Promosikan Blog Anda dengan Email Marketing

Promosikan Blog Anda dengan Email Marketing

Tak bisa dipungkiri bahwa meningkatnya jumlah pengguna internet setiap harinya, selalu diiringi kemunculan para blogger baru yang ingin ikut ambil bagian meraih sukses di dunia maya. Hal ini tentunya membuat persaingan bisnis di internet kian hari juga semakin padat. Oleh karenanya para blogger harus berjuang keras dan saling berlomba untuk mempromosikan alamat situs mereka ke masyarakat luas, sebelum akhirnya menawarkan produk unggulan yang mereka miliki kepada para konsumennya.

Salah satu strategi yang dapat digunakan para blogger untuk promosi blog ke masyarakat luas yaitu dengan menggunakan email marketing. Apa itu email marketing? Yang dimaksud dengan email marketing adalah surat elektronik (email) yang sengaja dikirimkan seorang blogger untuk mempromosikan blog atau mengenalkan brand yang mereka miliki kepada calon konsumen. Biasanya email marketing berisi penawaran produk, informasi atau tips, serta produk  gratis (bisa berupa ebook atau software) yang sengaja dikirimkan para blogger untuk menciptakan loyalitas konsumen.

Meskipun keberadaan email marketing sangat membantu kegiatan promosi bisnis online, namun untuk bisa sukses melakukan email marketing ternyata tidak semudah yang dibayangkan banyak orang. Karena sampai hari ini, terbukti masih banyak konsumen yang belum tertarik untuk membaca kiriman email marketing dari beberapa blogger, sehingga promosi yang dilakukannya juga belum optimal.

Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, mari kita bahas bersama hal-hal yang perlu diperhatikan para blogger, agar email marketing yang kita buat dapat menarik minat konsumen untuk membuka, membaca, dan membeli produk yang ditawarkan.

Pertama, buat judul yang menjual. Untuk memancing konsumen tertarik membuka kiriman email Anda, maka sebaiknya buatlah judul yang benar-benar menjual. Hal ini akan membuat para pembaca penasaran, sehingga mereka tertarik untuk membaca isi dari email tersebut. Selain itu, cantumkan pula judul email pada kolom subject. Sehingga para pembaca bisa membedakan manakah email yang benar-benar bermanfaat, dan mana email spam.

Kedua, tawarkan isi yang menarik. Selain judulnya yang menjual, lengkapi isi email dengan sesuatu yang menarik. Pastikan juga isi email Anda mudah dipahami para pembaca. Sehingga para pembaca tertarik membaca email Anda sampai selesai, tidak hanya membacanya sekilas lalu menghapusnya. Selanjutnya, gunakan bahasa yang bisa mengakrabkan Anda dengan para konsumen. Agar email marketing Anda tidak dianggap spam oleh para konsumen.

Ketiga, berikan tips atau produk gratisan secara berkala. Disamping menginformasikan produk-produk yang Anda miliki, tidak ada salahnya bila Anda memberikan tips atau ebook gratis bagi para konsumen secara berkala. Kegiatan ini akan membuat para konsumen selalu tertarik untuk membuka, membaca, dan menyimpan kiriman email dari Anda. Sehingga loyalitas konsumen pun juga semakin terbangun, dari informasi yang Anda berikan.

Keempat, letakan link dengan tepat. Sebagian besar pelaku bisnis online tidak terlalu mementingkan letak link yang dicantumkan. Sehingga tak jarang pembaca malas membaca kiriman email sampai selesai, karena peletakan link yang kurang tepat bisa merusak minat pembaca.

Sebaiknya jika link Anda cukup panjang, maka letakan alamat link di bagian akhir setelah informasi selesai disampaikan. Jadi, konsumen bisa membaca isi email hingga selesai sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan penawaran yang Anda berikan.

Semakin banyak orang yang tertarik membuka email marketing dari Anda, maka semakin besar pula peluang yang Anda ciptakan untuk mempromosikan sebuah blog. Oleh karena itu, buatlah email marketing yang sebaik mungkin, agar jalan menuju kesuksesan bagi blog Anda juga semakin terbuka lebar.  Selalu lakukan yang terbaik, untuk mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Sekian dulu informasi tentang promosikan blog Anda dengan email marketing yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bisa membantu para blogger dalam meningkatkan penjualan produknya. Selamat berkarya dan salam sukses.

1 thought on “Promosikan Blog Anda dengan Email Marketing”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba