Potensi Bisnis Olahan Jagung Cukup Menjanjikan

potensi bisnis olahan jagungMelimpahnya hasil pertanian jagung di sebagian besar daerah Indonesia, memberikan peluang cukup menguntungkan bagi masyarakat kita. Sebab diperkirakan harga jagung dunia, akan mengalami peningkatan pada tahun 2011 ini. Meningkatnya permintaan dunia, membuat persediaan jagungpun semakin berkurang. Akibatnya harga jagung terus naik, bahkan harga jagung di Indonesia sudah mencapai Rp 3.000,00 per kg.

Saat ini jagung bukan hanya dijadikan sebagai makanan pokok sehari-hari saja. Jika biasanya masyarakat hanya mengolahnya menjadi jagung rebus, jagung bakar, atau nasi jagung. Kini seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan masyarakat, jagung bisa diolah menjadi produk industri yang memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya.

Besarnya minat masyarakat akan jagung,  menjadikan potensi bisnis olahan jagung cukup menjanjikan. Keadaan ini juga dimanfaatkan sebagian orang sebagai ajang untuk mencari keuntungan dari peluang bisnis yang berbahan baku jagung.

Peluang bisnis emping jagung

Salah satu produk olahan jagung yang bernilai tinggi adalah emping jagung. Produk yang satu ini, memiliki rasa yang gurih dan sangat renyah. Tak heran jika banyak masyarakat menyukai camilan ini.

Dibandingkan produk olahan jagung lainnya, pembuatan emping jagung memang sedikit lebih sulit dan membutuhkan kemampuan khusus. Sebab proses pemipihan jagung, bukanlah perkara yang mudah. Proses ini memiliki resiko kegagalan yang cukup tinggi, karena biasanya jagung mudah hancur. Jadi hasil yang diperoleh hanya sekitar 80% saja, dan 20% lainnya cenderung gagal karena hancur atau kualitasnya tidak layak jual.

mesin pengemping jagung Untuk proses pembuatan emping jagung sendiri, dimulai dari proses pemilihan jagung yang kualitasnya baik. Setelah itu jagung dibersihkan dengan dicuci. Untuk menghilangkan kulit ari pada jagung, Anda bisa merebus jagung dengan kapur (sebanyak 2-4% dari berat jagung) selama satu jam. Selanjutnya cuci lagi jagung yang sudah direbus sampai bersih, lalu rendam jagung pada air bersih semalam. Kemudian lakukan pengukusan selama satu jam, pada jagung yang sudah direndam semalam. Jika jagung sudah matang, Anda bisa mulai memipihkannya pada saat jagung masih panas menggunakan mesin pengemping jagung. Dengan bantuan mesin tersebut, maka proses pemipihan bisa lebih efektif. Karena mesin pengemping jagung memiliki kemampuan memipihkan jagung dengan cepat, kapasitasnya sampai 30 kg per jam. Disamping itu roll pemipih yang terbuat dari pipa PVC, juga membuat jagung tidak lengket jika dipipihkan. Sehingga resiko kegagalan produksi, bisa diminimalisir. Mesin ini banyak digunakan para pelaku usaha kecil menengah yang memproduksi emping jagung maupun emping melinjo.

Untuk tahapan terakhir, jagung yang sudah dipipihkan menggunakan mesin siap untuk dijemur dibawah sinar matahari. Biasanya pada saat cuaca bagus, proses pengeringan yang dibutuhkan kurang lebih 1-2 hari. Namun bila cuaca tidak bersahabat, maka bisa memakan waktu lebih lama antara 3-4 hari. Produk ini bisa dijual mentah, atau bisa juga dipasarkan setelah digoreng.

Selain mesin pengemping jagung, untuk mempermudah proses produksi Anda juga bisa menggunakan mesin perontok biji jagung. Dengan kapasitas 700-900 kg per jam, mesin tersebut bisa merontokan biji jagung dengan sangat cepat. Tentu itu akan mempermudah Anda dalam memenuhi permintaan emping jagung.

mesin perontok jagung

Cukup mudah bukan? Bagi Anda yang tinggal di daerah penghasil jagung, potensi bisnis ini bisa Anda coba untuk meningkatkan nilai jual jagung di daerah Anda. Oleh karena itu, tingkatkan kejelian Anda untuk memanfaatkan segala potensi yang ada di sekitar Anda. Sekian dulu informasi potensi bisnis daerah pekan ini. Selamat mencoba dan salam sukses.

Informasi
Berbagai mesin untuk memproduksi emping jagung dapat diperoleh :
Aneka Mesin
d/a : Jl. Baru Mulungan No. 15 Gondangan Penen Sendangadi Mlati Sleman, Yogyakarta
Call Support : Senin – Sabtu (Jam 08.00 – 16.00)

  • » Phone : (0274) 6945 660
  • » Phone : (0274) 4360 789
  • » Telkomsel : 081-22-77-999-12
  • » Indosat : 08574-33-666-88
  • » XL : 0878-91-20-20-10

Fax : (0274) 4360 789
Website : http://anekamesin.com
Sumber gambar : http://matanews.com/wp-content/uploads/jagung-hibrida.jpg dan www.anekamesin.com

11 Komentar

  1. saya masih kuliahan modal untuk usaha ini keseluruhannya berapa dari ngambil bahan baku hingga penjualan barang terimakasih

  2. Saat ini kami sedang mencoba mengolah jagung menjadi krupuk dan criping jagung, kami mohon di bantu pemasarannya.

  3. itu semua jagung bisa di pakai?
    aku ada stok jagung kuning…itupun saya jual dalam keadaan kering soaly tdak tau cara mengolahnya.

  4. Berapa persen penyusutan jagung:
    1.Dari jagung tungkul setelah dirontok (blm dijemur/dikeringkan)
    2.Dari dirontok hingga dijemur sampai kering
    3.Faktor apa saja yang perlu diperhatikan dlm mengolah jagung, dr jagung tungkul hingga kering

    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih

  5. saya tertarik dengan bisnis ini mohon sy dapatkan perincian biya,sarana prasarana dan peralatan pendukung yg dibutuhkan sekalian dng harga masing2 peralatanya serta penjualan ke konsumen kira2 berapa per/kg matang/mentahharga yg pantas dijual ditempat sy blm ada.thanks

  6. mohon pengarahan dari rekan2 di komunitas ini untuk memulai bisnis olahan jagung ini

  7. Selamat malam, saya Hariastono dari Bengkayang Kalimantan Barat sekarang saya bertani jagung dengan hasil 6 ton per tiga bulan sedangkan harga jualnya masih sangat rendah mohon bantu cara pemasarannya. saya mau beli mesin perontok dan mesin pengeping jagung jadi bagaimana, dimana dan berapa harga mesin tersebut dan cara pemasarannya. tolong informasinya kirimkan ke email saya hariastono82@rocketmail.com mohon bantuannya agar usaha saya dapat berjalan lancar. Terima kasih.

  8. minta informasi mesin pembuat kerupuk jagung / melinjo dari mesin proses awal sampai dengan mesin proses akhir.
    Mesin-mesinnya apa saja dan berapa harganya ?
    terima kasih
    amat

  9. kami mencari bibit jagung bonanza untuk jawa tengah
    di mana kami bisa temukan?
    terimakasih……..

  10. Selamat pagi,saya nganjur dari Medan, yang dulu juga kuliah di Jogya, namun sekarang sudah di Medan.Di Daerah saya yang di Dataran Tinggi yang berpengasilan Sayur mayur dan buah buahann, namun sebagian daerah saya adalah pengasil Jagung dan Coklat. Saya sangat tertarik peluang yang Bapak/Ibu tawarkan, namun saya ingin mendalami analisa bisnisnya supaya saya melangkah bisa lebih mantap lagi. Bisa Bapak berikan info lebih jelas lagi pak, karena di daerah saya sepertinya belum ada seperti itu.Thanks

Comments are closed.