Strategi Promosi, Agar Diskon Anda Terlihat Menarik

discount
discount

Bisa dikatakan hampir semua kalangan konsumen haus akan diskon. Berbagai macam event promosi yang menawarkan diskon besar-besaran di sebuah mall ataupun pusat perbelanjaan, selalu ramai dipenuhi oleh calon konsumen yang ingin mendapatkan beragam jenis produk berkualitas dengan kisaran harga cukup terjangkau. Hal inilah yang mendorong para pelaku usaha untuk berlomba-lomba memberikan diskon kepada para konsumen untuk meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya.

Meskipun strategi promosi dengan menawarkan diskon cukup menarik dimata para pelanggan, namun sebagai seorang pengusaha Anda harus jeli dan teliti dalam merencanakan momentum diskon. Sebab apabila Anda memberikan diskon berkepanjangan kepada calon pelanggan, tidak menutup kemungkinan bila dikemudian hari event tersebut tidak lagi dianggap spesial oleh para calon konsumen.

Karenanya, agar event diskon yang Anda buat selalu dinanti para konsumen. Berikut ini kami informasikan beberapa strategi promosi, agar diskon Anda terlihat menarik di mata calon pembeli.

1. Beri batasan waktu untuk memancing rasa penasaran pelanggan
Bagi sebagian besar masyarakat yang doyan belanja, event diskon merupakan salah satu moment spesial yang sering mereka tunggu. Bahkan tak jarang calon konsumen rela menunggu lama dan ikut berbaris dalam antrian panjang agar tidak melewatkan event diskon yang ditawarkan sebuah brand ternama. Fenomena seperti ini mungkin sudah sering kita temui. Namun sebenarnya apa yang menyebabkan event diskon tersebut sukses diserbu calon konsumen?

Kuncinya adalah beri batasan waktu untuk memberikan diskon kepada calon konsumen. Semakin jarang Anda memberi diskon dan semakin singkat moment diskon yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula rasa penasaran para pelanggan. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para konsumen, sehingga tidak heran bila mereka rela antri berjam-jam untuk menunggu moment spesial diskon yang jarang Anda berikan sebelumnya.

2. Hindari istilah diskon = barang reject (rusak)
Kebanyakan pelaku usaha sengaja memberikan diskon kepada calon konsumen untuk menghabiskan barang-barang stok lama. Tentu alasan tersebut tidak menjadi pembenaran bagi Anda untuk menjual barang reject (rusak) dengan harga diskon yang relatif murah. Sebab strategi promosi tersebut hanya akan merusak image produk yang Anda miliki dan memudarkan kepercayaan para pelanggan. Karenanya, pastikan Anda memilah dan memilih produk-produk yang akan Anda diskon dan memperbaiki terlebih dahulu barang yang reject sebelum akhirnya dijual kembali ke pasaran dengan harga diskon.

3. Manfaatkan moment spesial untuk memanjakan para pelanggan

diskon
diskon

Selain membatasi masa diskon, Anda juga harus jeli untuk memanfaatkan moment-moment spesial seperti misalnya Hari Raya Idul Fitri, Natal, tahun baru, dan hari-hari liburan untuk memanjakan para pelanggan dengan memberikan diskon besar-besaran. Biasanya, memasuki moment tersebut, minat konsumen untuk berbelanja semakin tinggi. Jadi, untuk menarik minat konsumen tidak ada salahnya bila Anda memberikan diskon menarik bagi para pelanggan untuk meningkatkan omzet penjualan dan loyalitas mereka terhadap produk-produk yang Anda tawarkan.

Nah, semoga ketiga tips pemasaran yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pelaku usaha untuk lebih bijak memberikan potongan harga. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://1.bp.blogspot.com/-i1ZE5wSI6K0/UKZ0WVrJlXI/AAAAAAAAAXQ/aFRrp7OoIog/s1600/discount.jpg
2. http://us.123rf.com/400wm/400/400/johnkwan/johnkwan1007/johnkwan100700113/7493620-various-summer-sale-signs-concepts-of-deep-discount.jpg

1 Komentar

Leave a Comment