Sisi Lain `Nasi Merah`

nasi-timbelNasi merah merupakan salah satu kuliner tradisional yang sehat dan lezat. Nasi merah ini dibuat dari beras merah yang ditanak. Di Yogya, nasi merah dikenal dengan sebutan `sego abang`. Nasi ini dapat dikonsumsi bagi siapa saja dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasa nasi merah memang sedikit berbeda dengan nasi putih yang biasa kita makan. Ada sensasi lain yang bisa dirasakan. Lezatnya nasi merah akan lebih nikmat jika kita menyantapnya dengan pecel, oseng-oseng, dan tempe goreng.

Dibalik kelezatannya, nasi merah juga menyimpan sejuta manfaat. Untuk anak-anak, beras merah dapat meningkatkan perkembangan otak dan memperkuat daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral pada beras merah lebih banyak 2-3 kali dari beras putih. Vitamin B1 ( thiamin) pada beras merah dapat mencegah beri-beri pada anak. Kandungan zat besinya pun lebih tinggi sehingga mampu membantu bayi berusia 6 bulan keatas yang asupan zat besi dari ASI masih belum tercukupi.  Kandungan serat pada beras merah dapat mengatasi gangguan pencernaan.

Tidak hanya itu saja manfaat dari beras merah, namun menurut penelitian para pakar beras merah mengandung antioksidan. Kandungan selenium pada beras merah berperan sebagai antioksidan sehingga mampu mencegah timbulnya kanker pada manusia terutama kanker usus.

Selain manfaatnya, ternyata nasi ini juga memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan. Sekarang  tentunya, masyarakat mulai concern terhadap kesehatan sehingga untuk urusan makanan tentu akan memilih makanan yang lebih sehat. Karena nasi merah ini merupakan kuliner tradisional tempo dulu, maka banyak orang yang akan menikmati nasi merah dengan alasan  ingin `nostalgia`.

Nasi merah dapat dipadukan dengan berbagai lauk pauk yang ada seperti ikan asin, tempe goreng, tahu, oseng-oseng, dll. Membuka usaha warung nasi merah ini memberikan nuansa baru di dunia kuliner. Selain melestarikan budaya kuliner kita, nasi merah juga menyehatkan masyarakat dan memberikan keuntungan secara financial bagi pemiliknya.

(Sumber gambar ; tirong.blogspot.com)

1 Komentar

  1. saya melihat ada peluang pada usaha kuliner dengan menu nasi merah didaerah saya. Yang jadi pertanyaan adalah: ketersediaan bahan bakunya bagaimana, karena tidak setiap tempat menghasikan beras merah? Bagaimana saya bisa mendapatkannya didaerah saya?Beras merah itu sendiri apakah juga terdiri dari berbagai macam varian, seperti halnya beras putih? terimakasih

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email

    Salam sukses
    Terimakasih

Comments are closed.