Strategi Branding Menentukan Nama dan Logo Produk

strategi brandingDalam kurun waktu yang cukup lama ini. Saya selalu melakukan beberapa analisa kecil, yang sadar atau tidak, analisa tersebut saya bandingkan dengan teori yang pernah saya dapatkan.

Pernah tidak perhatikan nama-nama Brand besar seperti Apple, Nike, Nikon, Facebook, Twitter, Yahoo, Google dan masih banyak lagi brand-brand besar lainnya yang merajai bisnis online maupun offline. Pemilihan nama suatu brand atau Perusahaan memang sudah wajib dipikirkan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan nama dari Bisnis yang saya Jalankan yaitu mbojosouvenir.net ini sendiri.

Dan kali ini, saya akan berbagi hasil analisa saya tentang strategi branding dalam menentukan nama brand dan logo produk.

1. Brand produk harus friendly (mudah diingat)

Sebagian besar dari brand yang belakangan ini bermunculan di pasaran bisa dikatakan terlalu latah mengikuti brand-brand besar yang sudah ada sebelumnya. Padahal, sebagai pelaku usaha Anda bisa menciptakan brand produk baru asalkan penamaan suatu brand harus bersifat friendly, dalam artian disini mudah diingat. Atau dalam hal ini, Anda bisa menggunakan nama brand produk dari apa yang sering diucap oleh khayalak. Dengan begitu brand produk Anda mudah diingat dan secara tidak langsung mampu mendongkrak nama dari brand tersebut

2. Brand produk mudah untuk diucapkan

Tak jarang, banyak sekali brand produk yang menggunakan nama-nama unik namun susah untuk diucapkan. Hal ini tentu menyebabkan brand tersebut kurang mudah diingat oleh konsumen-konsumen dan akan kalah dengan brand lain yang penyebutannya lebih “enak”.

Mungkin memang terlihat sepele. Tapi ini penting, karena brand adalah faktor utama yang menggambarkan image sebuah perusahaan. Seperti contoh nama Brand yang saya sebutkan diawal tadi, penyebutan seperti Nikon, Canon, Apple, Facebook, Twitter itu adalah dari sebagian banyak brand yang sangat booming karena enak disebut.

3. Terdiri dari maksimal 3 penggalan kata

Penyebutan nama suatu brand bisa berupa penggalan kata atau kata yang memiliki penyebutan 2 kali sampai 3 kali penggalan. Seperti contohnya “Canon” (Can dan Non), “Nikon” (Ni dan Kon), “Facebook” (Face dan Book). Coba telaah, disitu ada penggalan kata yang tanpa kita sadari akan membantu brand tersebut semakin mudah diingat.

4. Menggunakan Kata yang “Nyeleneh”

Lho, kok nyeleneh!? Hehehe tenang dulu. Penggunaan nama yang “Nyeleneh” akan membuat audience/ konsumen penasaran dengan nama yang dibuat tersebut. Seperti contohnya nama Brand yang saya gunakan yaitu menggunakan kata “Mbojo”, dalam bahasa Jawa berarti “Pacaran”, nah karena itulah nama Brand MBOJO SOUVENIR itu sendiri mudah diingat oleh audience/ konsumennya.

5. Nama sesuaikan dengan logo yang ingin digunakan

Pemilihan logo dalam membuat suatu brand itu akan sangat berpengaruh sekali, karena logo akan menjadi headline utama untuk orang mengenal usaha kita/ bisnis kita. Pemilihan warna dan ornamen dalam pembuatan desain logo perusahaan sangat berpengaruh sekali, dan jangan logo icon yang ingin digunakan pada logo tersebut. Saran saya, tetap perhatikan kekuatan dari logo dari nama brand yang dibuat tersebut. Tetap sisipkan filosofi atau cerita mengapa logo tersebut dibuat.

Semoga informasi strategi branding yang kami sampaikan pada pekan ini bisa bermanfaat dan salam sukses!

Sumber gambar : http://www.techwyse.com/blog/wp-content/uploads/2013/02/brand-awareness.jpg

15 thoughts on “Strategi Branding Menentukan Nama dan Logo Produk”

  1. Assalamualaikumm wr wb. Salam kenal
    Disini saya mau berkonsultasi. Saya ingin membuka usaha tapi saya masih bingung untuk membuat nama brandnya dan logonya. Seperti tidak ada yg terlintas dipikiran saya. Adakah yg bisa membantu saya?
    Terima kasih.

    Reply
    • Selamat pagi Bapak/ Ibu Bhakti Prajantiwi, untuk konsultasi kemasan bisa mengirimkan foto contoh produk ke email : support@bisnisukm.com atau mobile : 0812-1511-1415. Selanjutnya tim mentor kami akan membantu Bapak/ Ibu membuat brand atau logo. Terimakasih dan salam sukses!

      Reply
      • Salam kenal.
        Saya mau buka kedai coffee cman masih psing sama nama brand dan logonya ap , mnrut kak coffee smile bgus gk? mnta bantuanya dong. Nama yg bagus brkwalitas dan gampang d ingat apa yaa. Mohon info nya ke email saya.
        Riansawaku01@gmail.com. terimah kasih.

  2. Ass. Kak saya ingin buat brand clothing tapi masih ter kendala di nama brand nya . kira-kira yang baguss sama mudah di ingat apa yahh kak ? Terima kasih

    Reply
  3. Bener banget nama yang sederhana, mudah diucapkan, “enak” didengar, n didukung dengan simple logo akan membantu menempatkan posisi usaha kita di tengah pasar yang sudah terlalu “ramai”. Happy Naming.

    Reply
  4. Salam kenal,
    Saya mau minta tolong mas agar dicariin solusi buat nama brand sama logonya. Sementara ini saya sedang berbisnis gelang kulit/bracelet custom. Kalo bisnis gelang kulitnya udah lancar, sepertinya saya bakal buat produksi lain seperti baju dll. Mohon infonya mas buat nama brand sama logonya. Email fatmatwomean@gmail.com

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk konsultasi logo atau brand bisa menghubungi kami melalui 0822-2532-2186. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  5. Asslm, salam kenal,
    kebetulan sy skrg lg produksi abon sam kue yg pasti ada campuran abon, nah skrg nama usaha sy ud. sami lestari khumairoh, yg jd permasalahan skrg sy butuh merek dagang : kira kira menurut anda apa yg lebih pantas apa super lestari, SM lestari, atau bonlest. mohon bantuannya baik pilihan nama maupun logo perusahaan kami ya,
    tolong infokan ke alamat email sy: irmawatisaleh49@yahoo.co.id

    Reply
    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh..
      Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk pemilihan brand produk kami sarankan untuk memilih nama yang mudah diingat para konsumen, mewakili produk yang Ibu Irma pasarkan, dan memiliki nilai keunikan (filosofi tersendiri) sehingga brand yang diambil tidak terkesan pasaran. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  6. assalamualaikum salam kenal,
    saya ingin membuat es durian kira kira nama yang cocok dan mudah di ingat dan membuat orang tertarik.mohon masukannya
    tolong infokan ke email saya : mohiqbalperdana@gmail.com
    terimakasih

    Reply
  7. Salam kenal
    Setelah saya baca artikel kamu saya setuju brand itu harus friendly. Nah kebetulan saya ingin buka usaha makanan beku seperti nugget atau bakso. Boleh dong saya minta saran masukan dari kamu nama dan label yang enak dan cocok buat bisnis saya ini apa yah.
    Tolong infonya kirim ke email saya : maya_shihab99@tri.blackberry.com
    Terima kasih sebelumnya

    Reply
    • Salam kenal Mba Umi, terima kasih sudah berkunjung di Artikel kami. Untuk Komposisi Brand yang diinginkan terkait warna dan Karakter Brandnya sudah dipikirkan ?! Kalau sudah silahkan hubungi via email saya: mbojosouvenir@yahoo.co.id terima kasih agar nanti saya berikan beberapa solusi logo

      Reply
  8. Salam kenal,
    Saya ada rencana ingin menjadi distributor beras di daerah banjarbaru kalimantan selatan.Yang ingin saya tanyakan adalah :Dimanakah alamat produsen2 beras yg murah dan berkwalitas. Mohon infonya ke email saya : dedydst@gmail.com terima kasih

    Reply
    • Salamkenal juga Dedy, untuk di Yogyakarta beras terbaik banyak di daerah Wonosari atau Klaten, nanti saya akan tanyakan teman saya yang bergerak dibidang tersebut, dedy bisa kerjasama dengannya kelak. Terima kasih, sukses yah Mas Dedy :)

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba