Rekomendasi Kemasan Roti Buat Bisnis Bakery Kekinian!

Kemasan roti jadi salah satu produk yang sekarang ini banyak dicari oleh para pelaku usaha bakery. Bukan tanpa alasan, pastinya para pelaku usaha bakery terus berkembang dalam menjalankan bisnis. Maka dari itu kemasan roti yang berkualitas menjadi salah satu hal yang bisa menjadikan bisnis bakery makin naik kelas. Begitu juga dengan persaingan bisnis bakery yang dari hari ke hari makin kompetitif. Melalui kemasan roti yang berkualitas, bisnis bakery bisa menjadikannya sebagai penguat daya saing.

Bisnis Bakery

Roti merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan air hasil dari fermentasi dengan ragi. Namun berkembangnya zaman dan kecanggihan yang dapat menghasilkan roti dengan cara pengolahan dari bahan garam, minyak, mentega, dan telur untuk menambahkan kadar protein didalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti termasuk makanan pokok dibagian negara barat, namun dinegara kita roti merupakan makanan pengganti nasi ketika kita sedang dalam keadaan terdesak. Produk roti dalam kemasan adalah satu pilihan utama sebagai bahan pengganti nasi.

Roti banyak dikembangkan jenisnya dari roti basah maupun roti kering. Produkr roti dengan cita rasa tersendiri memiliki daya tarik bagi pelanggan untuk mengonsumsinya sebagai bahan makanan pengganti nasi. Untuk memulai usaha roti ini cukuplah mudah, kita dapat membuatnya dengan bahan dasar tepung yang dapat kita jumpai dipasar, telur yang dapat kita cari dipasar dan dipeternak, dan lainnya. Hal ini untuk pengusaha rumahan dapat memproduksinya karena tak terlalu banyak kendala dalam bahannya. Rasa roti yang enak dan unik mampu menarik minat pembeli, namun hal ini juga dipengaruhi cara dalam pengemasannya. Dengan kemasan yang rapi dan unik diharapkan mampu untuk menarik minat pembeli.

Rekomendasi Kemasan Roti buat Bisnis Bakery

Ada berbagai jenis kemasan roti yang bisa menaikkan value produk. Mulai dari jenis bahan kemasan roti, model kemasan, ukuran kemasan, dan cetakan kemasan roti yang bisa disesuaikan dengan desain kemasan yang dibuat. Kemasan roti bukan sekadar sebagai wadah atau bungkus produk saja. Tapi lebih dari itu kemasan roti juga menjadi bagian dari identitas sebuah produk. Maka dari itu buat kamu para pelaku usaha bakery sangat penting untuk menentukan kemasan apa yang bisa menguatkan identitas produk. Berikut ini beberapa rekomendasi kemasan roti yang bisa bikin bisnis bakery kamu makin naik kelas!

1. Kemasan Roti Paper Bag

Kantong Kertas Food Grade yang saat ini banyak dibutuhkan pelaku bisnis kuliner ini juga dikenal dengan nama kemasan roti paper bag. Contoh model kemasan roti kantong kertas ini seperti Roti Boy atau pun Roti O. Meski diproduksi dari bahan kertas, tapi kemasan makanan ini aman dari bahan kimia maupun logam berbahaya karena diproduksi menggunakan kertas khusus dengan sertifikat food grade. Biasanya kemasan kantong kertas food grade ini digunakan oleh pelaku usaha untuk mengemas produk dengan ukuran sedang yang dijual satuan. Seperti Roti O, Donat, Cookies, Bola-Bola Ubi, dan aneka snack lainnya. Tampilan dari produk roti kamu pastinya akan semakin menarik, higienis dan terlihat lebih mahal jika dikemas dengan kemasan roti paper bag ini.

Apalagi saat ini untuk mendapatkan kemasan makanan model kantong kertas food grade tidak harus produksi dalan jumlah besar. Karena diKemas.com menyediakan kemasan kertas kantong untuk roti dengan model warna putih, yang bisa kamu beli dengan minimal order sangat kecil. Selain kemasan polos, tersedia juga kemasan sablon yang bisa dipilih warnanya sesuai kebutuhan. Pastinya kemasan sablon dari segi tampilan akan lebih menarik. Ditambah dengan desain kemasan yang kekinian. Kalau kamu mau cetak kemasan roti yang lebih kece lagi, bisa pilih kemasan paper bag roti printing. Desainnya bisa dikonsep dengan lebih eye cathing mulai dari visual dan pemilihan jenis font.

2. Kemasan Roti Plastik OPP

Plastik kemasan roti secara umum terbuat dari plastik OPP, PP, atau CPP. Umumnya setiap toko roti menggunakan plastik kemasan dengan desain brand toko yang diusung. Tujuannya selain untuk melindungi produk dan mempercantik tampilan roti yang dipasarkan, kemasan plastik roti dengan gambar desain serta merk produk memudahkan konsumen untuk mengenali brand toko atau merk produk yang dipasarkan. Pemilihan plastik kemasan roti sengaja menggunakan bahan yang bening sehingga bentuk dan tampilan roti yang terbungkus dapat terlihat dengan jelas dari luar. Salah satu yang bisa kamu gunakan adalah plastik OPP di mana kemasan roti yang satu ini bisa disablon dengan satu warna. Tampilannya tentu saja akan menarik dibandingkan dengan plastik polos atau tempelan stiker. Kamu bisa cantumkan nama produk atau usaha bakery kamu serta informasi lainnya pada kemasan.

3. Box Burger dan Snack

Kemasan box burger ini selain tampilannya yang unik fungsinya juga beragam. Box ukuran mini ini selain digunakna untuk mengemas burger juga bisa digunakan untuk mengemas produk jajanan lainnya. Seperti pancake, gorengan, kentang goreng, dan jajanan kekinian lainnya dalam porsi kecil.  Box berger menjadi salah satu kemasan yang saat ini sangat di bidik oleh para pebisnis kuliner. Bentuk kemasan yang simple namun elegant, mampu menampilkan kesan mahal pada makanan yang dijual. Selain kemasannya yang simple, model seperti ini juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Nggak heran kalau kemasan ini sangat diburu oleh para pelaku bisnis. Bahannya ada yang dari kertas craft, duplex, dan ivory. Kalau cetakannya ada dua pilihan antara sablon satu warna atau printing full color.

4. Box Window

Kalau kemasan roti yang satu ini tampilannya super keren karena ada bagian transparan yang bisa memperlihatkan sebagian isi produk.  Kemasan box window banyak digunakan untuk bolu atau kue basah lainnya. Selain menjaga produk untuk tetap aman dan apik kemasan ini sebagai ajang promosi dari nama produk tersebut. Material kemasan bisa kamu pilih antara kemasan window duplex atau ivory. Ukurannya juga beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Mau ukuran kecil, sedang, atau pun besar, kemasan window akan tetap cocok untuk menjadikan produk kue atau roti kamu tampil lebih elegan.

5. Kemasan Box Donat

Siapa tak kenal Donat? Kue berbentuk bundar yang banyak digemari oleh anak-anak ini menjadi salah satu jajanan yang populer saat ini. Untuk menambah nilai jual dari donat, baiknya kamu juga merombak atau memperbaharui pada model kemasan yang dipakai. Kemasan kertas box donat tentunya menjadi pilihan yang tepat. Di samping kemasan yang simple, box ini juga bisa diberi variasi desain grafis untuk mempercantik tampilannya. Pilih bahan kemasan ivory yang bisa menjadi nilai tambahan karena bahan ini selain aman untuk makanan juga mudah untuk dibentuk. Harganya cukup relatif murah dan ukurannya bisa custom sesuai kebutuhan. Selain bahan ivory ada juga bahan duplex dan karton.

6. Toples Kue Kering

Biasanya H-2 Bulan lebaran tiba, kemasan toples kue kering bakal banyak diburu sama pelaku usaha bakery nih. Dari segi tampilan pastinya menarik banget karena keseluruhan produk akan terlihat dari luar. Biar nggak polosan, kamu bisa tambahkan label atau stiker kemasan untuk memuat informasi yang diperlukan. Mulai dari logo produk atau logo usaha, komposisi produk, informasi kontak, dan informasi lainnya. Pastikan infonya singkat, padat, dan jelas ya. Umumnya ukuran kemasan yang banyak dipakai antara 250gram atau 500gram. Ada juga ukuran lainnya yang bisa custom sesuai kebutuhan.

7. Standing pouch

Kemasan roti yang satu ini biasa digunakan untuk mengemas produk kue kering atau kue sehat. Seperti kue dari oat atau gandum bebas gluten. Tapi kemasan ini juga bisa digunakan untuk jenis kue kering lainnya asalkan ukurannya kecil. Kalau jenis kemasan standing pouch ada bermacam-macam. Seperti standing pouch craft, craft window, alufoil, alufoil paper, plastik, metalize, dan kombinasi antara tiap jenis kemasan standing pouch.

8. Kemasan Box Oleh-Oleh

Kalau kemasan roti yang satu ini selain serba guna dari segi tampilan juga super premium. Ukurannya bisa custom sesuai kebutuhan. Materialnya kuat dan dari cetakan desainnya menggunakan sablon beragam warna. Box oleh-oleh ini bisa diisi beberapa kotak produk atau bahkan kaleng produk. Cocok banget buat kamu yang punya usaha bakery dengan segmen pasar wisatawan. Selain itu kemasan ini juga cocok kamu gunakan untuk penjualan produk dalam bentuk paket parcel.

Itulah ulasan seputar kemasan roti yang bisa menjadi referensi untuk usaha bakery kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha kamu makin Naik Kelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke rekan yang lain supaya makin banyak orang yang mendapat pengetahuan soal kemasan UKM.

Ikuti terus informasi menarik seputar kemasan produk UKM lainnya hanya diĀ BisnisUKM.com

Leave a Comment