Sate Lilit Ikan Laut, Bisnis Makanan Unik Khas Bali

Sate Lilit Ikan Laut, Bisnis Makanan Unik Khas Bali

Bisnis makanan unik memang selalu menarik untuk dicoba. Bisnis makanan tak pernah sepi pembeli. Ini menjadi alasan bahwa bisnis makanan unik khas daerah menjadi banyak pilihan bagi para pelaku usaha. Makanan unik selalu sukses membuat masyarakat penasaran dan tertarik untuk mencoba. Terlebih jika makanan tersebut makanan khas yang hanya ditemukan di daerah tertentu. Kali ini akan mengulas mengenai bisnis makanan unik dari Bali.

Berbicara soal peluang bisnis makanan memang tak akan pernah ada habisnya, karena manusia membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Oleh karena itulah, peluang bisnis makanan unik sangat menjanjikan terlebih lagi untuk makanan khas daerah tertentu. Seperti makanan khas Bali yaitu sate lilit ikan laut.

Penasaran bagaimana ulasanya bisnis makanan unik khas Bali ini? Langsung simak saja, siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk menekuni bisnis makanan unik di daerah masing-masing. Pelajari hal-hal yang paling penting sebelum memulai usaha, persiapkan dengan matang segala strategi yang dibutuhkan, susun tujuan bisnis yang akan dijalankan untuk menentukan arah bisnis.

Bagaimana Peluang Bisnis Makanan Unik Khas Bali?

Propsek dari bisnis makanan unik khas daerah Bali ini sebenarnya sangat cerah dan memiliki potensi yang bagus untuk kedapannya. Cita rasa yang ditawarkan pada makanan unik ini mampu memberikan rasa yang khas. Keunikan rasa yang khas dengan rempah pilihan menjadi daya tari tersendiri pada makanan ini. Sehingga bila dikemas secara apik maka bisnis ini dijamin akan berkembang dan mampu menjadi makanan idola para penduduk sekitar dan para wisatawan.

Jika melihat peluang bisnis makanan unik olahan hasil laut ini diharapkan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat khususnya daerah Bali. Saat ini, olahan hasil laut seperti sate lilit ikan laut yang dihasilkan oleh usaha kecil sudah menjadi salah satu makanan khas bali yang diakui pemerintah.

Hal itu dikarenakan sate lilit ikan laut memiliki cita rasa yang enak dan kualitas produk yang baik. Namun, sate lilit ikan laut dari usaha kecil ini masih kurang dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini mengakibatkan pemasaran untuk hasil usaha kecil dari olahan hasil laut ini belum dapat menembus pasar yang lebih luas lagi.

Berbisnis Makanan Unik, Sate Lilit Ikan Khas Bali

Bisnis makanan unik khas bali sate lilit ikan laut ini mudah untuk ditekuni meskipun hanya dalam skala kecil. Kemudahan yang menjadikan bisnis ini mudah ditekuni karena bahan baku melimpah, peralatan yang dibutuhkan mudah didapatkan, modal yang dibutuhkan cukup terjangkau, sehingga masuk dalam bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Proses Pengolahan

Sate lilit ikan laut khas bali ini terbuat dari ikan marlin cincang yang dicampur dengan bahan lain seperti parutan kelapa kemudian dililitkan dalam tusuk sate yang biasanya terbuat dari pelepah kelapa. Sate tersebut kemudian dibakar dalam bara api yang akhirnya menghasilkan sate khas Bali dengan tekstur ikan yang lembut dicampur rempah-rempah khas bali.

Strategi Pengembangan

Sebenarnya peluang bisnis makanan unik khas Bali ini memiliki prospek yang cerah. Namun diperlukan adanya kajian yang lebih mendalam lagi untuk bisnis makanan sate lilit ikan khas Bali ini. Perlu adanya perbaikan terkait strategi pengembangan yang selama ini dilakukan oleh pelaku bisnis ini.

Sebenarnya makanan kuliner unik ini cukup menarik dan telah diakui oleh Pemerintah Bali sebagai makanan khas namun strategi pemasaran yang masih terbatas dan kurang tepat menjadikan produk ini kurang dikenal secara luas.

Pemasaran

Indikasi kurang berkembangnya usaha kecil sate lilit ikan laut ini terdapat pada strategi pemasaran. Pemasaran untuk makanan khas bali ini hanya dilakukan di sekitar tempat usaha tersebut. Strategi pemasaran yang digunakan itu pun belum menggunakan kecanggihan teknologi, seperti media online yang kini sedang marak.

Sate Lilit Ikan Laut, Bisnis Makanan Unik

Promosi

Pemasaran yang dilakukan untuk mengenalkan sate lilit khas Bali ini masing sangat kurang. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, para pelaku usaha kecil ini hanya melakukan promosi di satu tempat saja dan masih menggunakan cara yang sederhana.

Padahal seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa promosi adalah suatu kegiatan yang mempengaruhi para konsumen untuk memutuskan membeli suatu produk. Karena itulah promosi dalam sebuah bisnis sangat berpengaruh pada penjualan produk.

Kendala

Selain kurangnya promosi, hal yang membuat pengembangan bisnis ini sangat lemah adalah produk yang ditawarkan. Sate lilit ikan ini kurang adanya variasi sehingga membuat konsumen kurang tertarik dan mudah bosan. Padahal sebenarnya jika dikemas lebih kreatif lagi, sajian kuliner unik ini mungkin bisa menjadi kuliner khas yang diminati masyarakat semkitar maupun wisatawan.

Inovasi Produk

Bisnis makanan unik tentu perlu adanya variasi dan inovasi menu makanan. Variasi produk sangat berpengaruh pada bisnis apapun tanpa terkecuali bisnis makanan khas. Variasi lain yang dapat dilakukan oleh pengusaha sate lilit ikan laut khas Bali untuk menarik konsumen adalah dengan menyediakan menu tambahan seperti sup ikan, sate daging sapi dan lain sebagainya.

Bisnis Makanan Unik Sate Lilit Ikan Laut Khas Bali

Kunci Sukses

Didukung dengan prospek yang sangat bagus serta kemudahan dalam menjalankan. Tentu harus didukung dengan hal lain yang mampu mendorong untuk keberhasilan bisnis. Cara yang bisa dilakukan agar bisnis dapat berkembang dan mampu bersaing dipasaran maka harus menyusun berbagai strategi.

Menjaga kualitas makanan merupakan hal yang penting. Bagi para pelaku bisnis makanan khas bali seperti sate lilit ikan laut penting sekali untuk selalu mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan. Selain itu meningkatkan variasi produk, meningkatkan promosi produk dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan lain sebagainya.

Satu hal yang biasanya sering dilupakan oleh para pelaku usaha adalah kemasan. Meski hanya sebagai pembungkus kenyataanya kemasan juga bisa membantu untuk promosi dan meningkatkan branding. Desain kemasan yang menarik mampu membantu meningkatkan penjualan. Buat kamu yang punya bisnis kuliner tapi binggung dimana cari kemasan yang menarik, cek langsung di dikemas.com. 

Simak juga beberapa inspirasi bisnis untuk pemua dan inspirasi bisnis dari para pengusaha sukses berikut ini. Sedikitnya ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, tips dan trik membangun bisnis dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

Semoga informasi tersebut memberikan banyak manfaat bagi Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis makanan olahan hasil laut. (/Nila)

 

 

Kontributor BisnisUKM Daerah Bali

Sumber Gambar: 
1. http://www.askchefdennis.com/wp-content/uploads/2011/11/Balinese-Fish-Satay-03.jpg; 
2. http://intisari-online.com//media/images/1249_resep_sehat_sate_pulut_sate_lilit.jpg; 
3. http://1.bp.blogspot.com/-44igLl_RR_k/UBTWuoGsAII/AAAAAAAAFhc/rsmp0OJ02Nc/s1600/P1090964.JPG

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba