pasca-operasional Jembatan Suramadu? Berbedakah atau tetap sama?! Jembatan sepanjang 5.438 meter dan menelan dana sekitar Rp4,5 triliun tersebut merupakan jembatan prestisius terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura.

Secara geografis Pulau Madura sangat strategis berada di antara Laut Jawa dan Selat Madura yang menyimpan banyak potensi. Madura terdiri dari empat Kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan paling ujung timur Kabupaten Sumenep.

Selain empat kabupaten itu, Madura mempunyai 77 kepulauan, semuanya berada di Sumenep, kecuali satu pulau berada di Kabupaten Sampang, pulau Mandangin, perjalanan sekitar 2 jam dengan perahu kecil dari kota Sampang ke arah selatan. Sedangkan luas area pulau Madura mencapai 5.250 km2 dengan penduduk lebih dari 4 juta jiwa.

Banyak lahan kosong yang tidak produktif untuk pertanian berpotensi dijadikan kawasan pengembangan industry, pusat perdagangan dan yang lainnya. Apalagi, didukung dua pelabuhan besar, Pelabuhan Kamal di Kabupaten Bangkalan dan Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep.

Madura juga dikelilingi kawasan pantai dengan panorama indah yang telah menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional. Sebut saja Pantai Camplong di Kabupaten Sampang, Pantai Tlanakan di Kabupaten Pamekasan, Pantai Lumbang dan Pantai Omben di Kabupaten Sumenep.

Dengan adanya Jembatan Suramadu potensi inilah yang akan membawa perubahan yang diharapkan positif bagi perekonomian di Madura. Pemanfaatan potensi yang baik akan mendatangkan banyak pengunjung wisatawan yang banyak pula, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

souvenir MaduraHal ini akan berdampak pada masyarakat yang pandai memanfaatkan peluang sebagai kunci memulai usaha. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan souvenir khas Madura kepada para wisatawan yang datang ke Madura seperti batik Madura, hiasan dinding berupa cambuk dan celurit khas Madura, ukiran khas Madura, miniatur kapal rakyat Madura dan yang lainnya.

Sadar atau tidak, sejauh ini pasca Suramadu dibuka telah banyak masyarakat luar yang berdatangan ke pulau Madura, baik yang sekedar ingin menikmati Jembatan baru atau memang ingin mengetahui Pulau Madura secara utuh. Sehingga peluang usaha souvenir Madura ini cukup menjanjikan sebagai oleh-oleh khas Madura. Apalagi dilihat secara luas souvenir khas setiap Kabupaten di pulau Madura memiliki ciri khas yang berbeda-beda yang bisa di manfaatkan sebagai peluang bisnis ini.

Dengan pembentukan menejemen yang baik maka peluang bisnis ini akan lebih menguntungkan. Misalnya dengan pembentukan koperasi-koperasi yang menampung kerajinan masyarakat untuk dipromosikan sebagai souvenir khas Madura serta sebagai wadah simpan pinjam masyarakat untuk modal memulai usaha ini.

(Sumber gambar: http://wb4.itrademarket.com/pdimage/59/1363859_foto006.jpg, http://liyantanto.files.wordpress.com/2009/06/suramadu3.jpg)

8 Komentar

  1. Sudah harus dimulai untuk dibuatkan souvenir Madura yang etnik serta berkesan ramah, agar Madura menarik calon wisatawan.

  2. saya tertarik untuk dijadikan sebagai cinderamata bagi tamu2 kami.
    bagaimana untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai produk ini, baik spesifikasi serta harganya. mohon info atau kontak/web yang bisa kami jadikan rujukan.

    terimakasih

    robbie

  3. SOUVENIR DAERAH..???? setuju banget, Siapa tau besok ato lusa saya bikin souvenir yang beda sama yang lain…
    seneng banget rasanya kalo bisa membuat yang berharga bagi orang lain sekalipun tidak mendapat pengharagaan..
    Goo Souvevir Madura.

    M.Kholis Habni
    0818581321

  4. KAMPANYE PRODUK LOKAL INDONESIA

    INDONESIA banyak memiliki beraneka ragam seni dan budaya. Semua POTENSI tsb dapat dijadikan produk dan layanan dengan NILAI JUAL YANG TINGGI. Apalagi yang namanya SOUVENIR KHAS LOKAL suatu daerah patut terus diekspos dan diangkat citranya ke kawasan dunia internasional. Sebenarnya sih tidak perlu muluk-muluk sampai ke area internasional, wong penduduk Indosia ini bejibun, koq! Hanya diperlukan penanganan yang lebih khusus, serius dan lebih terarah lagi.

    SOUVENIR DAERAH (LOKAL) bisa dijadikan sumber devisa yang menguntungkan, baik untuk skala pemenuhan ekonomi rumah tangga, sumber pendapatan daerah ybs sampai pada level pasokan devisa tingkat nasional.

    Untuk itu, mari kita galang KAMPANYE PRODUK LOKAL INDONESIA secara intens dan berkesinambungan, agar devisa negara RI semakin banyak dan meningkat. Sehingga efek dominonya lebih terasa dan bermanfaat bagi sumber pembangunan fasilitas dasar (seperti: SEKOLAH GRATIS dari SD sampai S3, jalan beraspal sampai pelosok kampung, atau mungkin naik Busway Gratis!) bangsa Indonesia tercinta ini. Semoga…!!!

    Manajemen Bisnis Percetakan INDONESIA

Comments are closed.