Rekomendasi Kemasan Baso Aci Siap Makan dan Instan!

Kemasan baso aci menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Saat ini kemasan baso aci bukan sekadar jadi wadah atau tempat produk saja tapi lebih dari itu kemasan baso aci juga menjadi bagian dari identitas produk itu sendiri. Apalagi kalau kita lihat persaingan bisnis baso aci saat ini yang makin kompetitif. Kemasan bisa menjadi salah satu nilai jual sekaligus modal untuk menguatkan daya saing di antara produk serupa dari kompetitior lain.

Kalau kamu baru memulai usaha baso aci penting untuk dipahami ketika akan menentukan kemasan baso aci mana yang akan digunakan. Kemasan baso aci yang tepat adalah kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk, distribusi produk, penjualan produk, target konsumen, dan biaya yang kamu alokasikan untuk operasional kemasan baso aci.

Pertimbangan Pemilihan Kemasan Baso Aci

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih kemasan baso aci adalah disesuaikan dengan karakteristik produk. Pastinya ketika baso aci yang kamu jual adalah produk siap makan atau sudah matang kemasannya akan berbeda dengan produk baso aci instan. Pertimbangan kedua adalah distribusi produk, masih berkaitan dengan hal pertama di mana kalau produk yang dijual adalah siap makan atau sudah matang berarti alur distribusinya lebih singkat. Umumnya hanya melalui satu alur distribusi yaitu dari resto kamu, kurir, dan sampai ke tangan konsumen. Beda halnya dengan produk instan yang alur distribusinya lebih panjang apalagi untuk pengiriman ke konsumen dari luar kota.

Pertimbangan ketiga adalah penjualan produk. Untuk poin ini lebih cocok dipertimbangkan untuk produk baso aci instan. Kalau produk yang kamu jual termasuk produk fast moving dalam artian sejak produksi selesai dan dijual ke pasaran dalam kurun waktu kurang dari satu bulan produk sudah terjual maka bisa pilih kemasan baso aci yang lebih terjangkau. Beda halnya kalau biasanya produk terjual dalam waktu lebih dari satu bulan. Kamu bisa pakai kemasan baso aci yang lebih berkualitas dari segi bahan atau materialnya.

Keempat pertimbangannya adalah target konsumen. Kalau produk baso aci yang kamu jual menyasar segmen pasar menengah ke atas atau menjadi produk premium, maka kemasan baso aci yang digunakan juga harus disesuaikan. Begitu pun ketika menyasar segmen pasar reguler. Pertimbangan terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Kamu bisa pilih kemasan baso aci sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

Rekomendasi Kemasan Baso Aci

Seperti yang sudah disebutkan sebelum memilih kemasan baso aci, pertimbangkan dulu dengan hal-hal terkait karakteristik produk, distribusi, penjualan, target pasar, dan anggaran. Kemasan baso aci yang digunakan untuk produk siap makan atau yang sudah matang pasti akan berbeda dengan produk instan. Berikut ini rekomendasi kemasan yang bisa kamu gunakan untuk usaha baso aci kamu.

Paper Bowl

Paper Bowl

Paper bowl adalah kemasan yang cocok untuk kamu pilih ketika baso aci yang kamu jual sudah dalam kondisi matang dan siap makan. Kemasan paper bowl bisa digunakan untuk layanan pesan antar atau pun layanan makan di tempat. Paper bowl merupakan kemasan berbentuk mangkuk dengan kualitas food grade sekaligus ramah lingkungan. Tidak rembes atau pun bocor untuk produk berkuah, berminyak, dan panas. Ukurannya mulai dari kecil yaitu 650 ml, sedang 800 ml, dan 1.000 ml ukuran besar. Teknik cetakannya bisa kamu pilih antara paper bowl sablon atau printing.

Kalau produk kamu merupakan produk premium akan lebih cocok menggunakan cetakan printing. Hasilnya akan lebih menarik dengan pilihan warna dan variasi desain yang beragam. Warna merupakan salah satu unsur yang bisa menarik calon pembeli lewat kesan pertama. Untuk produk reguler juga tetap bisa menggunakan paper bowl dengan harga yang lebih terjangkau yaitu cetakan sablon atau pun polos yang ditambahkan label kemasan atau stiker.

Kemasan Thin Wall

Kemasan Thin Wall

Mirip dengan kemasan paper bowl, kemasan thin wall bentuknya juga bulat seperti mangkuk. Ukurannya bermacam-macam bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk produk yang dikemas. Dari material bahan, kemasan thin wall cenderung lebih kuat dibandingkan dengan kemasan paper bowl. Kemasan ini terbuat dari bahan plastik tebal dengan dilengkapi penutup di atasnya. Jadi cocok untuk mengemas bakso aci baik saat kuahnya dicampur atau dipisah.

Selain bentuk bulat thin wall juga ada yang bentuk persegi. Kalau bentuk persegi cocok untuk mengemas baso aci siap saji atau instan. Dari segi perlindungan produk akan lebih aman apalagi untuk pengiriman luar kota. Kalau desainnya bisa kamu manfaatkan label atau stiker dengan warna dan visual yang menarik. Ukurannya juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Standing Pouch Aluminium Foil

Standing Pouch Aluminium Foil

Kalau produk yang kamu jual dalam bentuk instan maka kemasan standing pouch aluminium foil adalah pilihan yang tepat. Apalagi kalau produk kamu adalah produk premium. Pastinya kemasan juga harus menggambarkan kualitas produk. Ada banyak pilihan untuk kemasan standing pouch aluminium foil untuk mengemas baso aci. Mulai dari standing pouch aluminium foil window, kombinasi dengan metalize, dan aluminium foil paper printing.

Untuk produk baso aci premium paling cocok pakai standing pouch aluminium paper printing. Tampilannya bisa full warna dan desainnya lebih bisa dikembangkan. Material dari aluminium foil pada dasarnya punya kemampuan yang baik untuk melindungi produk. Bahannya tebal dan rapat jadi akan menahan udara atau pun gas keluar. Selain itu mencegah kontaminasi udara atau benda asing dari luar. Apalagi untuk melindungi kualitas produk yang alur distribusinya panjang.

Kemasan Standing Pouch Plastik

Kemasan Standing Pouch Plastik

Standing pouch plastik juga cocok untuk mengemas produk baso aci instan. Untuk kemasan yang satu ini dari segi harga lebih terjangkau dibandingkan dengan standing pouch aluminium foil. Kalau dari segi tampilan juga nggak kalah menarik. Materialnya yang bening bisa menampilkan isi produk secara lebih jelas. Jadi isi produk dari baso aci akan terlihat dari luar sekaligus menarik minat calon pembeli. Untuk desainnya bisa memanfaatkan stiker atau label kemasan dengan ukuran atau bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Material standing pouch plastik pada dasarnya juga bisa melindungi dengan baik produk apalagi dengan tambahan ziplock.

Kalau kamu butuh kemasan baso aci yang sesuai dengan karakteristik produk, distribusi, penjualan, segmen pasar, dan anggaran, kamu bisa konsultasikan dengan tim diKemas.com secara gratis tanpa dipungut biaya. Itulah ulasan lengkap seputar rekomendasi kemasan baso aci yang bisa kamu jadikan referensi. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang kamu jalankan #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang punya pengetahuan soal kemasan.

Ikuti terus artikel seputar kemasan produk UMKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba