Pentingnya Logo Pada Sebuah Kemasan Produk

Logo ProdukMembuka bisnis baru bukanlah perkara mudah dan cepat. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis seperti perubahan teknologi serta persaingan pasar yang semakin ketat. Ketatnya persaingan pasar itulah yang memaksa para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi dan kreatifitas dalam melancarkan strategi bisnis serta pemasaran yang handal untuk merebut pangsa pasar atau mempertahankan pangsa pasar yang telah dikuasai dengan susah payah.

Ada beberapa cara yang dapat dipilih oleh pelaku bisnis untuk merebut pangsa pasar tersebut, salah satunya adalah memanfaatkan logo produk pada bungkus atau kemasan produk. Logo pada kemasan produk adalah hal sering dilupakan oleh banyak perusahaan, bahkan tidak sedikit dari perusahaan tidak memiliki logo untuk produk mereka.

Logo produk adalah sebuah simbol pengingat suatu produk bagi para konsumen. Pemakaian logo pada kemasan produk juga dapat meningkatkan gengsi bagi pemakai atau konsumennya. Hal ini sangat terlihat jelas pada bidang fashion dimana beberapa merek desainer terkenal pada setiap produk atau kemasan produk mampu menaikkan gengsi para pemakainya. Semua itu dikarenakan kebiasaan orang yang lebih mudah mengingat sebuah simbol atau gambar dalam mengenali sesuatu yang baru. Karena tidak jarang dari para pelanggan atau konsumen yang membeli produk berdasarkan simbol, gambar dan bentuk yang mereka ingat dalam kemasan produk walaupun mereka lupa nama produk yang biasa mereka beli tersebut.

Oleh sebab itu, bagi para perusahaan yang telah menyadari betapa pentingnya logo pada sebuah kemasan produk sebagai strategi bisnis untuk memudahkan pemasaran, maka mereka sebagai pelaku bisnis atau sebuah perusahaan akan menjadikan logo produk sebagai salah satu media promosi terbaik. Dimana logo dalam kemasan produk mampu mengenalkan brand perusahaan kepada para konsumen dan calon konsumen.

Berikut ini adalah tips dan trik memilih logo produk untuk kemasan produk yang menarik, keren dan elegan.

Pertama, buatlah logo yang mudah diingat oleh target market. Buatlah logo sesuai dengan pesan produk yang ingin diangkat sehingga bisa membantu para konsumen dan calon konsumen untuk mengingat produk tersebut. Membuat logo yang mudah diingat bukan berarti bahwa logo harus dibuat sesederhana mungkin karena logo dengan bentuk yang simetris dan rumit akan mudah diingat dan diterima oleh orang serta dipresepsikan sebagai perusahaan yang terpercaya.

Kedua, logo produk harus berbeda dari para pesaing lainnya. Pembuatan logo untuk kemasan produk yang unik dan berbeda dengan pesaing lainnya sangat membantu program branding dan pemasaran untuk memenangkan pangsa pasar. Maka, sebaiknya Anda menghindari pembuatan logo yang hampir sama dengan logo perusahaan besar, karena hal itu justru akan menurunkan kredibilitas perusahaan dan menandakan bahwa kita adalah salah satu korban dari program branding perusahaan lain, sehingga perusahaan kompetitor menganggap bahwa logo yang dimilikinya adalah logo yang paling baik dan elegan.

Ketiga, logo harus bersifat abadi atau tidak berubah. Strategi bisnis lainnya dalam memilih logo adalah hindari mengikuti tren yang belum tentu menjai visi dan misi dari sebuah perusahaan. Misalnya saja tren GO Green dimana tren ini paling banyak memakan korban pada sector logo. Sekarang ini banyak sekali perusahaan yang memakai warna hijau atau menggunakan simbol daun pada logo perusahaan, padahal perusahaan tersebut sama sekali tidak bersentuhan atau berhubungan dengan lingkunagn hidup.

Keempat, logo produk mudah diaplikasikan pada media yang digunakan untuk kemasan produk. Logo perusahaan yang dipilih pastinya akan diaplikasikan pada kemasan produk, oleh sebab itu maka logo haruslah bisa dicetak dalam berbagai ukuran dan jenis kemasan produk, baik kemasan produk dari kertas, aluminium foil, plastic, kaca dan lain sebagainya. Maka penting sekali memilih logo untuk kemasan produk dengan menyesuaikan warna yang digunakan sehingga akan selalu terlihat bagus dan elegan pada berbagai media.

Dari informasi diatas semoga Anda bisa melihat betapa pentingnya logo pada kemasan produk dan juga untuk produk itu sendiri dalam memenangkan persaingan pasar. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Sumber gambar : http://bilder1.n-tv.de/img/incoming/crop11959736/6981327494-cImg_16_9-w1200/2013-12-20T163234Z-368353666-GM1E99O08Q301-RTRMADP-3-BLACKBERRY-RESULTS.jpg

1 thought on “Pentingnya Logo Pada Sebuah Kemasan Produk”

  1. Artikel yang menarik, semoga makin banyak UKM yang sadar pentingnya logo dan brand bagi bisnisnya. Karena bisnis yang bisa tumbuh besar, bisnis yang sadar logo dan branding.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba