Kiat Sukses Menekuni Bisnis Aneka Camilan

bisnis camilan
bisnis camilan

Budaya masyarakat Indonesia yang notabene suka ngemil di waktu-waktu luang, ternyata bisa mendatangkan sebuah peluang usaha yang cukup menguntungkan. Bahkan, beragam jenis makanan ringan seperti misalnya aneka kue kering, camilan keripik sayur dan buah, kacang-kacangan, serta berbagai macam camilan lainnya, diminati para konsumen baik dari kalangan anak muda sampai orang dewasa. Tidak heran bila peluang bisnis aneka camilan tak pernah mati dimakan zaman.

Melihat prospek bisnis camilan masih sangat cerah, tidak ada salahnya bila dari sekarang Anda mulai merintis bisnis aneka camilan untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Lalu, kira-kira persiapan apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk merintis bisnis camilan?

Berikut kami informasikan kepada para pembaca mengenai kiat sukses menekuni bisnis aneka camilan.

  • Dalam menekuni bisnis camilan, ada banyak pilihan yang bisa Anda jalankan. Bisa memproduksi sendiri atau cukup mengemas ulang camilan dari para produsen maupun supplier dan memasarkannya ke khalayak ramai. Bagi para pemula, tentunya cara kedua lebih disarankan mengingat resikonya terbilang cukup kecil serta tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.
  • Meskipun segmen pasar bisnis camilan cukup lebar, namun dalam menjalankan peluang bisnis ini Anda harus tetap menentukan target pasar yang potensial. Dalam hal ini Anda bisa membidik pelaku usaha seperti misalnya toko swalayan, toko oleh-oleh, atau bisa juga membidik langsung konsumen akhir.
  • Ketika target pasar telah Anda tentukan, selanjutkan lakukan survey pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Meskipun poin ini sering dianggap remeh oleh para pelaku usaha, namun pada dasarnya survey pasar sangat dibutuhkan agar Anda tidak salah perhitungan. Jangan hanya menggunakan feeling (perasaan), pastikan bahwa hasil survey Anda didukung dengan data-data yang akurat.
  • Kemasan produk menjadi modal utama Anda untuk bisa tampil beda. Walaupun produk camilan Anda tidak jauh berbeda dengan produk para kompetitor, namun didukung dengan kemasan yang cantik maka produk Anda akan terlihat lebih menarik. Usahakan untuk menawarkan sesuatu yang berbeda, agar konsumen tidak menganggap biasa produk Anda.

    usaha camilan
    usaha camilan
  • Berikan pelayanan cepat dan akurat kepada para pelanggan Anda. Tak hanya menginginkan produk camilan yang bercita rasa lezat, para konsumen juga membutuhkan pelayanan yang cepat dan akurat. Pastikan bahwa Anda selalu memberikan pelayanan terbaik bagi setiap konsumen, agar mereka merasa jadi yang utama bagi Anda.
  • Pastikan bahwa kepuasan pelanggan menjadi poin utama yang perlu Anda jaga. Dalam hal ini, Anda juga perlu memberikan layanan pra, saat, dan purna jual bagi setiap konsumen Anda. Strategi bisnis ini perlu Anda pertahankan karena produk berkualitas juga perlu dibarengi dengan pelayanan yang memadai. Sebab, kepuasan yang mereka dapatkan akan menciptakan loyalitas pelanggan.

Cukup mudah bukan? Nah, setelah membaca tips bisnis di atas, kini giliran Anda untuk menerapkannya langsung di pasaran. Semoga informasi singkat yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula yang sedang ingin merintis bisnis aneka camilan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.hsold.com/wp-content/uploads/2012/08/Usaha-Camilan.jpg
2. http://farm8.staticflickr.com/7243/7283309040_68e4d6d34d_z.jpg

7 Komentar

  1. Saya baru memulai usaha kripik buah & sayuran serta bandrek serbuk & celup..ingin mencari reseller/agen pemasaran produk kami…brsama anda ingin kami berkembang

Comments are closed.