Potensi Bisnis Kerajinan di Kota Surabaya

kota surabaya
kota surabaya

Dikenal masyarakat luas sebagai kota pahlawan, Surabaya ternyata tidak hanya menjadi bagian penting dalam sejarah kemerdekaan RI, namun juga memiliki banyak potensi bisnis yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran. Menjadi kota terbesar kedua setelah Ibu Kota Jakarta, sekarang ini Surabaya termasuk salah satu kawasan metropolitan dengan jumlah penduduk lebih dari 3 juta jiwa.

Berada di tepi pantai utara Provinsi Jawa Timur, letak Kota Surabaya berbatasan langsung dengan Selat Madura di bagian utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di sebelah selatan, serta Kabupaten Gresik di bagian Barat. Dengan luas wilayah sekitar 333,063 km2, pada tahun 2010 silam jumlah penduduk Surabaya berkisar 2.765.908 jiwa dan sekarang ini jumlahnya sudah mencapai 3,7 juta jiwa.

Tumbuh sebagai kota metropolitan, sekarang ini bisa dikatakan Surabaya telah berkembang cukup pesat dan berhasil menjadi pusat perekonomian di sekitar wilayah Provinsi Jawa Timur. Tak hanya menjadi ladang ekspansi bagi perusahaan-perusahaan besar di Indonesia, kemajuan UKM di Surabaya belakangan ini juga menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Salah satunya saja seperti sektor industri rumahan yang memproduksi aneka jenis produk kerajinan yang memiliki daya saing cukup tinggi di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Lalu, kira-kira industri kerajinan apa saja yang mulai bermunculan di Kota Surabaya? Berikut kami informasikan tiga potensi bisnis kerajinan di Kota Surabaya yang patut Anda perhitungkan sebagai peluang usaha baru yang menjanjikan keuntungan cukup besar setiap bulannya.

batik mangrove surabaya
batik mangrove surabaya

Batik Mangrove Surabaya
Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki motif atau corak batik dengan ciri khas yang berbeda-beda. Termasuk juga Kota Surabaya yang memiliki potensi bisnis batik dengan corak atau motif mangrove yang mulai dipatenkan para pengrajin batik di Kecamatan Rungkut, Surabaya. Beragam motif batik mangrove kini mulai digemari masyarakat luas, seperti bentuk daun mangrove, bunga, sampai untaian buah yang dimeriahkan dengan tambahan mahkluk hidup di sekitarnya yang meliputi ikan, kepiting, serta udang.

Setiap motif dilengkapi nama jenis mangrove yang spesifik sesuai dengan nama latinnya, seperti misalnya motif Aegiceras corniculatum, A. floridum, Avicennia alba, Bruguiera cylindrica, Lumnitzera racemosa, Acanthus ilicifolius, Xylocarpus granatum, Sonneratia alba, Rhizophora mucronata, Pemphis acidula, Nypa fruticans, Barringtonia asiatica, Calophyllum inophyllum, Calotropis gigantea, Pandanus tectorius, Acrostichum aureum, Ipomoea pes-caprae dan lain sebagainya.

Bisnis Kerajinan Eceng Gondok
Selain batik mangrove yang menjadi ikon produk kerajinan Surabaya, sekarang ini ada pula pelaku UKM di Surabaya yang mulai memanfaatkan tanaman gulma seperti eceng gondok sebagai bahan dasar untuk menciptakan produk kerajinan. Bahkan produk kerajinan eceng gondok buatan pengrajin Surabaya ini tidak hanya digemari pasar lokal namun juga telah berhasil menembus pasar mancanegara seperti misalnya Negara Jepang.

Berkat kreativitas tangan ibu-ibu rumah tangga di Surabaya yang digawangi oleh Julita Joylita, sekarang ini UKM yang memproduksi kreasi kerajinan eceng gondok ini telah menghasilkan beragam jenis produk kerajinan, sebut saja seperti sarung bantal, tas wanita, tikar, serta wallpaper eceng gondok yang terlihat cantik dengan harga jual yang cukup menarik.

Bisnis Kerajinan Gendhol Ajaib
Gendhol ajaib merupakan kerajinan miniatur seperti misalnya kapal, sepeda onthel, sepeda motor, serta benda unik lainnya yang  dimasukkan ke dalam sebuah botol. Di Surabaya sendiri salah satu pengrajin gendhol ajaib adalah Joko Pambudianto seorang mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang disela-sela jadwal kuliahnya bisa memproduksi gendhol ajaib dan diekspor ke kawasan Eropa dan juga Negara Jepang.

Melihat potensi SDM dan kekayaan alam Surabaya masih sangat besar, tidak heran bila bisnisukm.com memilih Kota Surabaya sebagai salah satu daerah yang cukup prospektif untuk digali dan dikembangkan potensi UMKMnya dengan mendirikan cabang baru di Kota Pahlawan tersebut. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://4.bp.blogspot.com/-Zg-SeLGVooA/UKq5DdGic_I/AAAAAAAAD0I/JgX_uC1jzDQ/s1600/Tribute-to-Surabaya.jpg
2. http://digilib.petra.ac.id/jiunkpe/s1/jdkv/2011/jiunkpe-ns-s1-2011-42407040-20478-mangrove_batik-extras4.jpg

2 Komentar

  1. apa kerajinan dari kota Surabaya cuma itu saja? apa tidak ada yang lain??? ❔❔❔❓❓❓❓❓

Comments are closed.