Smesco Indonesia Cari UKM Keju, Butter dan Coklat Suplai Grup Hotel

Hai para UKM produksi keju, butter dan coklat ada kabar gembira untuk para UKM lokal. Dikutip dari instagram @kemenkopukm bahwa Smesco Indonesia dengan beberapa Grup Hotel di Indonesia sedang mencari para UKM yang bergerak dalam bidang produksi keju, butter dan coklat.

Kalian para UKM yang punya produk yang telah disebutkan diatas bisa langsung daftarkan melalui Bagian Perdagangan Smesco Indonesia (0813 1588 8398). Apabila produk memenuhi kriteria akan langsung dipakai oleh Grup Hotel menggantikan produk keju, butter dan coklat yang biasa diimpor untuk kebutuhan hotel.

Kesempatan ini adalah sebuah angin segar bagi para UKM lokal yang bergerak dalam bidang bahan pangan terutama keju, butter dan coklat yang masih memiliki keterbatasan dan kesulitan dalam pendistribusian.

Nah yang perlu untuk diketahui sebelum mendaftarkan pada Bagian Perdagangan Smesco Indonesia, UKM harus sudah terdaftar di dataukm.smesco.go.id. Mungkin disini masih ada yang belum apa itu Smesco Indonesia, maka sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu apa itu Smesco.

Layanan UKM Smesco Indonesia

Apa itu Smesco Indonesia?

Smesco Indonesia adalah lembaga resmi di bawah Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang bertugas untuk membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah. Pusat layanan UKM Smesco Indonesia ini terdaftar lebih dari 42.000 UKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Cara Daftar UKM Smesco Indonesia

Untuk UKM yang akan mendaftarkan produksi keju, butter dan coklat syarat utamanya adalah sudah terdaftar dataukm.smesco.go.id, untuk itu kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Berikut ini adalah caranya :

  • Kunjungi website Smesco Indonesia pada halaman form pendataan UKM https://smesco.go.id/ukm-opt.
  • Mengisi form pemilik usaha, yang meliputi nama pemilik, NIK, no telp, no whatsapp dan email.
  • Mengisi form alamat usaha, yang meliputi provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kode pos, alamat lengkap.
  • Selanjutnya Mengisi form bidang usaha yang meliputi nama merek, bidang usaha, NIB (bila ada).
  • Kemudian pilih jumlah omset per tahun (perkiraan).
  • Jika sudah klik “saya setuju dengan SMESCO Syarat & Ktentuan”
  • Klik Daftarkan, lalu selesai.

Keuntungan Bergabung Dengan Smesco Indonesia

Ada banyak keuntungan dengan bergabung bersama UKM Smesco. Selain mendapatkan kesempatan mendapatkan mitra untuk disupplai produk kalian juga akan mendaptkan program unggulan. Diantaranya adalah :

Platform Digital UKM

Platform ini untuk mengukur apa UKM telah naik kelas dan efektivitas program Sparc. Tujuan lainnya menjadi dasar pertimbangan bagi rekan pembiayaan untuk memberikan pendanaan pada UKM.

Platform Pelatihan UKM

Platform yang satu ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dna kemampuan para pelaku UKM dalam mengupayakan gerakan UKM naik kelas. Kelas dan pelatihan akan diselenggarakan oleh Smesco dan pengajar yang terkurasi untuk melatih berbagai sektor.

Tujuan utamanya mempunyai visi mempersiapkan generasi UKM masa depan dalam menghadapi revolusi industri. Dengan penerapan standar baru dalam proses penciptaan produk dan karya inovatif khas Indonesia.

Penyelengaraan UKM ini berkolaborasi dengan pemerintah, akademik, komunitas, media, profesional, influncer, yang dilakukan online maupun offline.

Workshop, seminar tersebut diselenggarakan secara gratis dan rutin diadakan setiap bulan. Bahkan rekap webinar yang sudah lama bisa diakses secara gratis. Oleh sebab itu kalian bisa belajar melalui pelatihan UKM di platform ini.

Platform Perdagangan UKM

Platform perdagangan yang bertujuan untuk membantu mempertemukan antara pemasok dan pemerintah. Berbeda dengan platform e-commerce atau marketplace. Dengan platform ini mendorong para UKM sebagai pihak yang aktif mencari pembeli emlalui daftar permintaan yang dibuat oleh pembeli.

Selain disediakan beberapa platform diatas Smesco juga menyediakan beberapa informasi penting seputar bisnis yang bermanfaat buat pelaku usaha atau UKM untuk terus upgrade ilmu dan pengetahuan.

Leave a Comment