Resep Odeng Ini Bisa Kamu Jadikan Ladang Usaha Lho!

resep-odeng-ini-bisa-kamu-jadikan-ladang-usaha-lho
https://tr.depositphotos.com/178999552/stock-photo-odeng-korean-street-food.html

Resep makanan korea berbahan daging ikan yang satu ini bisa anda jadikan peluang usaha. Korea terkenal dengan berbagai makanannya yang mencuri perhatian banyak masyarakat di penjuru dunia. Begitu banyak wisatawan dari berbagai negara yang penasaran dengan sajian kuliner yang disajikan dinegeri gingseng ini.

Korea Selatan merupakan negara yang kaya akan berbagai macam kuliner, mulai dari camilan ringan hingga makanan berat. Salah satu makanan yang menjadi perbincangan dipublik baru-baru ini adalah odeng atau eomuk. Pernah mendegar makanan yang satu ini? Jika belum mari kita simak beberapa hal tentang odeng atau eomuk ini.

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini tentunya. Makanan ini merupakan camilan dari korea selatan berbahan dasar ikan giling dan tepung. Di Korea biasanya makanan ini ditemui di berbagai supermarket, kedai jalanan, restoran hingga hotel. Odeng yang merupakan ikan giling yang cara memakanya direbus terlebih dahulu menggunakan kuah kaldu.

Mengenal Lebih Dekat  Jajanan Korea Odeng

Odeng di negara gingseng ini biasanya bisa ditemui pada saat musim dingin karena dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Namun saat ini pada musim-musim lainnya pun makananan ini dengan mudah bisa didapatkan. Hal tersebut karena banyaknya penikmat akan makanan yang satu ini Pada biasanya makanan ini disajikan dalam bentuk sate yang ditusuk-tusuk dan disajikan dengan kuah kaldu atau saus.

Ada 3 jenis odeng yang bisa kita temui, yang pertama odeng yang biasanya disajikan dengan kuah kaldu dari racikan lobak, daun bawang dan kepiting untuk menambah rasa. Kedua adalah odeng yang biasanya disajikan dengan saus merah pedas atau saus mustard atau saus tomat.

Ketiga adalah odeng atau emouk guk yang biasanya disajikan dengan kuah kaldu, cabai, bawang dan kedelai. Adapula yang menambahkan berbagai sayuran, paprika, daun wijen dan lain-lain. Hal yang lebih menarik lagi ternyata odeng berbahan dasar ikan kecil yang biasanya tidak dimanfaatkan dengan baik. Yuk, simak resep pembuatan odeng atau eomuk berikut ini :

Resep Pembuatan Odeng

Bahan Odeng :

  • Daging ikan giling (sesuai selera) 250 gram
  • Telur 1 butir
  • Tepung kentang 50 gram
  • Maizena 1 sdm
  • Terigu 3 sdm
  • Bawang putih 4 siung
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur

Bahan Kuah Odeng :

  • Ebi 1 sdm
  • Kecap asin 1 sdm
  • Bawang putih 4 siung
  • Merica secukupnya
  • Saus tiram 1 sdm
  • Kaldu jamur 1 sdm
  • Air mineral 2 gelas
  • Daun bawang 2 batang

Cara Buat Odeng :

  1. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, tepung kentang, garam, merica, telur dan kaldu jamur dalam sebuah wadah loyang.
  2. Aduk semua bahan diatas hingga merata
  3. Masukkan adonan dalam wajan dan bentuk lembaran-lembaran tipis.
  4. Masak adonan hingga matang dengan menggunakan api sedang.
  5. Potong odeng menjadi beberapa bagian sesuai selera.
  6. Setelah itu masukkan dalam air panas agar saat ditusuk tidak pecah.
  7. Tusuk odeng dalam bentuk spiral menggunakan tusuk sate.

Cara Buat Kuah Odeng :

  1. Masukkan ebi dan bawang putih dalam wajan lalu tumis hingga harum
  2. Masukkan ebi dan bawang putih yang sudah ditumis dalam wadah dan kemudian campurkan dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan seperti kecap asin, merica, saus tiram, kaldu jamur dan daun bawang yang telah di potong-potong.
  3. Tuangkan air mineral lalu masak hingga matang
  4. Kemudian tuangkan odeng dalam sebah wadah dan siram dengan kuah tersebut.

Nah itu tadi resep pembuatan odeng dan kuahnya. Sangat mudah sekali kan? Bagaimana mau mencoba resep ini untuk dijadikan usaha anda? Boleh sekali lho! Sebelum anda menekuni usaha yang satu ini ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang odeng.

Fakta Unik Mengenai Odeng

Korea Selatan memang tak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Selalu ada hal menarik dan unik untuk diulas. Tak lain berbagai makanan khas yang ditawarkan setiap musimnya. Salah satunya adalah odeng atau eomuk yang merupakan makanan mirip sate. Makanan ini berbahan dasar ikan yang ditusuk sate mirip otak-otak atau tempura yang ada di Indonesia. Fakta menarik mengenai jajanan odeng ini sebagai berikut :

  1. Sate Khas Korea

Jikalau Indonesia terkenal sate ayam yang disajikan dengan saus kacang yang gurih. Di Negara Gingseng ini memiliki makanan mirip sate yang berbahan dasar tepung dan campuran daging giling ikan. Makanan ini ditusuk seperti sate dan disajikan dengan kuah kaldu atau biasnaya bisa diganti dengan saus mustard/saus tomat. Rasa makanan ini mirip dengan otak-otak atau tempura.

  1. Makanan Musim Dingin

Taukah anda jika odeng ini di Negara Korea disajikan saat musim dingin? Makanan ini merupakan makanan yang sangat cocok dikonsumsi saat musim dingin karena disajikan dengan kuah kaldu yang panas. Sehingga dapat menghangatkan tubuh saat menikmatinya.  Namun kini odeng tidak hanya disajikan saat musim dingin saja, pada musim apapun kini makanan ini tetap tersedia karena banyaknya penikmat akan makanan yang satu ini kian bertambah.

  1. Jenis Odeng Ada 3 Macam

Odeng yang diketahui beberapa orang mungkin hanya odeng rebusan saja, namun kenyataanya odeng ini memiliki beberapa jenis lho. Diantaranya, Odeng yang disajikan daengan kaldu dari racikan lobak, daun bawang dan kepiting rebus. Kedua adalah odeng tang, biasanya odeng ini disajikan dengan kuah kaldu, cabai, daun bawang dan kedelai. Terakhir adalah odeng yang disajikan dengan saus merah pedas, saus mustard atau saus tomat dengan tambahan berbagai sayuran, paprika dan juga wijen.

  1. Odeng Berasal dari Kota Busan

Odeng atau eomuk merupakan makanan dari Negeri Gingseng Korea Selatan, tapi taukah anda jika odeng tang ini pada awalnya berasal dari Kota Busan. Disinilah pertama kali dikenalkan pada masa penjajahan Jepang. Pada tahun 1968 odeng disajikan dengan berbagai jenis kaldu yang terbuat dari 15 bahan yang memberikan rasa yang berbeda pula saat menikmatinya. Kedai pertama di Busan dahulu berdiri pada tahun 2007 meskipun baru dibuka kedai tersebut sudah memiliki banyak pelanggan dan semakin banyak peminat dari tahun ke tahun.

  1. Jajanan Kedai Kaki Lima Yang Murah

Camilan odeng yang satu ini merupakan jajanan ringan yang murah meriah. Tidak hanya rasanya yang enak dan gurih. Dengan harganya yang sangat terjangkau menjadikan makanan ini banyak peminatnya dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat.

Bagaimana Tertarik Mencoba Resep Odeng Untuk Anda Jadikan Ladang Usaha?

Jika anda ingin mencoba usaha jajanan Korea ini tidak ada salahnya karena makanan ini selain mudah cara membuatnya. Modal usaha yang dibutuhkan lumayan terjangkau dan bahan baku yang dibutuhkan dapat dengan mudah anda temui di supermarket terdekat.

Dengan berbagai kemudahan menjalankan usaha yang satu menjadikan bisnis ini pilihan yang sangat cemerlang. Modal usaha kecil namun dapat memberikan keuntungan yang besar. Cukup menjanjikan untuk dijadikan usaha anda. Untuk kemasan odeng ini tidak perlu khawatir anda bisa menggunakan berbagai kemasan diKemas.com untuk menyempurnakan penampilan kemasan anda.

 

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba