Promosi Online Untuk Bisnis Kuliner

makanan onlineSaat ini hampir semua orang mulai memahami betapa besarnya peluang bisnis online. Mudahnya pemasaran bisnis dengan memanfaatkan bantuan internet dan murahnya biaya operasional yang dibutuhkan, membuat sebagian orang memutuskan untuk menggabungkan antara bisnis konvensional dengan bisnis online. 

Melihat minat masyarakat yang mulai tertarik melakukan transaksi jual beli melalui online, ternyata tidak hanya dimanfaatkan para pemain di bidang fashion maupun pedagang barang-barang elektronik saja. Produk kuliner yang notabene tidak bisa bertahan lama pun, kini juga memiliki peluang pasar yang cukup besar untuk dipromosikan melalui media online. Hal ini terbukti dengan munculnya beberapa website toko online yang mengangkat aneka macam kuliner sebagai produk unggulan yang mereka tawarkan.

Meskipun bisa dibilang bisnis kuliner belum lama ditawarkan di media online, namun antusiasme konsumen terhadap toko kuliner online sangatlah besar. Bahkan tidak sedikit jumlah pelaku bisnis kuliner yang akhirnya sukses mendapatkan omset jutaan, setelah mereka memasarkan produknya melalui media online. apakah Anda tertarik?

Sebelum melakukan promosi online untuk bisnis kuliner, berikut ini kami informasikan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menyesuaikan jangkauan pemasaran dengan daya tahan makanan yang ditawarkan. Untuk produk makanan yang cepat basi, Anda bisa mengoptimalkan pemasarannya di dalam kota saja. Sedangkan untuk produk makanan yang bisa dibekukan (frozen food) atau makanan kering yang berdaya tahan lama, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan bantuan jasa pengiriman barang yang terpercaya.
  • Kedua adalah memasang gambar menu yang ditawarkan untuk memikat hati konsumen. Usahakan gunakan foto asli dan pilihlah gambar yang paling menarik, hal ini penting agar konsumen Anda semakin penasaran dan menggugah keinginan mereka untuk menikmati makanan yang ditawarkan.
  • Hal ketiga yang tidak kalah penting adalah melengkapi penawaran produk dengan informasi yang cukup detail. Misalnya saja membuat konten artikel yang membahas menu makanan tertentu mulai dari komposisinya, cara membuatnya, cita rasanya, dan tidak ketinggalan pula cantumkan harga jualnya. Jadi, konsumen akan semakin yakin untuk membeli setelah mereka mempelajari deskripsi produk yang Anda sampaikan.
  • Strategi keempat yaitu gencar melakukan promosi melalui situs jejaring sosial. Untuk jual makanan onlinemeningkatkan penjualan produk Anda, tidak ada salahnya bila Anda aktif mempromosikan bisnis makanan tersebut melalui akun facebook, twitter, google plus, blog, forum jual beli online, atau melalui situs gratisan lainnya. Melalui akun-akun tersebut, Anda bisa mempromosikan produk makanan yang ditawarkan melalui upload gambar, posting artikel, menawarkan jaringan diskon, dan lain-lain.
  • Bangun loyalitas pelanggan dengan pelayanan prima yang Anda berikan. Yang namanya produk makanan, resiko kerusakannya cukup besar selama proses pengiriman barang berlangsung. Karena itu, usahakan gunakan kurir terpercaya agar produk Anda sampai ke tangan konsumen tepat waktu dan tentunya dalam keadaan yang tidak rusak. Sedangkan untuk pengiriman jarak jauh, sebaiknya jalin kerjasama dengan jasa ekspedisi yang berkualitas agar proses pengiriman tidak mengurangi kepuasan para pelanggan.

Dengan memanfaatkan media online, para pelaku bisnis kuliner bisa meningkatkan omset penjualan mereka hingga berlipat-lipat sehingga tidak menutup kemungkinan bila bisnis mereka pun bisa melesat dengan cepat.

Semoga informasi tips bisnis online ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan memberikan inspirasi baru bagi para pemula yang tertarik menekuni bisnis kuliner. Terus berkarya, jangan mudah putus asa dan salam sukses!

Sumber gambar : http://www.blockis.org/wp-content/uploads/2011/02/food-business.jpg dan http://www.300ribu.com/wp-content/uploads/2011/05/sedapur.jpg

5 thoughts on “Promosi Online Untuk Bisnis Kuliner”

    • Terimakasih sudah berkunjung ke BisnisUKM.com, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda Pak Ricki.

      Reply
    • Terimakasih Bapak Nur Setiyo atas respon yang disampaikan, semoga BisnisUKM.com bisa menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bisnis bagi pemula maupun pelaku UKM di Indonesia. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba