Solusi Inti, Tangible & Intangible

solusi inti tangible intangibleSeorang entrepreneur yang arif selalu memperhatikan masalah pemasaran. Dan pemasaran yang bijak melihat produk dalam tiga tingkatan. Tiga
tingkatan tersebut adalah:

  1. Tingkat Dasar yang memberi manfaat inti; sekarang lebih diperkenalkan sebagai solusi inti.
  2. Tingkat Nyata (tangible); seperti fitur produk.
  3. Tingkat Ekstra (intangible); seperti layanan pelanggan, servis antar atau garansi.

Contoh Kasus : Resto Chinese-food.

Sebuah resto Chinese-food yang hidangannya dikenal sangat mampu memanjakan lidah (SOLUSI INTI), disajikan dalam ruangan dengan lantaikotor serta meja penuh dengan bercak-bercak minyak (TANGIBLE). Mungkin pelangganya masih punya toleransi karena ingin makan enak.

Tapi ketika pesanan lama datangnya, mulailah dia protes.”Tadi kan pesennya ndak pake lama !” Kejengkelan makin bertambah, ketika tersedak, mendapati gelasnya kosong, dan tidak ada pelayan yang tampak yang bisa dengan segera mengisi gelas kosongnya (INTANGIBLE).

Si pemilik resto yang kebetulan juru masak piawai tahu benar bahwa masakannya digemari orang. Dia tak habis pikir, kenapa restonya makin lama makin sepi? Dia tak mampu memahami (karena terlalu product oriented) bahwa lantai kotor, meja berbekas minyak, apalagi layanan lama, termasuk harga yang dibayar oleh konsumen.

Dia hanya berpikir bahwa konsumen CUMA MEMBAYAR sejumlah makanan yang dipesan.

(sumber gambar : www.flickr.com)

2 thoughts on “Solusi Inti, Tangible & Intangible”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba