Simak Aja Dulu Usaha Coto Makassar, Siapa Tau Nanti Tertarik!

simak-aja-dulu-usaha-coto-makassar-siapa-tau-nanti-tertarik

Usaha coto makassar memang semakin menjanjikan. Antusiasme masyarakat akan makanan soto ini terus saja meningkat. Coto Makassar sendiri adalah makanan tradisional dari Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan yang terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan yang bercampur dengan daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Biasanya coto dihidangkan dalam mangkuk dan dinikmati dengan ketupat atau burasa (semacam ketupat tapi dimasak dengan santan dan dibungkus daun pisang). Rasa coto Makassar sangat kental dengan daging sapi, pedas dan kuahnya tidak terlalu encer. Yuk simak informasi selengkapnya mengenai usaha bisnis coto makassar ini.

Info Bisnis

Konsumen Usaha Coto Makasssar

Tidak hanya orang Makassar saja yang menyukai menu kuliner ini, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang berkunjung di warung coto Makassar ini. Dari mulai anak muda, hingga orang tua datang ke warung coto ini untuk mencicipi kelezatan menu coto Makassar yang ditawarkan.

Rahasia Resep Coto Makassar

Kelezatan kuliner ini, tak terlepas dari tradisi peraciknya yang secara khusus diolah dalam kuali tanah yang disebut: Korong butta atau uring butta dan dengan rampah patang pulo (40 macam rempah) yang terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, feoli, sere yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan , ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun sledri, daun prei, cabe merah, cabe hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, papaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jeroan.

Simak Aja Dulu Usaha Coto Makassar, Siapa Tau Tertarik!

Kekhasan rasa dari kentalnya coto Makassar ini karena ramuan rempahnya yang juga berfungsi sebagai penawar zat kolesterol yang terdapat pada hati, babat, jantung, limpa, dsb. Rasa khas inilah yang menurut dugaan bahwa keberadaan soto babat dari Madura, soto Tegal, soto Betawi, terinspirasi dari coto Makassar. Kerana dahulu makanan ini dibawa oleh pelaut ke daerah tempat soto yang lain berada, sehingga diduga bahwa coto Makassar itu, soto tertua di Nusantara ini.

Peluang Usaha Coto Makasssar

Meski keberadaan coto Makassar kini telah ada di berbagai daerah di Indonesia, namun makanan satu ini tidak selalu mudah dapat kita jumpai di sudut-sudut jalan. Nah, inilah yang dapat Anda jadikan peluang bisnis coto Makassar di tempat Anda tinggal. Untuk memulai usaha makanan ini, yang Anda persiapkan adalah tempat, modal dan tentunya resep membuatnya. Seperti bu Ani, yang memulai usahanya dengan modal awal sekitar 300 ribu untuk bahan bakunya dan 1 juta untuk tempatnya. Bu Ani memulai usahanya semenjak kuliah, yang langsung bertempat daerah Kota Baru Yogyakarta, tepatnya di depan asrama Sul-Sel. Karena beliau asli Makassar, tidak ada kesulitan bagi beliau untuk mengolah coto Makassarnya.

es pisang ijo

Warung yang tak pernah sepi pembeli ini, menyediakan pula menu-menu khas Sulawesi Selatan seperti es pisang ijo, es pallu butung, pallu basa, barongko dan pisang epe’. Dahulu, menu coto masih langka berada di Jogja, namun kini telah banyak bermunculan coto Makassar yang lain, baik mulai dari warung kaki lima hingga restoran. Namun, hal tersebut bukan kendala bagi bu Ani.

Kelebihan Usaha Coto Makasssar

Bumbunya yang sangat terasa membuat para konsumen menyukai coto Makassar buatan Bu Ani. Kelebihan cita rasa ini yang menarik minat para konsumen untuk kembali lagi ke warung miliknya. Selain itu warung Bu Ani juga menyajikan berbagai menu dari Sulawesi Selatan, sehingga bisnisnya memiliki image khusus dimata para konsumen.

Kekurangan Usaha Coto Makasssar

Semua menu makanan yang ditawarkan Bu Ani, merupakan menu yang tidak bisa tahan lama. Karena makanan yang ditawarkan hanya bisa dijual untuk satu hari saja, maka jika kunjungan konsumen menurun, makanan yang masih tersisa tidak bisa diolah lagi. Dan Bu Ani lebih sering memberikannya untuk para pegawainya.

Pemasaran Usaha Coto Makasssar

Untuk pemasaran, Bu Ani sengaja memasang spanduk besar di depan warungnya. Sehingga para konsumen mengetahui keberadaan lokasi usahanya. Selain itu Bu Ani juga mencantumkan menu makanan yang ditawarkannya pada spanduk, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang melewati sekitar lokasi usaha.

Kunci Sukses

Kunci suksesnya terdapat pada rasa coto dan es pisang ijonya yang khas. Sehingga banyak yang menyukainya. Bu Ani sangat menjaga kualitas rasa dan pelayanannya, beliau juga terbuka untuk menerima masukan dari para langganannya. Sehingga kepuasan konsumen dapat selalu terjaga.

Analisis Ekonomi

Modal awal
Renovasi tempat                            Rp   3.000.000,.
Bahan baku awal                            Rp   1.000.000,.
Perlengkapan                               Rp   2.500.000,.+
Jumlah                                     Rp   6.500.000,.

Biaya operasional / bulan
Belanja (Rp 700.000 x 30 hari)             Rp  21.000.000,.
Listrik                                    Rp     200.000,.
gas elpiji  15tabung x 13.500              Rp     202.500,.
Gaji karyawan (Rp 800.000 x 8 orang)       Rp   6.400.000,.
Lain-lain                                  Rp     200.000,.+
Jumlah                                     Rp  28.002.500,.

Pemasukan
Omset / bulan
(Coto 150 porsi x 8000 x 30 hari)          Rp  36.000.000,.

Laba bersih / bulan
(Rp 36.000.000,. –  Rp 28.002.500,.)       Rp  7.997.500,.

Tertarik Usaha Coto Makassar? Ini Dia Resep Pembuatanya

Bahan-bahan Coto Makassar :

  • Daging sapi 300 gram
  • Usus 300 gram
  • Jantung 300 gram
  • Limpa 300 gram
  • Babat 300 gram
  • Hati 300 gram
  • Kacang tanah 200 gram
  • Minyak goreng 3 sdm
  • Cuka 1 sdt
  • Daun bawang secukupnya
  • Daun seledri secukupnya
  • Bawang merah goreng
  • Jeruk nipis 1 buah

Bumbu Dihaluskan :

  • Merica 1 sdm
  • Ketumbar 5 sdm
  • Lengkuas 4 cm
  • Bawang putih 5 siung
  • Serai 5 batang
  • Garam secukupnya
  • Jintan 1 sdm

Sambal Tauco Dihaluskan :

  • Cabai rawit 4 buah
  • Bawang merah 4 siung
  • Cabai merah 4 buah
  • Tauco 5 sdm

Cara Pembuatan Coto Makassar :

  1. Pertama-tama cuci semua bahan-bahan hingga bersih. Kemudian disisi lain paaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga warna kecoklatan dan harum.
  2. Kemudian masukkan potongan daging, babat, hati, usus, jantung, limpa, hati, dan kacang tanah. Aduk-aduk hingga rata lalu masukkan kuah daging dan didihkan hingga matang.
  3. Sambil menunggu coto Makassar mendidih dan matang maka buat sambal dengan menghaluskan cabai rawit, bawang merah, cabai rawit dan tauco. Sambal tauco siap dihidangkan.
  4. Disisi lain setelah coto Makassar matang, angkat dan tiriskan. Coto Makassar siap dihidangkan bersama sambat tauco dan taburan daun bawang, daun seledri, bawang goreng dan irisan jeruk nipis.

Tips Memulai Usaha Coto Makassar

  1. Menyiapkan modal bisnis dan estimasi anggaran kebutuhan yang dibutuhkan, analisa keuntungan.
  2. Menentukan rancangan usaha, bagaimana strategi marketingnya, cara promosi, target pasar, kendala yang dihadapi, kekurangan dan kelebihan usaha.
  3. Memberikan inovasi dan kreasi pada cita rasa
  4. Sekarang ini banyak para pengusaha kuliner yang telah bekerja sama dengan gofood dengan sistem mengantarkan pesanan pada pelanggan, tentunya sangat membutuhkan kemasan. Maka agar tampilan menjadi lebih menarik dan praktis. Pertimbangkan kemasan yang paling cocok untuk usaha Anda tersebut.
  5. Menyiapkan strategi pelayanan yang baik dan benar. Bersih, rapi dan cepat. Tentunya hal tersebut akan membuat pelanggan merasa nyaman.
  6. Pemilihan lokasi strategis dan yang paling cocok dengan usaha Anda tersebut. Pilih lokasi yang ramai dan mudah dicari oleh masyarakat.

Demikian tadi adalah ulasan mengenai coto Makassar, mulai dari kisah inspiratif pengusaha coto Makassar, cara pembuatannya dan tips dalam memulai usaha ini. Semoga dapat membantu memberikan Anda inspirasi dan memberikan motivasi untuk memulai usaha yang satu ini.

Sumber : Tim Bisnis UKMSumber Gambar : https://tfanews.com/menikmati-coto-makassar-berkuah-kental-di-pasar-senen/

1 thought on “Simak Aja Dulu Usaha Coto Makassar, Siapa Tau Nanti Tertarik!”

  1. Sy org batak. Sy sngat suka dgn masakan makasar khususnya coto makasar. Sy punya tempat usaha & pengen sy mengolah usaha coto mkasar. Dpt kah sy memiliki usaha ini? Mohon informasinya ya…

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba