Macam-Macam Strategi Pemasaran, Nomor 10 Banyak Ditiru!

Macam-macam strategi pemasaran dibutuhkan pelaku usaha untuk membuat penjualan produk laris manis di pasaran. Dengan strategi yang tepat, bisnis bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.

Namun perlu dipahami bahwa masing-masing strategi memiliki resiko dan kelebihan yang berbeda. Sebab itulah, sebelum memasarkan produk, wajib tau macam-macam strategi pemasaran agar penggunaan efektif dan tepat sasaran.

Mengenal Macam-Macam Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah metode untuk meningkatkan jumlah pembelian produk. Untuk tiap produk yang berbeda, maka strategi marketing yang perlu diterapkan juga berbeda. Sesuaikan cara jualan dengan model usahamu.

Sebelum memilih mau pakai cara seperti apa, berikut ini ragam jenis strategi pemasaran yang populer dilakukan. Simak sampai habis ya!

Penjualan Transaksional 

Usaha akan berjalan dengan baik apabila target penjualan terpenuhi. Namun mencapai target penjualan. Dengan adanya strategi transaksional ini ternyata cukup efektif.

Adapun pemasaran transaksional ini biasanya bekerja dengan menarik konsumen lewat kupon belanja, diskon, leaflet, bundling, give away dan event besar yang diadakan suatu produk. Dengan begitu konsumen pun tertarik membeli produk lebih dari yang mereka butuhkan.

Iklan

Membuat iklan pastinya harus mengeluarkan biaya. Hal ini lantaran perusahaan yang memakai jasa iklan harus membayar penyedia ruang iklan tersebut untuk menampilkan produk yang dijual. Harga pun bervariasi tergantung negosiasi yang dilakukan oleh marketer dan penyedia jasa iklan ini.

Untuk diketahui, iklan berbayar ini memiliki beberapa kategori seperti iklan display seperti banner yang dipasang, Pay-Per-Click (PPC), dan Pay-Per-Impression (PPI). Cara-cara tersebut bisa dikatakan efektif untuk memasarkan produknya ke audiens dengan skala yang besar.

Direct Selling

Strategi ini bisa dikatakan sebagai strategi yang konvensional tapi masih cukup efektif sampai sekarang dengan cara menjual produk secara langsung kepada konsumen. Bisa dengan cara door to door atau bertemu dengan calon pembeli di rumah mereka.

Kemampuan direct selling ini bisa dikatakan harus memiliki skill persuasif yang tinggi. Adapun kelebihan dari strategi pemasaran ini adalah minimnya modal yang dikeluarkan. Namun, sang marketer akan cepat lelah karena energy yang terkuras. Apalagi tak sedikit konsumen yang tak nyaman dengan strategi pemasaran ini.

Point Of Purchase

Strategi pemasaran ini bisa dikatakan harus pintar dalam memilih produk yang ingin mendapat penjualan tinggi. Point of purchase sendiri adalah salah satu strategi dengan menempatkan produk atau mengiklankan produk di dekat produk lain yang sedang dipromosikan.

Strategi ini cocok bagi yang melakukan usaha retail dengan menjual berbagai produk.Strategi ini dapat dilakukan dengan cara membuat display yang menarik dari suatu produk dan menempatkannya di tempat yang strategis seperti pintu masuk dan pintu keluar.

Media Sosial

Tak dapat dipungkiri bahwa kekuatan media sosial sangat memiliki power terkuat dalam ‘mengendalikan’ orang lain. Hal ini pun membuat pemasaran melalui media sosial jadi salah satu pilihan yang efektif dan efisien.

Selain penggunaannya yang mudah dan irit biaya pengeluaran, penggunaan media sosial juga dapat menarik banyak target. Selain itu jangkuannya juga lebih luas jika dibandingkan dengan strategi lainnya. Strategi pemasaran lewat media sosial ini bisa menjadi salah satu tips pemasaran online yang dapat dilakukan.

Bisa membuat iklan di Facebook Ads atau melakukan campaign dengan hastag dan giveaway di Instagram. Membuat video di tiktok dan pinterest. Dengan begitu, perusahaan dapat membangun citra yang baik dalam waktu singkat.

Pemasaran Konten

Strategi pemasaran konten ini memiliki fokus dalam menciptakan konten yang bernilai dan relevan dengan produk yang dipasarkan agar dapat menarik konsumen lebih banyak. Pemasaran konten ini bukanlah penawaran secara langsung.

Melainkan memberikan informasi-informasi menarik yang dibutuhkan oleh calon pembeli agar mereka berminat untuk membeli produk yang dijual. Jenis pemasaran ini pun sudah cukup populer sehingga fans dari suatu produk pun akan bertambah dan meningkatkan daya jual.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan proses dalam mendapatkan traffic pertama dari mesin pencarian. Strategi ini cukup erat dengan strategi pemasaran konten lantaran dengan SEO, suatu pemasaran konten dapat terlihat nilai dan kualitasnya. Hal ini lantaran konten yang kompeten.

Menarik ditambah memenuhi SEO akan membuat konten tersebut berada di posisi teratas mesin pencarian. Apabila konten tersebut memiliki daya jual yang tinggi, perusahaan pun akan mendapatkan value yang tinggi pula. Dengan begitu, brand awareness perusahaan pun meningkat dan jumlah konsumen bertambah.

Internet Marketing

Internet marketing zaman sekarang menjadi strategi pemasaran yang paling efektif. Lantaran internet marketing tak akan jauh dari SEO, pemasaran konten dan sosial media. Apabila semua hal tersebut berjalan secara sinergis, maka target marketing pun dapat tercapai bahkan terlampaui. Adapun sosial media yang dapat digunakan yakni Instagram, Facebook, website, email marketing dsb.

Strategi pemasaran ini sangat menentukan apabila konten menarik dan unik. Apalagi dengan brand sendiri, kamu dapat meningkatkan citra brand yang dimiliki. Manfaatnya untuk memudahkan proses pemasaran produk dan meningkatkan layanan. Selain itu dapat memperoleh target konsumen demi menunjangnya pertumbuhan bisnis.

Pemasaran Interaktif

Terakhir, kembali dengan cara konvensional, pemasaran interaktif juga dapat meningkatkan penjualan. Hal ini lantaran suatu produk melibatkan konsumen sebagai partisipan dalam pemasaran produk tersebut. Contohnya seperti dengan memposting produk di sosial media pribadi, konsumen akan mendapatkan keuntungan berupa A. Metode ini pun akan membuat permintaan konsumen atas produk ini meningkat.

Influncer Marketing

Influncer adalah salah satu pemasaran yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap jumlah followers dan konsumen. Para influncer misalnya para selebgram, youtuber, food vloger dan public figure.

Influncer marketing ini merupakan cara promosi dengan mengandalkan influncer. Caranya dengan membuat gambar atau video yang mereview produk. Kemudian di upload ke berbagai sosial media seperti instagram, tiktok, atau youtube.

Menggunakan pemasaran ini dianggap cukup efektif dan tepat sasaran sebab akan banyak followers yang tertarik dengan produk yang direkomendasikan oleh influncer. Maka sudah bukan rahasia lagi jika ini pemasaran yang banyak digunakan oleh pelaku usaha.

Ulasan tadi adalah beberapa macam strategi pemasaran yang patut dicoba. Tak hanya melalui cara konvensional, ada juga tips pemasaran online dalam strategi pemasaran yang dapat dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang sedang menyusun strategi marketing untuk usahanya.

Ikuti terus informasi menarik seputar peluang usaha dan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment