Pengusaha Yang Sukses Berbisnis Camilan Di Kelas Atas

snack zone
snack zone

Tak hanya hadir di pasar-pasar tradisional, sekarang ini bisnis aneka camilan mulai merambah pusat perbelanjaan di kalangan masyarakat kelas atas. Hendra Gunawan, merupakan salah satu pemain bisnis camilan yang membidik konsumen kelas atas untuk mengembangkan roda usahanya.

Mengawali bisnisnya sejak tahun 1979 silam, cikal bakal bisnis Hendra diawali dari usaha sang ayah yakni Suhaili Gunawan yang saat itu menjual kerupuk Bangka di lantai basement Plaza Hayam Wuruk. Dari bisnis kerupuk yang diberi nama Rotary Snack tersebut, kini Hendra bisa sukses membangun lebih dari 7 gerai bisnis camilan di mall-mall besar yang ada di seputaran kota Jakarta.

Jika dulunya bisnis keluarga yang dibangun sang ayah hanya menjajakan kerupuk Bangka dengan konsep yang sederhana, sekarang ini Hendra mulai mengusung konsep bisnis yang baru  untuk membidik pangsa pasar yang lebih luas. Melihat perkembangan bisnis camilan keluarganya mengalami perkembangan yang cukup pesat, Hendra mulai menawarkan sesuatu yang berbeda dengan melengkapi aneka macam camilan dari berbagai daerah di Nusantara.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin modern, Hendra sengaja mengubah nama Rotary Snack menjadi Snack Zone yang mengusung konsep bisnis lebih menarik. Dengan jargon utamanya “Your One Stop Snack Outlet”, Hendra mulai memperluas pangsa pasarnya yang dulunya hanya di dominasi oleh ibu-ibu, sekarang ini Ia mulai membidik anak muda yang pada dasarnya juga menyukai aneka macam makanan ringan.

Sampai hari ini, perkembangan Snack Zone sendiri terbilang sangat signifikan. Lelaki alumni  S-1 Manajemen Keuangan lulusan Ukrida, Jakarta, serta S-2 Akunting dan Finansial dari University of Technology Sydney, Australia ini menggurita ke beberapa pusat perbelanjaan yang ada di ibu kota negara (Jakarta). Sebut saja seperti gerai Snack Zone di Plaza Indonesia, Mega Mall Pluit, Mall Kelapa Gading, Plaza Semanggi, Senayan City, food court Bank Indonesia, serta menitipkan beberapa jenis barang dagangannya di Giant supermarket.

Keunikan Snack Zone

pengusaha camilan
pengusaha camilan

Meskipun sekarang ini pelaku bisnis camilan sudah mewabah di berbagai daerah, namun Hendra cukup pintar untuk melakukan diferensiasi sehingga tidak heran bila konsep Snack Zone yang diusung Hendra tersebut cukup menyita perhatian konsumen kelas atas. Beberapa diferensiasi yang dilakukan Hendra antara lain menyediakan ragam camilan yang sangat bervariasi, yaitu lebih dari 500 jenis camilan seperti misalnya kerupuk ikan, rempeyek kacang, keripik pisang, keripik singkong, abon sapi, aneka kue kering, manisan, permen, dan lain sebagainya.

Bahkan tak hanya itu saja pelayanan yang ditawarkan Hendra untuk memanjakan para konsumennya, Ia juga sengaja menggandeng para produsen camilan di berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan konsumen kelas atas yang menginginkan ragam camilan khas daerah tertentu. Contohnya saja seperti kacang sangrai Manado, kue lapis mandarin dari Solo, bagelen, intip gula, manisan pala, lanting, serta aneka makanan ringan khas nusantara yang dikemas secara eksklusif di setiap gerai Snack Zone.

Keunikan inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Sehingga tidak perlu diragukan lagi bila Hendra mematok target penjualan yang cukup tinggi untuk setiap gerai camilan yang Ia miliki. Luas setiap gerai Snack Zone kurang lebih 30-60 m2, dan setiap m2 dari tokonya ditargetkan bisa menghasilkan omzet sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta per bulan dengan profit sekitar 30%-40% dari omzet. Tentunya angka tersebut terbilang cukup menggiurkan untuk sebuah gerai bisnis camilan.

Kejeliannya dalam membidik target pasar, kini mengantarkan lelaki kelahiran 1980 ini menjadi salah satu pengusaha yang sukses berbisnis camilan di kelas atas. Semoga informasi kisah sukses pengusaha ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://static3.id.orstatic.com/UserPhoto/photo/0/Q/0005BK657C62FE4BE18BB8l.jpg
2. http://www.majalahexcellent.com/web/images/artikel/php_4el5__resized.jpg