Rekomendasi Kemasan Take Away Buat Bisnis Kuliner!

Kemasan take away merupakan salah satu jenis kemasan yang paling banyak dicari oleh para pelaku bisnis di bidang food and beverages. Hal ini pastinya bukan tanpa alasan mengingat perubahan pola konsumsi masyarakat yang sekarang ini sudah bergeser lebih banyak mengandalkan layanan pesan antar. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang di mana layanan dine in cenderung akan kurang diminati. Bahkan memang sengaja dibatasi untuk mencegah terjadinya penularan atau penyebaran virus covid19.

Untuk menyiasati keadaan pandemi ini supaya bisnis kuliner terus berjalan dan pendapatan stabil salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan mengandalkan penjualan secara take away. Mungkin yang tadinya belum menyediakan layanan pesan antar, akan menjadikan layanan tersebut sebagai value yang lebih bernilai. Lebih gampangnya dengan mendaftar sebagai mitra resto di aplikasi pesan antar. Kalau udah nyediain layanan delivery pasti butuh kemasan take away yang juga mendukung untuk layanan pesan antar.

Rekomendasi Kemasan Take Away

Pada dasarnya jenis kemasan take away itu sangat beragam. Kamu sebagai pelaku usaha kuliner bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari jenis produknya, ukurannya, sampai desain kemasan take away seperti apa yang akan dipakai. Berikut ini beberapa macam kemasan take away yang bisa kamu pilih sesuai dengan jenis makanan yang kamu jual.

1. Lunch Box

Bahan lunch box yang banyak digunakan adalah kertas ivory yang sudah dilaminasi atau foodgrade. Kemasan take away yang satu ini biasa digunakan untuk mengemas berbagai jenis makanan. Mulai dari nasi, mie, bahkan sampai camilan kekinian yang sedang tren di pasaran. Seperti nugget pisang, sushi roll, dan aneka jajanan kekinian lainnya. Ukuran yang tersedia juga beragam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis kuliner yang kamu jalankan. Secara umum ada tiga ukuran lunch box yaitu ukuran S 15cm x 10cm x 4 cm, ukuran M 16cm x 9cm x 5 cm, dan ukuran L 18cm x 10cm x 5,5 cm.

Cetakan dus lunch box bisa kamu pilih antara polos yang nantinya bisa kamu tambahkan stiker atau label. Kemudian ada juga dus paper lunch box sablon dengan tampilan yang simpel. Terakhir adalah paper lunch box printing yang tampilannya paling menarik dibandingkan dengan cetakan lainnya. Kamu bisa membuat desain yang lebih kompleks ketika memilih kemasan printing full color. Mulai dari pemilihan visual, jenis font, dan warna bisa lebih beragam. Pastinya lunch box printing full color bisa semakin menguatkan identitas produk atau bisnis kuliner yang kamu jalankan.

2. Food Pail

Kemasan take away yang satu ini berbahan kertas layaknya box atau dus makanan pada umumnya. Model kemasannya seperti box dus kotak tapi ada kuncian di bagian atas atau tutup sehingga lebih praktis untuk digunakan. Tampilan dan desainnya unik serta menarik. Bahan kertas untuk food pail ini menggunakan ivory yang sudah dilaminasi dan masuk kategori food grade. Jadi tidak akan rembes atau bocor.

Selain food pail berbahan kertas ivory, ada juga food pail paper craft dengan tampilan warna krem klasik. Bahan paper craft juga sudah dilaminasi jadi tetap aman untuk mengemas produk makanan. Food pail cocok digunakan untuk mengemas mie, nasi, dan aneka jajanan kekinian seperti tahu walik crispy, jamur crispy, kentang goreng, dan makanan ringan lainnya. Untuk cetakannya kamu bisa pilih teknik cetakan menggunakan printing full warna atau sablon kalau kamu ingin desain kemasan yang simpel. Bisa juga dengan memanfaatkan stiker atau label untuk food pail polos.

3. Kemasan Take Away Paper Bowl

Kemasan take away berbentuk mangkuk dari bahan kertas ini banyak digunakan untuk produk-produk makanan. Mulai dari camilan, makanan berat, sampai makanan berkuah. Ukurannya juga beragam mulai dari ukuran kecil, sedang sampai besar. Tapi kebanyakan kemasan paper bowl yang digunakan para pelaku bisnis kuliner yang menjual makanan berat adalah ukuran M atau sedang 650ml dan ukuran besar L 800ml. Biasanya digunakan untuk mengemas makanan berkuah seperti soto, bakso, atau bubur. Tapi serin juga digunakan untuk mengemas olahan nasi seperti aneka rice bowl bahkan digunakan untuk mengemas camilan seperti cilok, cimol, dan aneka jajanan lainnya.

Kemasan paper bowl dilapisi bahan anti panas dan anti air. Jadi jangan khawatir kemasan akan bocor atau rembes. Terutama buat kamu yang menjual aneka makanan berkuah. Tampilannya menarik dan paper bowl termasuk kemasan ramah lingkungan. Jadi limbahnya bisa didaur ulang dan bisnis kuliner milik kamu tidak akan terlalu menghasilkan banyak limbah. Untuk desainnya kamu bisa gunakan stiker atau sablon. Kemasan paper bowl juga dilengkapi dengan penutup. Jadi makanan yang berkuah atau kering akan tetap aman sampai ke konsumen ketika dikirimkan dengan layanan pesan antar.

4. Box Kue

Bisnis bakery juga tetap bisa bertahan dan makin berkembang kalau ikut beradaptasi dengan keadaan. Kemasan take away untuk bisnis bakery pilihan yang bisa dipakai juga beragam. Disesuaikan dengan ukuran dan jenis produk. Kalau untuk jenis kue-kue kecil bisa pilih kemasan box duplex ukruan kecil. Tapi kalau bahan kemasan yang sudah dilaminasi bisa pilih kemasan box kue ivory. Untuk ukuran kue yang lebih besar, ukurannya bisa custom sesuai kebutuhan.

Kemasan yang juga nggak kalah menarik adalah box pizza warna cokelat. Ukuran bisa custom dan tampilannya lebih elegan. Bahkan ada juga kemasan take away dus oleh-oleh yang desain dan ukurannya bisa custom. Dus oleh-oleh ini materialnya kuat, jadi akan tetap aman untuk diisi beberapa kotak kue atau toples kue. Kalau cetakannya juga bisa kamu pilih antara stiker, sablon, atau printing.

5. Kemasan Take Away Kantong Plastik Sablon

Kalau kamu ingin menguatkan identitas produk melalui kemasan, kamu juga bisa memanfaatkan dua jenis kemasan sekaligus yaitu primer dan sekunder. Kemasan primer adalah yang bersentuhan langsung dengan isi produk. Sementara sekunder adalah yang tidak bersentuhan langsung dengan produk. Kalau beberapa kemasan take away yang sudah dibahas sebelumnya merupakan kemasan primer. Nah untuk melengkapinya kamu bisa pakai kantong plastik sablon sebagai kemasan sekundernya. Cetakannya bisa pakai teknik sablon dengan material plastik yang bisa kamu pilih antara plastik PE Plong atau Plastik HD.

Itulah ulasan lengkap seputar kemasan take away yang bisa medukung berlangsungnya bisnis kuliner kamu terutama untuk layanan pesan antar. Kalau ingin konsultasi soal kemasan take away mana yang paling cocok untuk bisnis kuliner yang kamu jalankan, kamu bisa hubungi tim diKemas.com dengan klik di sini. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kuliner kamu #NaikKelas ya! Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain.

Ikuti terus informasi menarik seputar kemasan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment