Inspirasi Bisnis, Kemasan

Peluang Usaha Keripik Cabe, Pasarnya Sedahsyat Rasa Pedasnya

resep-keripik-cabe

sumber gambar: Unsplash.com/Elle Hughes

Keripik cabe? Tentu saja bahan dasarnya cabe. Benar-benar cabe yang kemudian diolah jadi keripik, makanan sejuta umat. Bagi pencinta kuliner pedas cocok banget cobain keripik satu ini. Renyahnya keuntungan yang didapat dari bisnis keripik, belakangan mulai banyak dilirik para pelaku usaha. Nggak main-main, untuk menjaring calon pelanggan pun mereka berlomba-lomba membuat kemasan keripik yang unik biar nggak kalah saing di pasaran.

Sekarang kita bahas manfaat cabe dulu yuk. Selain menambah selera makan khususnya pencinta pedas, ada lho manfaat lain dari buah satu ini yang harus banget kamu ketahui.

Luar Biasa, Ini Dia Khasiat Cabe Untuk Kesehatan Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

manfaat-cabe-bagi-kesehatan-wow

sumber gambar: Unsplash.com/Peter Hershey

Apakah kamu pernah mempertanyakan, cabe punya khasiat nggak sih? Soalnya, nggak jarang juga nih kalau kebanyakan konsumsi sambel bisa menyebabkan masalah pencernaan. Di balik penampilan dan rasa pedasnya yang tiada tara, rasa pedasnya sendiri bisa bikin yang mengonsumsi merasa ketagihan sekalipun beberapa kali memberikan efek terbakar pada mulut. Jadi, kamu yang doyan pedas nggak usah khawatir karena cabe punya banyak manfaat di antaranya:

1. Melancarkan pernapasan

Vitamin A yang terkandung dalam cabe dapat mengurangi radang paru-paru karena merokok karena asap rokok sendiri mengandung sesuatu yang menghancurkan vitamin A dalam tubuh. Saluran napas di paru-paru bisa lebar dengan mengonsumsi cabe sehingga dapat mengurangi risiko asma.

2. Membantu detoksifikasi

Detoksifikasi alias detox adalah cara untuk membersihkan tubuh dari racun. Cabe diyakini mampu membuang zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Selain itu, cabe juga dapat meningkatkan jumlah nutrisi masuk ke dalam tubuh.

3. Cocok buat kamu yang sedang menjalankan program diet

Capsaisin yang terkandung di dalam cabe dipercaya dapat mengurangi asupan kalori. Ada pula penelitian yang menunjukkan apabila 10 gram cabe merah dapat meningkatkan pembakaran lemak bagi tubuh manusia. Namun, penelitian terkait ini sepertinya perlu diperdalam lagi agar semakin valid membuktikan jika cabe memang cocok untuk program diet.

4. Dapat membantu mengurangi nyeri

Cabe sangat baik untuk meredakan penyakit yang disebabkan oleh auto inflamasi seperti rheumatoid arthritis. Kalian familiar dong sama koyo cabe atau krim cabe untuk meredakan pegal linu? Nah, seampuh itu pula khasiat cabe!

5. Bantu mencegah penyakit jantung

Cabe yang mengandung vitamin B6 dan asam folat, serta potassium dan beta karoten, dapat membuat terhindar dari serangan jantung. Vitamin B juga bisa mengurangi level homocysteine, tingginya level homocysteine dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke maupun serangan jantung.

Wadidaw, nggak nyangka dong kalau cabe yang kita tahunya cuma bikin mulut panas ternyata punya manfaat seluar biasa itu? Ingat, itu baru lima manfaat, masih ada banyak lagi lho sebenarnya. Beruntung baget ya para pencinta makanan pedas ini.

Oke, tadi kita sudah sempat menyinggung soal keripik cabe. Kebayang nggak sih bagaimana cara bikinnya? Well, daripada hanya membayangkan, ini kita kasih resepnya deh buat kamu.

Resep Keripik Cabe

keripik-cabe-enak

sumber gambar: Berkabar.com

Sudah siap buat tahu gimana cara bikin keripik cabe yang maknyus?

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram cabai hijau
  • 1 kg tepung beras
  • Santan kental dari 1 butir kelapa
  • 1 liter minyak goreng

Bumbu halus:

  • 5 butir kemiri
  • 7 siung bawang putih
  • 9 siung bawang merah
  • 50 gram ketumbar
  • 1 cm kencur
  • 5 lembar daun jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh jinten
  • Garam, secukupnya
  • Gula, secukupnya
  • 100 gram, bubuk cabe

Cara Membuat Keripik Cabe Wuenake Pol:

  1. Cuci bersih cabe ijo, lalu belah tengahnya, jangan sampai putus
  2. Haluskan bahan bumbu halus sampai benar-benar halus, bisa juga pakai blender
  3. Campur tepung beras dengan bumbu halus ke dalam wadah
  4. Tuangkan santal kental, aduk hingga tercampur rata, tidak terlalu kental danĀ  tidak terlalu encer.
  5. Siapkan wajan untuk menggoreng
  6. Tuangkan minyak dan tunggu sampai minyak panas
  7. Celupkan cabai hijau ke dalam adonan tepung
  8. Goreng adonan
  9. Tunggu sampai berwarna kuning keemasan lalu angkat dan tiriskan
  10. Biarkan keripik cabenya hingga dingin lalu simpan dalam wadah kedap udara supaya terjaga kerenyahannya.

Sedap banget kayaknya dimakan sambil minum es teh, dimakan pas mendung-mendung biar makin syahdu. Yummy banget dah pokoknya. Cocok banget buat pencinta gurih gurih pedes. Kamu juga bisa jadikan milenial sebagai mangsa bisnis lho, soalnya kan generasi milenial sukanya yang aneh-aneh.

Eits, tapi nggak gampang lho bikin milenial tertarik sama suatu produk. Harus bisa menghadirkan sesuatu yang membuat calon konsume penasaran karena tampilannya yang menarik. Setelah tampilan, barulah diikuti dengan rasa yang harus enak untuk meninggikan repeat order, supaya mereka mau beli lagi di tempatmu.

Kemasan yang cocok buat keripik cabe kayak gimana ya?

Kemasan Standing Pouch

Keripik cabe yang menjadi salah satu camilan khas yang terkenal di Dumai ini diharapkan memiliki kemasan yang menarik dan pangsa pasar yang baik untuk menjamin kelangsungan usahanya. Kalau sudah punya target pasar yang jelas dan kemasan yang oke, pasti bisnis bisa jadi lancar deh.

Nah, biar tampilan keripik cabemu yang super duper unik ini makin dilirik, kamu harus menyuguhkan packaging yang nggak cuman dibungksu pakai plastik bening biasa. Sekarang sudah jamannya pakai standing pouch!

Oke, kalau kamu masih bingung soal kemasan, boleh banget ke diKemas.com karena di situ kamu bisa dapetin konsultasi kemasan dan desain gratis lho. Kamu tinggal bilang aja konsepnya, kamu mau desain kayak apa, nanti diKemas,com bantu wujudkan.

Kalau ada yang mau ditanyakan juga boleh tinggalkan pesan di kolom komentar ya gaes!