Segampang Itu! Pasarkan Kaktus & Sukulen Hingga Tembus Luar Negeri

Berhasil pasarkan kaktus & sukulen hingga luar negeri seorang pebisnis tanaman membagikan kisahnya dalam merawat kaktus & sukulen itu mudah. Isnaini Baroroh seorang pemilik bisnis tanaman kaktus dan sukulen yang diberi nama Ardana-Garden yang berada di Mlati, Sleman Yogyakarta.

Beliau ini bergerak dalam bidang pertanian dan perdagangan, dengan fokus tanaman kaktus & sukulen. Kalo ngomongin soal perawatan tanaman kaktus & sukulen itu gampang-gampang susah. Jika dilihat secara kasat mata paling bagus sukulen sebab lebih beragam warnanya, bentuk banyak dan harganya murah.

Namun disamping itu perawatannya susah, jadi kalau belum menemukan cara yang benar akan mati. Belajar dari sana beliau ini mulai penasaran dan menemukan tempat khusus yang memang disetting untuk tanaman tersebut maka akan tumbuh dengan baik.

Begitu pula dengan cara merawatnya, apabila benar maka sukulen bisa tumbuh subur. Sebelum hingga akhirnya seperti sekarang ini beliau ini binggung. lambat laun menemukan komunitas yang menekuni bidang yang sama dan sharing mengenai perawatan sukulen.

Perawatan Kaktus Dan Sukulen

Edukasi Perawatan

Menyadari untuk merawat tanaman sukulen ini tidak mudah beliau selalu mengedukasi para konsumen ynag masih pemula untuk di bimbing bagaimana cara perawatannya. Apabila di lokasi tidak sempat karena ramai, beliau tetap mengupayakan untuk membimbing melalui sosial media.

Hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman sukulen perlu mempertimbangkan beberapa faktor. Diantaranya adalah sinar matahari dan pengairan. Tidak harus punya green house, kalian tetap bisa menanamnya di dalam rumah atau halaman.

Namun usahakan dalam 3 hari sekali untuk di jemur dibawah sinar matahari selama 2 jam di pagi hari. Sedangkan untuk penyiramannya tergantung kelembaban. Bisa dicek dengan tusuk sate, jika masih lembab tidak perlu disiram. Namun jika sudah kering bisa disiram.

Setiap tanaman itu pengairannya berbeda meskipun jenisnya sama. Ada yang 3 hari sekali baru disiram, bahkan 7 hari baru disiram. Semua itu tergantung pada kelembaban lokasi penanaman. Namun jika kelebihan sinar matahri juga akan kering. Jadi untuk menjaga kelembabanya harus pada suhu yang pas.

Jenis Kaktus Di Ardana-Garden

Ardana-Garden ini memiliki fokus pada tanaman kaktus dan sukulen, namun sukulen jadi tanaman yang paling laku keras. Sebab dikalangan orang yang baru belajar menanam tanaman sukulen termasuk kategori murah dan mudah merawatnya. Ardana-Garden memiliki tanaman kaktus middle up, seperti gymno dan astro yang kini sedang banyak penggemarnya.

Kemudian ada beberapa jenis kaktus lainnya seperti columnar, cereus dan koboi yang sejak dulu tak pernah mati pasarnya. Sehingga saat ini masih terus berfokus untuk perkembang biakan peranakan kaktus jenis koboi. Namun rata-rata yang dijual adalah kaktus yang harganya masih sangat terjangkau.

Range Harga Kaktus

Tanaman sukulen dan kaktus ini bisa didapatkan dengan harga start Rp 5.000. Tentunya akan berbeda jika menggunakan harga reseller. Ketika sudah masuk dalam jenis kaktus middle up maka jenis kaktus yang di jual bisa start dari harga Rp 200.000 hingga puluhan juta.

Konsumen Ardana-Garden

Ardana-Garden ini juga bisa ditemukan secara online melalui shopee, tokopedia, whatsapp dan instagram. Menurut Isna yang responnya tercepat datang dari whatasaap karena audiencenya lebih banyak. Tidak menutup kemungkinan juga offline atau datang ke lokasi langsung.

Malahan yang datang langsung ke garden jauh lebih banyak. Kebanyakan yang datang ke lokasi ingin melihat langsung Ardana-Garden. Memilih jenis tanaman secara langsung dan membawanya pulang. Setelah pulang pun nantinya diberikan edukasi perawatannya.

Pelayanan

Kebanyakan para konsumen yang datang berasal dari google, instagram. Menariknya jika membeli tanaman kaktus Ardana-Garden selain diedukasi cara perawatan. Kalian juga akan benar-benar diberi tahu apabila kaktus yang dibeli kurang sehat.

Misalnya saja ada yang luka, hampir busuk dsb. Untuk melihat kaktus sehat dan tidak maka bisa cek, adakah luka pada kaktus, permukaan kaktus gembur atau tidak bahkan ada warna yang berbeda atau tidak.

Impian Ardana-Garden

Harapan kedepan untuk Ardana-Garden tersebut supaya nantinya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Lebih luas dan lebar hingga tembus pasar luar negeri. Bisa mengembangkan jenis kaktus lainnya. Sehingga nantinya bisa menyedikan berbagai jenis kaktus kepada pecinta tanaman, tentunya dengan harga terjangkau.

Sekian bahasan kita kali ini tentang kisah inspiratif yang berhasil pasarkan kaktus & sukulen hingga tembus luar negeri. Semoga bermanfaat dan terinspirasi!

Leave a Comment