Manisnya Peluang Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Menjalankan usaha minuman kekinian modal kecil bukanlah suatu hal yang mustahil. Apa lagi dengan melihat kondisi geografis Indonesia yang terletak di dekat garis khatulistiwa dengan iklim tropis hanya memiliki musim kemarau dan penghujan saja. Wilayah tropis akan cenderung memiliki suhu hangat, jadi minuman dingin akan tetap menjadi primadona banyak orang dalam sehari-hari.

Manisnya Peluang Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil
ralali.com

Bisnis Minuman Kekinian

Hal ini menjadi peluang usaha minuman kekinian modal kecil menjadi sangat menjanjikan. Apa lagi untuk kalangan anak muda yang sangat gemar dengan aneka minuman digin dengan beragam variasi rasa. Untuk memulai usaha minuman kekinian modal kecil juga cukup mudah. Tinggal menentukan jenis minuman kekinian apa yang akan dijual dan mempersiapkan modal untuk menyetok bahan, investasi mesin cup selaer, menentukan kemasan cup yang menarik, dan mencari lapak jualan kaki lima yang strategis.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba usaha minuman kekinian modal kecil ini? Kalau kamu tertarik, silakan simak ulasan berikut mengenai beberapa ide minuman kekinian yang bisa kamu jual. Potensi penjualannya akan sangat menguntungkan. Berikut beberapa ide minuman kekinian yang bisa kamu jual.

Ide Bisnis Minuman Kekinian

1. Jus Buah

Jus Buah
dikemas.com

Bisnis minuman kekinian tidak hanya bisa lezat tapi juga sehat. Caranya adalah dengan menjual jus buah. Cobalah untuk browsing resep-resep jus buah atau minuman berbahan dasar buah. Kamu bisa membuat kreasi sendiri dari resep yang sudah ada untuk menawarkan hal berbeda. Sebagai alternatif lain kamu juga bisa membeli franchise dari brand bisnis minuman jus yang sudah cukup mapan. Cara ini cenderung lebih praktis karena seluruh sumber daya dan sistem akan disediakan, kamu tinggal menjalankannya.

2. Thai Tea

Thai Tea
indotrading.com

Sesuai namanya Thai tea merupakan minuman dengan bahan dasar teh asal Thailand bernama teh Ceylon. Pembuatannya mirip dengan teh susu, tapi aroma dan cita rasanya agak berbeda. Sejumlah varian rasa Thai tea yang paling disukai adalah Thai green tea milk, Thai milk tea, dan Thai taro milk. Menariknya lagi minuman satu ini juga bisa disajikan dalam kondisi hangat atau dingin walaupun memang lebih banyak orang yang menyukai penyajian Thai tea dengan es. 

3. Es Cokelat

Es Cokelat
myftpupload.com

Es cokelat juga tidak kalah menarik untuk dijadikan bisnis minuman kekinian. Kamu bisa menyasar konsumen yang kurang menyukai kopi. Saat musim kemarau, tawarkan es cokelat. Lalu, memasuki musim hujan, hot chocolate pasti akan terasa nikmat. Nah agar usaha minuman kekinian kamu bisa unggul dari kompetitor, kamu bisa menyediakan menu yang agak berbeda. Misalnya, kamu bisa mencampur cokelat dengan oreo, biskuit, choco chips, atau memberikan toping seperti potongan cookies.

4. Es Kopi

Es Kopi
nbcnews.com

Jika kamu perhatikan, saat ini ada begitu banyak kedai es kopi yang hadir di Indonesia. Brandnya juga beragam dengan memberikan banyak pilihan kepada pelanggan. Bisnis minuman kekinian yang satu ini dijalankan dengan menawarkan es kopi yang disajikan dalam kemasan cup dengan beragam ukuran. Menunya juga tidak hanya terbatas pada es kopi, tapi ada juga es kopi yang dikombinasikan dengan bahan lain seperti es kopi cokelat, es kopi susu, hingga es kopi yang diberi jelly.

5. Cheese Tea

Cheese Tea
tokopedia.net

Ciri khas dari cheese tea adalah penyajiannya yang menggunakan krim keju cair di bagian atas minuman. Minuman yang awalnya booming di negara-negara Asia Timur ini hadir dalam beragam varian seperti cokelat, dan jasmine tea. Keunikan lain dari cheese tea adalah cara meminumnya. Kamu disarankan untuk mengarahkan gelas ke mulut dengan sudut kita-kira 45 derajat, tanpa sedotan. Dalam posisi ini, krim keju cair akan mengambang sehingga Kamu bisa merasakan sensasi perpaduan minuman dan keju.

6. Boba

Es Boba
tandaseru.id

Beberapa bulan belakangan ini, banyak brand minuman yang mengeluarkan menu minuman boba. Boba adalah bola-bola kecil bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Boba inilah yang biasanya menjadi isian atau topping dalam bubble tea. Pembuatan boba dimaksudkan untuk menciptakan tekstur yang kenyal. Saat ini banyak brand yang menyajikan boba dengan racikan susu dan gula merah. Terkadang ada juga yang mencampurnya dengan teh.

7. Bubble Tea

Bubble Tea

Masih banyak orang yang menganggap bawah boba sama dengan bubble tea. Padahal bubble tea adalah minuman yang dibuat dari bahan dasar, susu, teh, dan boba. Awalnya, bubble tea klasik menggunakan teh hitam. Tapi saat ini sudah banyak bisnis minuman kekinian yang meracik bubble tea dengan jenis teh lain seperti oolong, melati, earl grey, atau matcha. Itulah kenapa varian rasanya pun semakin banyak, membuatnya jadi salah satu bisnis minuman kekinian yang potensial.

Tips Bisnis Minuman Kekinian

Itulah beberapa ide bisnis minuman kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi dan pertimbangan. Supaya bisnis minuman kekinian yang kamu jalankan makin laris manis ada beberapa hal yang juga harus kamu perhatikan. Berikut Bisnis UKM akan mengulas beberapa poin yang harus kamu perhatikan untuk menjadikan bisnis minuman kekinian yang kamu jalankan makin banyak mendatangkan keuntungan.

1. Adakan promo menarik ke pada konsumen

Jika kamu baru merintis usaha minuman sendiri dan usahamu baru berkembang kamu harus sering memperkenalkannya pada khalayak umum yang menjadi calon konsumenmu. Cara memperkenalkan usaha yang bisa kamu lakukan adalah dengan sering-sering melakukan promosi. Mudahnya dengan menggunakan media sosial seperti instagram. Promo yang kamu berikan bentuknya bisa berupa pemotongan harga atau beli satu gratis satu juga bisa dilakukan sebagai langkah awal pengenalan usahamu.

2. Manfaatkan pemasaran bisnis minuman kekinian dengan media sosial

Selain dengan melakukan promosi dan promo yang bentuknya pemotongan harga, kamu juga bisa memanfaatkan sosial media untuk memasarkan produkmu. Sekarang ini eranya pemanfaatan media sosial dalam segala aktivitasmu dan media sosial dianggap efektif untuk alat pemasaran. Media sosial yang digunakan sebagai alat pemasaran biasanya adalah instagram dan facebook. Melalui kedua media sosial tersebut kamu bisa memposting foto produk semenarik mungkin untuk meningkatkan engagement produk.

3. Daftar jadi mitra merchant aplikasi ojek online

Makin banyak kemudahan yang didapatkan oleh pelaku usaha saat ini. Salah satunya adalah dengan adanya layanan kemitraan merchant di aplikasi ojek online. Hal ini tentu akan sangat membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan media promosi sekaligus menjangkau konsumen dengan lebih mudah dan luas. Maka kamu juga harus menjadi salah satu bagiannya. Daftarkan bisnis minuman kekinian kamu sebagai mitra merchant ojek online. Hitunglah dengan cermat mengenai harga jualnya, supaya kamu tidak mengalami kerugian karena 20% penjualan dari aplikasi akan kamu bayarkan ke perusahaan penyedia jasa. Kamu juga bisa mengadakan promo melalui aplikasi supaya makin banyak pelanggan yang memesan.

Itulah ide bisnis minuman kekinian modal kecil dan tips supaya bisnis minuman kekinian modal kecil yang kamu jalankan nanti akan makin berkembang. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Bagikan juga artikel ini ke teman kamu lainnya supaya makin banyak orang yang mendapatkan inspirasi. Ikuti terus artikel menarik tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba