Profil Pengusaha “ Kedai Digital ”

owner kedai digitalSalah satu pengusaha muda dari Yogyakarta yang kini telah sukses mengembangkan usahanya adalah Saptuari Sugiharto. Runner up wirausahawan muda mandiri tahun 2007 ini telah berhasil membesarkan usaha cetak digital yang dirintisnya sejak tahun 2005 dengan brand “ Kedai Digital ”.

Keberhasilan Saptuari menjalankan bisnis ini ternyata tidak lepas dari kerja keras yang telah Ia mulai sejak menuntut ilmu di Universitas Gajah Mada. Berbagai usaha dan pekerjaan telah Ia jalankan, untuk membantu membiayai kuliahnya. Dari mulai bekerja di radio swasta , perusahaan event organizer, perusahaan rokok, hingga perusahaan komunikasi telah Ia coba sebelum menjalankan usahannya. Belum berhenti disitu saja, selain banyaknya pengalaman menjadi karyawan Ia juga mencoba pengalaman menjalankan usaha. Yaitu usaha berjualan ayam kampung dan usaha stiker, namun kedua usaha tersebut juga berhenti karena untungnya tidak seimbang dengan modal yang dikeluarkan.

Setiap pengalaman yang pernah Ia dapatkan, dijadikan sebagai pelajaran berharga bagi Saptuari. Hingga ide bisnis yang unik ini pun juga diperoleh Saptuari dari pengalamannya waktu Ia masih bekerja. Saptuari kaget melihat antusias masyarakat yang berebut merchandise bergambar selebritis, padahal tidak perlu menjadi selebritis semua orang juga bisa membuat merchandise apa saja yang bergambar foto mereka sendiri.

Dari pengalaman tersebut, Saptuari bertekad untuk mendirikan bisnis unik cetak digital dengan konsep merchandise pribadi. Dengan modal 28 juta, pada tanggal 28 Maret 2005 Ia membuka kios kecil berukuran 2×7 meter di Jl. Cendrawasih 3C Demangan baru dan diberi nama “ Kedai Digital ”. Awalnya kedai digital hanya membuat mug saja, dengan dibantu 3 orang karyawannya kedai digital berhasil membuktikan perkembangan yang pasti hingga menambah produk seperti t-shirt, pin, gantungan kunci, jam, mouse pad, foto dan poster keramik, kalender, serta baner yang semua bisa menggunakan foto sesuai dengan permintaan para konsumen.

profil kedai digitalRespon masyarakat terhadap usaha cetak digital yang terbilang unik ini ternyata sangat bagus. Tiap tahunnya omset kedai digital meningkat, yang awalnya dibantu 3 karyawan kini kedai digital yang telah memiliki 40an cabang yang telah tersebar di beberapa kota telah memiliki karyawan lebih dari 150 karyawan.

Rata – rata karyawan yang direkrut Saptuari adalah para mahasiswa, karena Ia ingin para mahasiswa belajar entrepreneur untuk masa depan mereka. Saptuari juga selalu mengingatkan para mahasiswa untuk selalu bergerak, bukan hanya memikirkan nasib para rakyat dengan berdemo. Namun juga harus memikirkan nasib mereka sendiri, dengan jadi seorang pengusaha sebelum di wisuda.

Franchise Kedai Digital

Dengan usaha keras dan keyakinan yang dimiliki pemuda 31 tahun ini, kini usaha kedai digital yang dijalannya 5 tahun ini telah memberikan omset milyaran rupiah bagi dirinya. Segmen pasar yang ditujukan bagi para anak muda telah berhasil memberikan kesuksesan bagi Saptuari di usianya yang masih muda. Saat ini kedai digital juga sudah membuka sistem kemitraan untuk para pengusaha yang tertarik dengan bisnis cetak digital miliknya.

Kesuksesan Saptuari Sugiharto di usianya yang masih muda, memberikan inspirasi bagi kita untuk tidak takut mencoba segala peluang usaha yang ada.  Semoga profil pengusaha “ Kedai Digital ” dapat memberikan manfaat bagi para pencari usaha maupun pelaku usaha lainnya. Salam sukses.

Sumber gambar : http://media.vivanews.com/thumbs2/2008/12/17/61191_sapturi_dengan_karyanya_300_225.jpg dan http://www.kedaidigital.com

17 thoughts on “Profil Pengusaha “ Kedai Digital ””

  1. mas bisa bagi” ilmuy duong,sy jg pngen b’wira usaha..
    apakah sy yg dr ”0” ini bisa membuka usaha spt kdai dgital???
    brapkah modal yg harus disiapkn..??
    terima kasih ats jawabany..

    Reply
  2. salam,,
    saya sangat tertarik dengan usaha yang anda jalani ini, bolehkah saya menawarkan kerja sama? jika boleh Saya berencana dan ingin membuka spt hal nya kedai digital di kota saya, berapa biaya nya dan prosedur spt apakah untuk bisa join di usaha anda?
    kalau boleh bisa hub saya di 08986671638 dan email saya w_ahyou17@yahoo.com
    terimakasih

    Reply
  3. Dengan bangga melihat kesuksesan jg kemajuan pesat dengan kedai digital nya,.
    Saya berencana dan ingin membuka spt hal nya kedai digital di kota saya, berapa biaya nya dan prosedur spt apakah untuk bisa join di usaha nya,. :)
    matur nuwun sblmnya,.

    Reply
  4. mz aq tinggalnya di jogja..aq pengen buka usaha kedai digital,,tapi saya kurang tau dimana tempat buat kursusnya yang di daerah kogja gitu!!
    mhn bntuannya mz.saptuari…thanks

    Reply
  5. mas saptuari sugiarto, saya amat bangga terhadap mas yang dimana pemikiran mas sangat amat maknyus… sehingga mendorong ardenalin sy untuk berwirasuwasta serta membuat sy terpacu untuk mencoba, jadi saya sangat senang jika mas mau meluangkan sedikit waktu untuk memberi saran n masukan ny.

    terima kasih.

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba