PLUT-KUMKM DIY Resmikan Kampung UKM Digital dan Rumah Karya Jogja

Yogyakarta – Jumat (4/11) PLUT-KUMKM DIY mengundang puluhan UMKM di sekitar Yogyakarta untuk menghadiri acara serah terima Kampung UKM Digital dan soft launching Rumah Karya Jogja serta menuju Gebyar UKM.

Acara yang diselenggarakan di ruang utama kantor PLUT-KUMKM DIY ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DIY, Wakil Manager PT Telkom, Kepala sie PLUT-KUMKM DIY beserta stafnya.

Terselenggaranya acara ini bertujuan untuk sosialisasi kampung UKM digital di PLUT-KUMKM DIY, sekaligus softlaunching rumah karya Jogja yang merupakan galery reborn yang sebelumnya sudah pernah ada dan sempat vakum. PLUT-KUMKM DIY ingin mengajak para pelaku UKM untuk segera bisa Go Digital dalam mengelola usahanya.

Pada acara tersebut, juga diumumkan peserta-peserta UKM Yogyakarta yang lolos kurasi produk pada 8 November besok di RRI Yogyakarta. Dalam even tersebut, panitia hanya memilih 30 produk unggulan yang telah diseleksi dan diikuti ratusan UKM lainnya di Yogyakarta.

”PT Telkom dan Dinas Koperasi dan UKM DIY serta PLUT-KUMKM DIY saling bersinergi untuk menghadirkan kampung UKM Digital. Perkembangan zaman menuntut kita untuk melek teknologi. Dan para pelaku UKM juga harus mulai melangkah ke era digital. Semoga dengan adanya kampung digital semua bisa melek digital,” papar Drs. Tri Saktiono Kepala Dinas Koperasi dan UMKM DI Yogyakarta.

Imam Syafi’i sebagai Konsultan di PLUT-KUMKM-DIY yang juga sebagai moderator acara menyampaikan, kolaborasi program PLUT-KUMKM DIY dengan PT Telkom nantinya juga akan membuka kelas baru, yaitu ”Kelas Digitalisasi Bisnis UKM”. Untuk fasilitas Kampung UKM Digital saat ini telah ada dua unit komputer dan internet yang bisa digunakan untuk pembelajaran UMKM.

”Mereka bisa belajar bikin blog, dan pengembangan usaha melalui penjualan di sosial media. Tak hanya itu, mereka juga bisa belajar mengenal konten-konten yang penting untuk meningkatkan promosi produk, dan lainnya,” tutur Imam.

Ia melanjutkan, acara ini juga sebagai pengenalan galery yang sempat vakum beberapa bulan dan kini diplot ulang dengan branding yang berbeda serta digunakan sebagai pure bisnis. Yaitu Rumah Karya Jogja, yang siap dijadikan wadah sekaligus menaungi produk-produk karya UMKM di DIY.

”Acara ini juga sebagai persiapan untuk acara berikutnya yang bekerja sama dengan Mark Plus dan sebuah bank swasta ternama yang diselenggarakan di RRI Yogyakarta yaitu tentang Inovasi Produk. Yang terpilih 30 UKM, mereka nantinya juga include di galeri SMESCO Jakarta,” terangnya.

Pihaknya berharap, respon UMKM bisa mengakses layanan-layanan yang disediakan PLUT-KUMKM DIY yaitu Kampung Digital dan Kelas Digital. Karena layanan tersebut gratis dan dibimbing oleh konsultan IT yang berpengalaman.

”Rumah Karya Jogja kami upayakan akan segera running. Setting ruangan yang bisa langsung dioperasionalkan. Kami juga tengah mempersiapkan areanya, agar banyak produk UKM yang tertampung,” ujarnya.

Imam menambahkan, PT Telkom sebagai sponsor Kampung UKM Digital lebih bertindak menyediakan fasilitas yang berupa komputer dan internet wifi corner ke publik area PLUT-KUMKM DIY. Kelas Digitalisasi UKM rencananya dibuka pada Desember 2016, dan awal Desember 2016 segera diadakan rekruitmen peserta karena kelas masih terbatas.

”Kami berharap dengan berbagai fasilitas yang ada di PLUT DIY, semakin banyak masyarakat akses layanan UMKM. Sehingga kedepannya UMKM semakin berkembang yang tak hanya bisnisnya tetapi juga SDM nya,” pungkas Imam.

Adanya layanan dan program dari PLUT-KUMKM DIY mengenai dunia digital, mulai menarik para pelaku UMKM untuk ikut serta. Contohnya Haryanti, pengusaha kerajinan batok kelapa yang mengaku selama ini masih melakukan penjualan offline karena belum mengetahui cara mengakses internet dan sosial media melalui smartphone atau komputer.

”Saya antusias datang karena ini tentang teknologi digital. Apalagi nantinya ada kelas yang akan diajari membuat blog dan penjualan lewat sosial media. Selama ini saya hanya lewat Whatsapp saja. Saya ingin ikut kelasnya, dan semoga bisa menambah ilmu, pengalaman dan meningkatkan penjualan produk saya,” katanya yang produknya terpilih Kurasi Produk di RRI Yogyakarta 8 November besok.

Tim Liputan BisnisUKM

(/Titis A.W)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Yogyakarta

1 Komentar

  1. Mau tanya ini untuk lokasi rumah karya Yogyakarta dimana yah? Dan ada kontak / admin yang bisa dihubungi? Terimakasih

    Reply

Leave a Comment