Rahasia Strategi Marketing Tiktok Untuk Meningkatkan Penjualan

Sekarang ini hampir tak ada yang tidak mengenal apa itu tiktok. Bahkan mulai dari anak – anak sampai orang tua kini memiliki aplikasi yang satu ini. Kepopulerannya kini mampu menyaingi instagram yang beberapa tahun sempat trend. Sekarang ini banyak yang mulai beralih menggunakan aplikasi ini untuk kegiatan pribadi. Hingga tiktok menjadi salah satu sosial media yang pengguna aktifnya cukup banyak. Dengan banyaknya para pengguna ini tentu bisa kita manfaatkan sosial media ini untuk menjadi target sasaran untuk memasarkan produk.

Memang kemuculan tiktok sudah lama dan kemunculannya dulu tak setrending sekarang ini. Sekarang ini memang tidak hanya digunakan sebagai keperluan pribadi saja. Namun semakin kesini tiktok ternyata sangat mendukung untuk kegiatan bisnis. Menariknya beberapa fitur pada sosial media ini menjadi alasan tiktok ini banyak menjadi pilihan untuk media promosi online. Maka mulailah baru – baru ini para pelaku bisnis berbondong – bondong menggunakan aplikasi yang sedang viral ini.

Tiktok Untuk Marketing

Tiktok ini memang bisa dikatakan platform yang bisa dibilang cukup muda. Pada awalnya kemunculannya memang hanya digunakan untuk kegiatan pribadi. Kemudian banyak yang mempertanyakan apakah tiktok dapat digunakan untuk marketing bisnis? Nah jawabanya bisa, beberapa fitur di tiktok sangat mendukung untuk kegiatan bisnis. Di era modern ini media apapun bisa digunakan dan dikreasikan untuk menjadi sebuah wadah untuk menuangkan ide kreatif berupa konten.

Penggunaan berbagai sosial media untuk promosi bisnis ini tentu sangat efektif untuk mengundang perhatian. Tentunya dengan fitur yang mendukung untuk bisnis tersebut tujuan dari pemasaran tersebut akan tercapai. Didukung pula apabila target berkumpul pada sosial media tersebut maka sudah pasti tepat sasaran dan kemungkinan orang untuk membeli produk akan semakin besar. Kabar menariknya lagi tiktok adalah sosial media yang penggunanya lebih besar dibandingkan twitter dan juga pinterest. Dengan ini maka kamu bisa memaksimalkan potensi yang ada untuk mencari perhatian para pengguna lain.

Nah untuk memahami dan mengetahui secara pasti trik yang sesuai dengan apa yang dimau dan karakter para target pasar adalah dengan menggunakan strategi marketing. Maka penting sekali untuk melakukan riset dan menganalisa terlebih dahulu beberapa hal terpenting. Tiktok sendiri merupakan sosial media yang penggunanya sekitar antara 16 tahun sampai 24 tahun, bahkan sekarang sudah banyak para orang tua yang juga mulai tertarik menggunakan sosial media ini. Nah dengan pengguna yang rata – rata anak muda tersebut tiktok ini sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk anak milenial atau targetnya para anak muda milenial.

Begini Strategi Marketing Tiktok

Ikuti Trend dan Buat Konten Seru

Untuk tetap bersaing dipasaran kamu harus selalu mengikuti trend yang ada, maka pastikan jika kamu selalu mencoba trend yang sedang berlangsung. Namun kamu juga harus tahu jika perkembangan trend sangat cepat. Untuk itu kamu harus update setiap harinya dan membuat konten yang menarik dan relevan. Usahakan untuk selalu mengadaptasi apa yang menjadi ciri khas bisnismu.

Buat sebuah versi terbaru dan khas yang unik dari brand bisnismu. Konten yang menarik tentu akan membuat para pengguna lain tertarik dan memancing para calon pembeli untuk mengunjungi dan melakukan tindakan dengan klik tombol follow.

Menggunakan Hashtag Sesuai

Salah satu yang bisa meningkatkan penjualan dengan beriklan di tiktok adalah dengan adanya hashtag pada konten video yang kamu buat. Melalui menu discover video di tiktok akan diurutkan berdasarkan hashtah yang trending.

Dengan penggunaan hashtag ini membantu memperluas jangkauan pemasaran bisnis. Persebaran yang semakin luas maka kemungkinan penambahan followers juga akan semakin tinggi. Melalui hashtag ini juga kamu bisa menentukan kompetitormu. Namun kamu juga harus berhati – hari dnegan hashtag ini karena jika penggunaan hashtag yang tidak tepat maka akan membuat kontenmu tenggelam.

Akan lebih bagus jika kamu menggunakan hashtag spesifik agar kontenmu mendapatkan spotlight. Penggunaan hashtag yan relevan dan tidak terlalu banyak maka justru akan membantu untuk membuat kontenmu berkualitas. Jangan lupa untuk menambahkan hashtag #fyp untuk membuatnya muncul pada halaman depan pengguna.

Kolaborasi Dengan Influncer

Untuk membuat kontenmu lebih menarik dan produkmu semakin dikenal luas dan menjadi trend. Maka kamu perlu kolaborasi dengan para influncer, influncer sekarang ini memang sedang banyak digunakan dan diajak kerjasama untuk membantu menaikkan penjualan dalam sebuah bisnis. Tidak hanya di tiktok saja di sosial media lain influncer memang sedang gencarnya digunakan untuk membantu memperkenalkan sebuah produk. Namun hal yang perlu kamu ingat tidak hanya sekedar kolaborasi dengan influncer. Kamu harus terus dan tetap membangun reputasi bisnismu dengan konten yang berkualitas.

Ajaklah kolaborasi influncer untuk share dan review produk dari bisnismu. Nah sebelum kamu memilih dan mengajak berkolaborasi influncer ini pastikan jika kamu memperhatikan dan menganalisis audience dari influncer tersebut. Nah dari situ kamu bisa mengetahui apakah strategi marketingmu ini sesuai dengan target yang akan kamu bidik. Setelah itu kamu bisa breefing dengan influncer dan membuat target serta point sesuai yang ingin kamu tuju. Setelah itu biarkan influncer sekreatif mungkin mengemas dan merevide produk sesuai dengan karakter dan selera audiencenya.

Memancing Komentar di Postmu

Adanya aktivitas rutin dan hadir dalam kontenmu tentu akan membantu menaikkan reputasi bisnismu. Semakin kamu sering menggunakan tiktok tentu akan membantu tetap hidup dan mempermudah dalam mencari target pasar. Semakin banyak interaksi yang dilakukan semakin baik pula untuk reputasi brand bisnismu. Nah salah satu caranya kamu bisa mengajak dan memancing komentar para audience agar akunmu tetap ramai.

Rutin Membuat Konten

Selain cara diatas, untuk menaikkan penjualan dan membuat agar akun tiktokmu terus aktif kamu harus rutin dalam membuat konten. Seringlah memposting konten yang menarik, setidaknya dalam satu hari buat 2-3 konten. Menariknya tiktok akan memberikan penghargaan pada akun yang sering membuat sebuah konten.

Semakin kamu rutin dan banyak membuat postingan dengan beraneka ragam konsep dan juga hashtag, maka persebaran kontenmu juga akan semakin luas pula. Untuk tetap konsisten dalam membuat konten setiap harinya maka pastikan kamu membuat sebuah plan konten apa yang sedang trend dan bangun terus kreatifitasmu.

Nah itu tadi adalah beberapa contoh strategi marketing memaksimalkan tiktok untuk kegiatan bisnis. Semoga bisa membantu memberikan inspirasi dan pencerahan. Selamat mencoba!

Sumber gambar : https://www.ekrut.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba