Pengen Jajal Pasar Ekspor? Pahami Dulu 4 Strategi Pemasaran Ini

Pengen Jajal Pasar Ekspor Pahami Dulu 4 Strategi Pemasaran IniSekarang ini, banyak pelaku usaha yang tidak hanya memusatkan perhatian mereka pada pasar domestik saja. Sebagian besar pengusaha tentu ingin menperluas jaringan bisnisnya dan meraup untung berlipat dari pasar ekspor. Berbagai macam cara promosi pun dilakukan, mulai dari mengikuti pameran hingga menitipkan barang produksinya kepada saudara maupun teman yang tinggal di luar negeri demi memperluas pasar internasional.

Buat kamu yang juga punya impian dan berencana ingin merentangkan sayapnya ke pasar internasional atau pasar ekspor, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari resiko besar yang dapat dialami dalam pasar internasional. Resiko tersebut dapat terjadi karena pemerintah yang tidak stabil, fluktuasi mata uang, komunikasi yang mahal, biaya adaptasi produk dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah strategi pemasaran agar produk menembus pasar ekspor dan dapat bertahan lama.

Perhatikan standar mutu produk

Sebelum kamu mengekspor produk atau barang ke luar negeri, terlebih dahulu kamu perhatikan kualitas produkmu agar sesuai dengan standar mutu yang ada di pasar internasional. Permasalahan seperti ini sering sekali dihadapi oleh para pelaku bisnis, sebab produk yang mereka tawarkan belum sesuai dengan standar mutu di Negara tempattujuan ekspor. Oleh sebab itu, sebaiknya pastikan bahwa produkmu mempunyai kualitas unggul dan telah mengantongi surat izin industri dari pihak-pihak yang bersangkutan.

Menjaga konsistensi pasokan produk

Eksportir atau para pelaku bisnis dituntut untuk dapat menjaga konsistensi pasokan produk atau barang dan terus meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan pasar internasional yang semakin hari kian besar.

Memahami aturan ekspor-impor

Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para pelaku bisnis adalah kurangnya pemahaman mereka terhadap beberapa aturan ekspor-impor baik di Negara asal maupun di Negara tujuan ekspor. Penting bagi Ana untuk mendalami peraturan di Negara tujuan ekspor guna mengetahui produk-produk apa saja yang boleh dan tidak boleh di ekspor di Negara tersebut. Sehingga para pelaku bisnis tidak akan salah memilih calon buyer, serta kerjasama ekspor-impor dapat berjalan dengan lancar.

Mengetahui prosedur teknis ekspor

Kamu sebagai pelaku bisnis penting untuk mengetahui prosedur-prosedut mengenai teknis yang perlu untuk dijalankan para eksportir. Mulai dari prosedur administrasi yang harus dilengkapi, peralatan dan perlengkapan, prosedur bea cukai dan prosedur pembayaran yang biasa digunakan dalam kegiatan ekspor-impor. Hal yang biasanya sering terjadi yaitu produk yang telah siap dikirim masih harus bertahan karena dokumen-dokumen belum juga lengkap.

Demi meraih kesuksesan pasar ekspor, maka lengkapilah dirimu sebagai pelaku bisnis dengan ilmu ekspor-impor. Semoga informasi mengenai strategi pemasaran ekspor tersebut bisa bermanfaat dan produkmu bisa segera menembus pasar ekspor. Salam sukses!

6 thoughts on “Pengen Jajal Pasar Ekspor? Pahami Dulu 4 Strategi Pemasaran Ini”

  1. pagi agan sy pelaku bisnis di bidang makanan kerupuk,yg ingin sy tanyakan gimana agar usaha industri kerupuk sy bisa tembus pasar luar negeri,tolong dibantu tips nya ya gan,trimmms

    Reply
  2. aku pelaku bisnis di bidang pertanian yaitu kubis /kol,gimana cara nya agar kol medan bisa tembus ke pasaran luar negeri, tolong di bantu!

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba