Pemasaran

Strategi Pemasaran Bisnis Sampingan

strategi pemasaran bisnis sampinganMemutuskan menjalani dua peran berbeda dalam waktu yang bersamaan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Termasuk juga ketika kita memutuskan membangun bisnis sampingan disela-sela tugas utama kita sebagai seorang pekerja.

Dari sekian banyak kendala yang dihadapi para pemula untuk merintis bisnis sampingan, masalah pemasaran menjadi salah satu kesulitan yang sering mereka hadapi. Karenanya, untuk menjawab kesulitan para pemula dalam memasarkan bisnis sampingan yang sedang dijalankan, kali ini akan saya informasikan dua strategi pemasaran bisnis sampingan yang bisa dilakukan tanpa mengganggu tugas utama mereka sebagai seorang karyawan.

Untuk pemula bisa dilakukan dengan 2 cara, yang pertama secara “ONLINE” dan kedua secara “OFFLINE”.

1. Strategi Pemasaran Online

Sebagai permulaan kita bisa memanfaatkan jejaring sosial yang tentu saja murah namun memberikan dampak yang luar biasa. Contohnya saja melakukan promosi melalui Facebook, Twitter, Instagram, melalui blog, situs jual-beli online, dan lain-lain.

Sampaikan semua informasi produk dengan selengkap-lengkapnya dan tampilkan foto produk dengan jelas untuk tiap detailnya. Jangan sekali-kali berbohong mengenai informasi produk kita, karena itu hanya akan menghancurkan brand produk yang kita bangun. Apabila barang sudah diterima oleh konsumen, Anda dapat meminta testimoni mengenai produk Anda dan menampilkannya pada situs jejaring sosial yang Anda gunakan.

2. Strategi Pemasaran Offline

Cara kedua yang bisa Anda gunakan yaitu memanfaatkan pemasaran offline. Melalui strategi ini Anda dapat mengikuti pameran atau bazar, baik yang sifatnya mandiri maupun kegiatan pameran yang disponsori oleh pemerintah daerah. Strategi pemasaran seperti ini juga cukup potensial untuk dilakukan. Yang terpenting untuk pameran yang sifatnya mandiri, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis dan sasaran pasarnya agar lebih efektif dan efisien.

Baca Juga  Marketing Online Punya Kelebihan dan Kelemahan Ini

Selain itu kita juga dapat melakukan promosi secara offline dengan menjadi sponsor acara seperti misalnya seminar, workshop, pentas seni, atau bisa juga melakukan promosi langsung lewat kegiatan-kegiatan sejenis arisan, pengajian, dan lain sebagainya.

Yang paling utama adalah pertahankan seberapa besar komitmen kita untuk terus mengembangkan produk kita dengan pemasaran yang tepat sasaran.

Terima kasih.

jati palupi expert bisnisukm.com

Jati Palupi Indartono

Establishing Business

Motitupo

Jati Palupi Indartono memulai usaha kreatif pada tahun 2009 setelah dia lulus dari bangku kuliah. Awal mula dia membangun bisnisnya adalah dari hobinya membuat barang-barang aplikasi. Kain sisa yang tidak terpakai dari usaha konveksi saudaranya dia ubah menjadi barang yang lebih bernilai dan unik. Dia rangkai menjadi produk aplikasi seperti mukena dan sarung anak.

Sumber gambar : http://999konycountry.com/wp-content/uploads/2013/03/bigstock-Modern-Business-Workplace-335530851.jpg