Tak Ada Kenaikan Gaji di 2017, Coba 5 Ide Bisnis Digital Tanpa Modal

Tak Ada Kenaikan Gaji di 2017, Coba 5 Ide Bisnis Digital Tanpa ModalKetetapan pemerintah terkait kenaikan gaji para pekerja di tahun 2017 yang telah disampaikan pada pertengahan November ini agaknya kurang menggembirakan bagi sebagian besar pekerja di 34 provinsi di Indonesia.

Menurut penetapan yang telah disepakati, kenaikan gaji minimum buruh tahun depan hanya berkisar 8,25% hingga 10%. Angka tersebut muncul setelah menggabungkan inflasi tahunan sebesar 3,07% dan pertumbuhan ekonomi 5,18%.

Apabila kita bandingkan dengan kenaikan harga bahan pokok di tahun 2016, kenaikan gaji kurang dari 10% tersebut belum bisa mengejar pertumbuhan daya beli para pekerja. Akibat nya, agar bisa tetap memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi, tidak ada salahnya bila para pekerja mencoba menambah penghasilan dengan menjalankan bisnis digital tanpa modal.

Mengapa memilih bisnis digital? Karena bisnis digital bisa kamu mulai hanya dengan modal keterampilan menggunakan internet, dan yang jelas hanya butuh kemauan yang kuat untuk mengorbankan waktu luangmu untuk mencari tambahan penghasilan.

Mau tahu bisnis digital seperti apa yang bisa kamu jalankan tanpa modal? Simak lima bisnis digital tanpa modal yang bisa kamu jalankan disela-sela waktu luang.

1. Bisnis Toko Online

Kepercayaan masyarakat yang mulai meningkat untuk melakukan transaksi jual beli via online, membuat pertumbuhan bisnis toko online di Indonesia semakin potensial. Diprediksi jumlah pengguna internet di tahun depan juga akan terus mengalami peningkatan seiring dengan murahnya harga gadget di pasaran.

Untuk memulai bisnis toko online kamu tidak harus memiliki modal besar seperti halnya jika kamu membuka toko offline, modal yang kamu butuhkan hanyalah gadget, akses internet, kemampuan untuk mengambil gambar produk yang menarik, dan yang terakhir keahlian copy writing untuk memancing rasa penasaran calon konsumen. Bahkan sekarang ini kamu bisa menjalankan bisnis toko online hanya dari smartphone.

2. Dropshipper atau Reseller

Buat kamu yang belum produksi barang sendiri, kini tak perlu khawatir lagi karena kamu bisa tetap jualan online tanpa harus menciptakan sebuah produk. Lantas, bagaimana caranya?

Caranya kamu hanya cukup bergabung menjadi reseller atau dropshipper dari seorang suplier yang sudah besar. Bahkan untuk menjalankan bisnis digital yang satu ini, kamu tidak harus mengeluarkan modal dana untuk membeli barang. Cukup bermodalkan gambar atau foto dari suplier, kamu sudah bisa menawarkan produk mereka di dunia maya. Selanjutnya kamu bisa melakukan order barang ke suplier jika sudah ada pesanan dari calon konsumenmu. Sangat mudah bukan? Yang terpenting kamu tetap aktif memeriksa stok barang di suplier, dan pastikan kamu selalu update tentang perubahan harga maupun jenis barang yang dipasarkan suplier saat ini.

3. Jasa Admin Sosial Media

Memiliki keahlian khusus dalam hal copy writing ternyata bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnis jasa promosi di sosial media. Biasanya beberapa owner toko online memilih mempercayakan akun sosial media mereka dikelola oleh admin profesional karena mereka sudah tidak memiliki waktu luang untuk mengelola aktivitas promosi toko onlinenya.

Untuk menjalankan profesi ini, modal yang kamu butuhkan hanyalah keahlian untuk menggunakan sosial media seperti misalnya Facebook, Instagram, Twitter, dan Google Plus. Cari tahu strategi paling efektif agar aktivitas promosi yang kamu lakukan bisa mengena di hati calon pelanggan.

4. Menjadi Penulis Lepas

Kamu hobi atau jago menulis? Ternyata skill ini bisa kamu jadikan sebagai bisnis sampingan yang mendatangkan penghasilan tambahan. Coba saja menjadi penulis lepas atau blogger profesional yang mengulas hal-hal menarik yang memiliki pelanggan setia. Selain itu kamu juga bisa bergabung menjadi penulis lepas di beberapa start up digital yang membutuhkan konten artikel, contohnya seperti freelancer.co.id, project.co.id, atau sribulancer.com.

5. Membuka Jasa SEO & Pembuatan Website

Meski sekarang ini banyak orang yang melirik pasar online, tapi ternyata tidak semuanya bisa membuat website sendiri. Tentu ini menjadi peluang buat kamu yang mahir seo ataupun pembuatan website. Karena banyak pemilik toko online yang membutuhkan layanan jasa SEO dan pembuatan website untuk mengembangkan bisnis toko online mereka.

Umumnya jasa pembuatan website sejalan dengan layanan jasa Search Engine Optimization (SEO). Jasa SEO ini banyak dibutuhkan pelaku bisnis online agar websitenya muncul di halaman utama mesin pencari Google. Tentu harapannya dengan begitu omzet penjualan bisnisnya juga turut meningkat.

So, buat kamu yang tahun depan masih berstatus sebagai karyawan, tak perlu galau melihat kenaikan gaji 2017 tak seberapa. Sebab, masih banyak peluang bisnis sampingan yang bisa kamu kerjakan via online. Selamat berkarya dan salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba