Peluang Usaha Keripik Basreng Pedas Camilan Kekinian!

Usaha keripik basreng pedas masih punya peluang menggiurkan untuk kamu coba. Gimana enggak? Basreng atau bakso goreng, camilan pedas gurih asal Bandung ini banyak digemari oleh anak-anak milenial. Apalagi kalau kita lihat tren bisnis kuliner di masa sekarang ini.

Di mana makanan dengan cita rasa pedas akan mudah mendapatkan hati konsumen. Terutama untuk kalangan anak mudan dan pecinta pedas. Sebab pada dasarnya makanan dengan cita rasa gurih pedas akan menimbulkan efek nagih bagi setiap orang yang menikmatinya. Jadi jangan heran kalau bisnis kuliner makanan pedas tidak pernah redup justru semakin ramai.

Peluang Usaha Keripik Basreng Pedas Camilan Kekinian!

Melihat Peluang Usaha Keripik Basreng Pedas

Begitu juga dengan peluang usaha keripik basreng pedas yang masuk dalam jajaran binis makanan ringan paling laris di Indonesia. Bahkan usaha keripik basreng pedas ini sudah ada yang berkembang dalam bentuk usaha kuliner waralaba.

Bisnis camilan pedas saat ini makin menggiurkan untuk dicoba. Bukan tanpa alasan karena orang Indonesia termasuk ke dalam golongan penyuka makanan pedas. Dari sabang sampai merauke masakan khas daerahnya tidak lepas dari unsur pedas dan rempahnya yang kuat.

Makanan dengan rasa pedas sepertinya sulit dipisahkan dengan keseharian orang Indonesia. Seperti sambal yang dirasa wajib ada di setiap hidangan makanan. Hingga saat ini bisnis camilan pedas dengan beragam level menjadi tren. Banyak pelaku camilan pedas yang kemudian mendapatkan keuntungan besar dari tren tersebut.

Kebanyakan penggemar kuliner camilan pedas ini adalah anak muda. Seperti yang kita ketahui bahwa anak muda adalah segmen pasar yang bisa disasar oleh beragam jenis produk. Maka dari itu tren bisnis kuliner jajanan pedas akan membuka peluang yang menjanjikan untuk usaha keripik basreng pedas.

Memulai Usaha Keripik Basreng Pedas

Nah untuk memanfaatkan peluang usaha keripik basreng pedas ini ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Berhubung usaha keripik basreng pedas ini akan kamu jalankan dari skala rumahan maka modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

Sebab biasanya modal usaha yang paling besar adalah untuk sewa tempat. Jadi, jangan khawatir soal modal usaha keripik basreng pedas ini. Berikut ini Bisnis UKM akan mengulas persiapan usaha keripik basreng pedas selengkapnya.

1. Cari Supplier Bakso yang Tepat

Sebelum disulap jadi keripik basreng, tentu ada bakso dalam wujud utuh seperti pada umumnya. Untuk menjalankan usaha keripik bareng pedas ini kamu perlu survei ke penyedia bakso. Jangan malas untuk jalan ke pasar dan melihat-lihat siapa saja yang menyediakan bakso. Kalau kamu sudah tahu penyedianya, kamu tinggal membandingkan harga saja.

Kalau bisa cari yang harganya lumayan miring, gunanya untuk menekan pengeluaran untuk modal. Kamu juga harus pastikan kualitas baksomu bagus ya. Jangan sembarangan memilih bakso yang asal murah tapi nggak berkualitas. Kalau mau berbisnis ya kualitas tetap jadi prioritas utama. Dengan menjaga kualitas bahan baku, maka produk keripik basreng pedas juga bisa tahan lama dan terjaga kualitasnya.

2. Temukan Resep Khas Keripik Basreng

Dalam dunia bisnis kuliner persaingan rasa adalah hal yang tidak dapat dihindarkan. Kunci kesuksesan usaha keripik basreng pedas salah satunya adalah cita rasa yang sesuai dengan selera pasar.

Maka dari itu kamu harus meracik resep keripik basreng dengan ciri khas tersendiri dan disukai oleh konsumen. Berikut ini resep yang pada umumnya dipakai untuk membuat keripik basreng dan pastinya bisa kamu kembangkan lagi.

Bahan :

– Bakso daging

– Cabai kering

– Bawang putih

– Garam dan penyedap rasa secukupnya

– Gula pasir

– Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Bakso diiris tipis-tipis.

2. Siapkan wajan dan tuang minyak goreng untuk dipanaskan.

3. Setelah itu masukkan irisan bakso ke dalam wajan. Goreng dengan api sedang sampai agak kering kemudian angkat.

4. Goreng kembali irisan bakso sampai mengering, angkat, dan tiriskan.

5.Tumbuk bawang putih sampai halus kemudian tumis hingga harum. Tambahkan garam, penyedap rasa, gula, dan cabai kering secukupnya.

6. Campurkan keripik basreng dengan bumbu hingga merata. Simpan dalam kemasan kedap udara.

7. Keripik basreng siap disajikan ke pelanggan.

3. Pilih Kemasan Keripik Basreng

Kemasan yang tepat dan menarik akan sangat berpengaruh pada penilaian konsumen. Apalagi untuk menciptakan kesan pertama yang baik pada konsumen. Maka dari itu supaya produk usaha keripik basreng pedas kamu makin banyak dilirik sama konsumen.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih kemasan snack keripik basreng. Mulai dari desain sampai pemilihan jenis kemasan snack yang tepat. Beberapa kemasan snack keripik basreng yang bisa kamu pilih adalah kemasan standing pouch plastik bening atau kemasan standing pouch alufoil.

4. Strategi Pemasaran

Semua jenis usaha sudah pasti perlu yang namanya strategi pemasaran. Begitu juga dengan usaha keripik basreng pedas yang kamu jalankan. Di mana strategi pemasaran ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain kamu bisa menitipkan camilan keripik basreng ke toko, warung bahkan bisa juga dititipkan di supermarket sehingga nantinya bisa lebih mudah dalam pemasarannya.

Kamu juga bisa mempromosikan keripik basreng pedas melalui media sosial seperti instagram dan facebook. Selain itu manfaatkan juga marketplace sebagai toko online untuk menjual keripik basreng yang kamu buat. Untuk menambah peluang usaha keripik basreng pedas kamu makin terbuka lebar, urus perizinan edar dengan mengajukan izin P-IRT ke Dinas Kesehatan setempat.

5. Analisa Modal

Untuk memulai usaha keripik basreng pedas skala rumahan modalnya tidak akan terlalu besar. Kamu cukup investasikan modal awal untuk kebutuhan alat produksi. Selebihnya kamu alokasikan untuk biaya operasional usaha. Berikut ini analisa modal usaha keripik basreng pedas yang bisa kamu pelajari.

Investasi Awal

– Baskom dan Wadah Rp75.000

– Panci Rp100.000

– Wajan Rp100.000

– Alat Penggoreng Rp50.000

– Kompor & Tabung Gas Rp400.000

– Pisau Rp50.000

– Nampan Rp25.000

– Serbet Rp25.000

– Mesin Hand Sealer Rp300.000

– Biaya lain Rp112.500

Jumlah Investasi Awal Rp1.237.500

Biaya Operasional

– Bakso Sapi Rp50.000 x 30 = Rp1.500.000

– Minyak Goreng Rp25.000 x 30 = Rp750.000

– Bumbu Cabe Rawit Rp10.000 x 30 = Rp300.000

– Penyedap Rasa Rp5.000 x 30 = Rp150.000

– Daun Jeruk Rp5.000 x 30 = Rp150.000

– Air dan Listrik 15.000 x 30 = Rp450.000

– Kemasan Rp30.000 x 30 = Rp900.000

 – Biaya lain Rp420.000

Total Biaya Operasional Rp4.620.000

Pendapatan Per Bulan

30 Bungkus x Rp11.000 = Rp330.000

Rp330.000 x 30 = Rp9.900.000

Laba

Pendapatan – Total Biaya Operasional

Rp9.900.000-Rp4.620.000 = Rp5.280.000

Itulah ulasan tentang usaha keripik basreng pedas yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis kuliner pedas. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha makanan ringan yang kamu jalankan makin #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis!

Ikuti terus tulisan tentang usaha camilan menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com

2 Komentar

    • Selamat pagi kak wulan, terima kasih sudah berkunjung ke webiste bisnisukm.com :)

      Ketahanan keripik basreng itu berbeda tiap produk tergantung bahan bakunya, pengolahanya dan juga kemasan yang digunakan. Biasanya masa expired bisa diketahui melalui uji lab ketika didaftarkan izin edar SPP-IRT.

      Reply

Leave a Comment