Produksi Video Tutorial Budidaya Ikan Air Tawar

produksi ikan air tawarPengembangan budidaya perikanan air tawar saat ini mulai menjamur di berbagai daerah baik di perkotaan hingga ke pedesaan. Meskipun begitu, produksi perikanan di wilayah Indonesia secara keseluruhan baru sekitar 8,6 juta ton/ tahunnya, masih kalah jauh dengan potensi produksinya yang mencapai 65 juta ton/ tahun. Sejalan dengan hal tersebut, pada hari Jumat, 24 Desember 2010 tim bisnisUKM berusaha memberikan pembelajaran kepada masyarakat dengan ilmu budidaya perikanan air tawar berupa produksi video tutorial. Mengambil lokasi di daerah Pundong Bantul Yogyakarta, tim bisnisUKM dengan dibantu warga setempat mengambil preview tahapan proses budidaya perikanan air tawar di empat tempat berbeda.

Di lokasi pertama, tim bisnisukm.com mengambil gambar untuk budidaya ikan nila dan ikan gurami. Kebetulan untuk lokasi budidaya dua jenis ikan tersebut dijadikan satu tempat. Area yang menempati kolam tanah tersebut lebih didominasi ikan nilanya. Baru di lokasi kedua yang berjarak 1 km dari lokasi pertama, tempat budidayanya lebih modern yaitu dengan media kolam tembok dan kolam terpal. Untuk kolam tembok dipelihara ikan gurami, sementara untuk kolam terpal dipelihara ikan lele. Banyaknya ikan lele dalam kolam terpal tersebut cukup menarik terlebih ketika diberi pakan pelet ikan-ikan tersebut saling berlomba untuk mendapatkan makanan.

produksi ikan air tawar2Pengambilan gambar dilanjutkan di lokasi ketiga. Di lokasi ini, terdapat tiga kolam tanah berukuran sedang yang masing-masing dipelihara ikan nila, lele, dan gurami. Kondisi kolam yang berada di tengah sawah cukup ini cukup terawat, namun untuk ikan peliharaannya tidak terlalu kelihatan karena keruhnya air. Dan di lokasi yang terakhir, tim mengambil gambar di kolam tembok untuk budidaya gurami. Di lokasi ini, ikan gurami yang dipelihara sudah berukuran konsumsi dan siap untuk dipasarkan.

Dan proses produksi pengambilan gambar untuk budidaya ikan tersebut berakhir pukul 16.30 WIB. Dan dalam video tutorial bisnis budidaya ikan air tawar tersebut, selain berisi bagaimana cara budidayanya, juga dilengkapi dengan analisa usaha budidaya ikan air tawar. Dengan adanya video tutorial ini, diharapkan masyarakat bisa lebih meningkatkan pengetahuan dan pastinya akan mengaplikasikan ilmu tersebut untuk berbudidaya ikan air tawar.

2 Komentar

  1. s memiliki hoby ikan aquarium, pingin budidaya ikan. butuh vidio tutorial budidaya ikan air tawar. gmana?

  2. saya kn pnya pemancingan ikan bawal,gymana cara y spya ikan yang ad die empang saya tuh ga mogok makan”’

Comments are closed.