Peluang Bisnis

Prospek Bisnis Repro Kayu

repro kayuPerkembangan jumlah populasi masyarakat dewasa ini semakin meningkatkan kebutuhan akan papan atau tempat tinggal. Dan apabila berbicara mengenai tempat tinggal, pada sebagian besar masyarakat tentunya tidak terlepas dari meubel kayu dari berbagai jenis bahan, desain, ukuran, fungsi dan kualitasnya. Melihat peluang usaha di bidang ini, beberapa institusi pendidikan formal pun menyediakan program-program pendidikan berbasis ketrampilan kerajinan kayu. Berbekal pendidikan inilah, Sugeng Supriyanto mencoba menggeluti usaha di bidang pembuatan meubel kayu. Menurutnya, “prospek ke depannya, usaha kayu cukup bagus terutama bila didukung dengan modal serta pemasaran yang baik”.

Sejak memasuki bangku sekolah menengah, Sugeng sudah tertarik dengan kerajinan kayu. Sehingga setelah tamat sekolah menengah kejuruan, dia mencoba bekerja di usaha pembuatan meubel kayu. Sejak 7 tahun yang lalu mencoba untuk menekuni bidang ini dan hingga kini berusaha mandiri dengan mendirikan usaha sendiri walau dengan modal pas-pasan.

Konsumen

Sampai saat ini, Sugeng selalu melayani konsumen pada segmen menengah ke bawah. Produk-produknya bisa digunakan dari usia bayi, seperti box bayi, sampai usia dewasa seperti meja kursi dan almari. Dari sisi diferensiasi produk tidak terlalu banyak perbedaan dibandingkan dengan produk dari pengrajin kayu lainnya.